Pertama Kalinya Setelah Golput Seumur Hidup, Kini 6 Seleb Ini Akhirnya Ikut Pilpres AS

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 4 November 2020 17:04
Pertama Kalinya Setelah Golput Seumur Hidup, Kini 6 Seleb Ini Akhirnya Ikut Pilpres AS
Hari ini, Rabu (4/11/2020), mata dunia tertuju pada pemilihan presiden AS. Setelah pendataan awal dibuka beberapa lama, akhirnya proses penghitungan suara pun dimulai.

Artinya pertarungan sengit antara Donald Trump dan Joe Biden di Pemilihan Presiden AS akan segera berakhir, dan presiden berikutnya dari negeri Paman Sam akan segera diketahui.

Dalam Pilpres AS tahun ini, sejumlah selebriti Hollywood semakin berperan aktif. Melalui media sosial masing-masing, banyak selebritis yang menyuarakan ajakan untuk menyalurkan suaranya.

Tak sedikit yang mengungkapkan bahwa pemilu tahun ini juga menjadi momen bersejarah bagi mereka, karena ini merupakan kali pertama mereka memberikan suara setelah sekian lama non-voting. Bahkan, ada yang menyentuh usia kepala lima ketika baru pencoblosan.

Wah siapa mereka?

1 dari 6 halaman

1. Mike Tyson

Ilustrasi Seleb Hollywood yang Beri Vote untuk Pertama Kali © Diadona

Usianya telah melewati 54 tahun, namun ini kali pertama Mike Tyson ikut serta dalam Pemilihan Presiden AS.

" Ini akan menjadi saat pertamaku memberikan suara. Aku kira tak bisa karena catatan kriminalku. Aku bangga akhirnya bisa ikut voting," ujarnya, seperti dilansir CNN.

Petinju legendaris ini dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena pemerkosaan pada 1992.

2 dari 6 halaman

2. Shaq O' Neal

Ilustrasi Seleb Hollywood yang Beri Vote untuk Pertama Kali © Diadona

Dengan malu-malu, mantan pemain bola basket NBA berusia 48 tahun itu mengaku di podcastnya bahwa dia hanya berpartisipasi dalam pemilihan tahun ini. Ia pun mengaku kurang paham tentang sistem electoral college dalam Pilpres AS. Namun kini ia mulai belajar perlahan, bahkan ikut mengkampanyekan warga AS untuk ikut pemilu.

" Kamu tahu kalau aku selalu jujur dalam podcast-ku. Aku belum pernah memilih, Amerika," kata pria yang ikut mengisi suara film The Lego Movie, seperti dilansir CNN.

Dia menambahkan, " Tapi sekarang aku melakukan semua kampanye voting, dan kamu tahu, hal yang tak pernah kusukai adalah menjadi hipokrit."

3 dari 6 halaman

3. Kanye West

Kanye West © Diadona

Sepanjang pertengahan tahun ini, Kanye West membuat heboh karena keinginannya untuk maju di Pemilihan Presiden AS 2020. Ternyata tidak hanya itu, tahun ini merupakan kali pertama dia memberikan suara. Hal tersebut ia sampaikan dalam tweet pada Selasa (3/11/2020).

Tebak siapa yang dia pilih?

" Tuhan sungguh baik. Hari ini aku memilih untuk pertama kalinya di hidupku untuk Presiden Amerika Serikat, dan ia adalah seseorang yang benar-benar kupercaya...aku," tweet rapper berusia 43 tahun itu.

4 dari 6 halaman

4. Ryan Reynolds

Ilustrasi Seleb Hollywood yang Beri Vote untuk Pertama Kali © Diadona

Adapun ini, secara teknis bukan golput, tapi baru saja mendapat hak pilih. Ya, Ryan Reynolds menjadi warga negara AS pada 2018, jadi ini pertama kalinya mencalonkan diri di pemilu. Untuk menandai momen monumental tersebut, ia mengunggah foto bersama sang istri, Blake Lively, disertai caption lucu dan nakal di Instagram.

" Ini adalah pertama kalinya aku memilih di Amerika. Aku ingin berterima kasih kepada istriku Blake, yang membuat saat-saat pertamaku begitu lembut dan penuh kasih sayang. Awalnya memang super mengerikan, tapi kemudian membuatku bersemangat, dan sekarang aku lelah. Tapi bangga," tulis bintang Deadpool itu.

5 dari 6 halaman

5. Selena Gomez

Ilustrasi Seleb Hollywood yang Beri Vote untuk Pertama Kali © Diadona

Selena Gomez mengaku tidak memberikan suara pada dua pemilihan presiden AS sebelumnya, meskipun dia memiliki hak untuk melakukannya dengan syarat. Melansir E!News, ia mengaku saat itu merasa satu suara tidak berarti. Namun, kini ia menyadari kesalahannya, bahkan mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam pemilu kali ini.

" Sekalinya aku mulai mendalami hal ini (Pilpres AS), hanya ini yang jadi fokusku," kata bintang berusia 28 tahun itu, dalam streaming dengan Power Hour Voting di YouTube.

6 dari 6 halaman

6. Snoop Dogg

Ilustrasi Seleb Hollywood yang Beri Vote untuk Pertama Kali © Diadona

Selama beberapa minggu terakhir, rapper terkenal Snoop Dogg sering membagikan ajakan untuk memilih. Ia sendiri mengaku pemilu tahun ini merupakan yang pertama baginya untuk ikut. Rupanya ini karena catatan kriminalnya atas kepemilikan mariyuana dan senjata api yang memenjarakannya pada tahun 1990 dan 2007.

" Selama bertahun-tahun mereka mencuci otakku, sehingga membuatku berpikir tak bisa ikut memilih karena punya catatan kriminal," ujar pelantun " Drop It Like It's Hot" , seperti dilansir USA Today.

Pria 49 tahun itu menambahkan, " Aku tak tahu itu. Catatanku sekarang sudah dihapus, jadi aku bisa memilih."

Beri Komentar