Penyebab Lampu Motor Mati Semua Bisa karena Hal Ini, Kamu Perlu Tahu!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 7 Juli 2020 15:12
Penyebab Lampu Motor Mati Semua Bisa karena Hal Ini, Kamu Perlu Tahu!
Iniloh guys, penyebab lampu motor mati semua.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lampu motor mati semua dan juga pada mobil. Tentu saja hal ini mengganggu jika dipakai untuk berkendara di malam hari dan pastinya membahayakan keselamatan. Untuk itu, penting kita ketahui apa saja penyebabnya.

Lampu kendaraan tentu saja sangat penting. Nggak hanya sebagai sumber cahaya tapi juga mematahui aturan lalu lintas. Tentu saja bisa kena tilang dari petugas kepolisian. Makanya lampu kendaraan perlu kamu perhatikan, apalagi sebelum digunakan.

1 dari 6 halaman

Penyebab Lampu Motor Mati Semua

Penyebab Lampu Motor Mati Semua © Diadona
Ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lampu motor mati semua. Hal utama yang menjadi penyebabnya bisa karena gangguan listrik di sistem, seperti stator comp atau soull, rectifier regulator atau kiprok, wire harness atau kabek bodi dan baterai atau accu.

Inilah empat penyebab lampu motor mati semua yang lain, diantaranya:

Kondisi Socket Lampu Motor


Socket lampu motor yang sudah longgar atau bahkan copot menjadi penyebab lampu motor mati semua. Tentu saja kamu perlu melakukan pengecekan dan berbaikan pada jalur kabel dan socket yang mengarah ke lampu motor. Sebab, bahan dari plastik rentan longgar pada dudukan yang menyebabkan tidak bisa terhubung dengan sempurna.

2 dari 6 halaman

Kabel Motor


Apakah kamu tipe orang yang suka modifikasi motor? Perlu diteliti lagi ya guys, jangan sampai lupa memasang kabel setelah dibongkar. Banyak nih kasus lampu motor redup atau abhkan mati karena pemasangan kabel tidak sesuai dengan posisinya.

Masalah pada Relay


Faktor yang membuat lampu motor mati semua bisa juga karena ada masasalah pada bagian relay atau sekring satu jalur dengan lampu motor. Penyebabnya bisa karena relay sudah kotor atau karatan.

3 dari 6 halaman

Aki Sepeda Motor


Aki memiliki fungsi untuk memberi energi atau daya listrik pada kendaraan bermotor dan menyalakan lampu. Nggak jarang juga nih, pemicu lampu motor mati semua karena aki sudah habis.

Switch Rusak


Ada juga beberapa kasus yang dikarenakan switch rusak sehingga lampu sepeda motor mati. Namun, jika lampu masih baru dan switch aman, masalahnya bisa karena kabel bodi yang putus loh guys!

4 dari 6 halaman

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati © Diadona
Selain lampu motor, penting juga untuk kita ketahui penyebab lampu depan mobil mati. Apalagi buat kamu yang kesehariannya lebih sering menggunakan mobil.

Bohlam Lampu Mati

Lampu depan mobil mati bisa karena bohlam yang memang dalam kondisi mati guys. Faktor penyebabnya beragam. Bisa karena pemasangan bohlam lampu yang nggak bersih atau terkena minyak. Padahal bohlam ini nggak boleh tersentuh tangan loh!

Relay


Adanya masalah pada kabel relay juga bisa menjadi pemicunya. Kabu bisa coba mengambil kabel yang masih utuh kemudian cabut pada bagian relay. Nah, baru deh kabelnya bisa digunakan sebagai penyambung langsung antara lampu da sumber listrik.

5 dari 6 halaman

Soket Lampu Kendor atau Kotor


Kamu juga perlu banget loh mengecek kondisi soket lampu. Kalau keadaannya kotor atau kendor bisa menjadi penyebab lampu depan mobil mati karena terputus. Hal ini dikarenakan suplai listrik menuju lampu terhalang.

Switch Leleh


Kondisi switch leleh ini juga bisa menjadi faktor pemicu lampu depan mobil mati. Sehingga seringkali switch terasa seret untuk dijalankan.

6 dari 6 halaman

Tegangan Listrik Tidak Stabil


Selain hal-hal di atas, tegangan listrik yang tidak stabil turut mempengaruhi keadaan lampu. Kalau tegangan nggak stabil atau terlalu tinggi bisa menyebabkan lampu depan mobil mati total.

Itu tadi sepuluh faktor penyebab lampu motor mati semua dan juga pada mobil. Jangan bosan sering cek kondisi sepeda motor milikmu ya!

Beri Komentar