Kira-Kira Usia Berapa Ya Mom, Anak Sebaiknya Belajar Tidur Sendiri?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 21 Juli 2020 09:17
Kira-Kira Usia Berapa Ya Mom, Anak Sebaiknya Belajar Tidur Sendiri?
Usia berapa ya?

Anak-anak biasanya perlu ditemani oleh orang tuanya saat tidur. Hal ini bertujuan agar anak bisa tidur dengan nyenyak tanpa merasa takut meski sedang memejamkan mata.

Seiring tumbuh kembang anak, tentu anak pun harus mulai belajar untuk tidur sendiri dan tak ditemani oleh orang tuanya lagi. Namun, terkadang sejumlah anak masih takut dan nggak berani tidur sendirian.

1 dari 2 halaman

Nah, kira-kira usia berapa sih sebenarnya anak seharusnya mulai diajarkan untuk tidur sendiri? Dilansir dari laman klikdokter.com, sebaiknya anak mulai belajar tidur sendiri pada usia dua tahun.

Ilustrasi Bayi Tidur Tengkurap © Diadona

Anak perlu belajar tidur sendiri sedari kecil. Mengapa menunggu sampai dua tahun? Hal ini disebabkan biasanya sejumlah bayi masih menyusu ASI ibunya sampai usia dua tahun, sehingga akan lebih mudah bila tidak bersama sambil menyusui.

2 dari 2 halaman

Saat usia anak masih 6 bulan sampai 1 tahun, sebaiknya bayi hanya tidur di ruangan yang sama dengan orang tuanya tetapi tidak pada tempat tidur yang sama. Hal ini untuk mengurangi risiko si kecil mengalami gangguan napas.

Meski mungkin awalnya anak akan susah saat tidak ditemani oleh orang tuanya, tetapi ia akan cepat beradaptasi seiring berjalannya waktu. Mom bisa memberinya semangat serta membacakan dongeng sebelum tidur untuk si kecil agar dia makin cepat terlelap.

Beri Komentar