Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7 dan 10

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 26 Juni 2020 11:51
Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7 dan 10
Penyebab blue screen pada laptop ini ada berbagai macam loh!

Umumnya, penyebab blue screen pada laptop dikarenakan kerusakan driver dan overheat atau terlalu panas. Tapi nggak hanya itu saja, ada pemicu lainnya. Hal ini juga tergantung dengan windows versi berapa yang kamu pakai.

Blue Screen sendiri biasa disebut dengan Blue Screen of Death (BSoD) yang mana kondisi kegagalan pada perangkat elektronik saat sistem operasi Windows terpaksa dihentikan karena ada suatu kesalahan. Nggak hanya laptop saja, blue screen bisa terjadi pada komputer atau PC, mesin ATM atau sistem operasi ReactOS juga.

1 dari 7 halaman

Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7

Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7 © writingandwellness
Kerusakan software maupun hardware menjadi penyebab blue screen pada laptop windows 7. Bisa jadi karena crash pada hardware maupun software sudah terlalu parah.

Crash terjadi saat Windows bertemu dengan Error STOP yang mana menyebabkan kegagalan dari prosesnya Windows. Sehingga Windows berhenti bekerja.

Ketika Blue Screen muncul tiba-tiba memang menjengkelkan ya guys? Terlebih saat mengerjakan sesuatu otomatis akan hlang karena tidak tersimpan.

Nah kejadian Blue Screen of Death ini juga bisa karena adanya crash di Harddisk yang disebut dengan Minidump.

2 dari 7 halaman

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab blue screen pada laptop Windows 7.

1. Overheat atau suhu laptop yang terlalu panas.

2. BIOS mengalami corrupt.

3. Overlocking.

4. Prosesor mengalami corrupt.

5. Kerusakan di slot atau memori (RAM).

6. Terjadi kerusakan di hardware, terutama VGA, memori pada prosesor (L2 cache) dan RAM.

7. Terjadi kerusaan di partisi atau file system.

8. Adanya kesalahan posisi jumber pada harddisk atau driver IDE controller dan Virus Boot sector.

9. Adanya crash di harddisk.

10. Adanya kesalahan saat menginstall driver VGA.

3 dari 7 halaman

Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 10

Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 10Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 10 © deminasi
Sedikit berbeda dengan laptop Windows &, crash yang terjadi di Window 10 juga disebabkan berbagai macam hal. Berikut ini pemicu penyebab blue screen pada laptop Windowa 10.

Crash Aplikasi


Tahu nggak sih kalau aplikasi yang dijalankan Windows 10 ini memakan banyak sumber daya, yaitu RAM dan prosesor. Mulai dari yang aplikasi dokumen biasa sampai yang gaming butuh perangkat keras untuk bekerja sama dengan sistem operasi Windows 10.

Kalau ada operasi aplikasi yang bermasalah, kayak kode error atau memori nggak cukup, sangat memungkinkan sistem operasi juga mengalami crash.

Nah salah satu crash pada sistem operasi yang bisa kamu temui adalah blue screen. Kalau sudah begini kamu bisa melakukan restart jika ingin melanjutkan kembali Windows 10 milikmu.

4 dari 7 halaman

File Sistem Operasi Rusak


Selain crash pada aplikasi, file sistem operasi yang rusak juga menjadi salah satu penyebab blue screen pada laptop Windows 10. Bahkan bisa jadi selalu terjadi blue screen kalau file sistem operasi di laptopmu rusak loh!

Driver Rusak


Tahu nggak sih, seberapa sering blue screen terjadi di laptopmu itu dipengaruhi dengan keadaan driver. Penyebab blue screen pada laptopmu ini bisa terjadi akrena driver yang sydag mulai rusak.

Itu kenapa, jangan lupa buat update driver kalau bermaalah ya! Periksa juga kesehatan fisik perangkat keras di laptopmu.

5 dari 7 halaman

Harddisk Rusak


Harddisk atau HDD adalah perangkat yang amat penting di laptop atau komputer. Ia memiliki peran sebagai penyimpan semua file yang perlu digunakan untuk menjalankan sistem operasi atau aplikasi lainnya.

Kalau file tidak bisa diakses dengan baik karena ada masalah pada harddisk, otomatis sistem operasi yang kamu pakai, yaitu Windows 10 juga nggak bisa bekerja secara optimal. Itu kenapa kerusakan pada harddisk menjadi penyebab blue screen pada laptop.

RAM Rusak


Kemungkinan terakhir yang bisa menjadi penyebab blue screen pada laptop Windows 10 adalah adanya kerusak di RAM atau Random Access Memory. Ia merupakan salah satu perangkat keras yang nggak kalah pentingnya untuk memproses data dari input sistem yang dimiliki laptop, baik hardware maupun software.

Seperti di otak manusia yang membutuhkan memori jangka pendek, inilah kegunaan RAM pada laptopmu. Kalau ada kerusakan di RAM, maka akan mengganggu sistem kerja laptopmu dan salah satu kondisi yang bisa muncul adalah blue screen of death. Parahnya lagi laptop juga bisa rusak total.

6 dari 7 halaman

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screem pada Laptop

Penyebab Blue Screen pada LaptopPenyebab Blue Screen pada Laptop © hostyapp
Kalau tadi sudah mengenali apa saja yang bisa menjadi penyebab blue secreen pada laptop, inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Cek masalah hardware dengancara ketik 'Memory Diagnostics Tool' pada Start Menu.

2. Scan antivirus pada malware.

3. Melakukan update driver versi terbaru dari perusaan hardware laptopmu.

4. Melakukan sistem restore atau membuat laptopmu menjadi kembali ke keadaan sebelumnya. Sebab bisa jadi blue screen karena ada kesalahan pada software.

7 dari 7 halaman

5. Masuk ke Safe Mode lalu mengambil driver yang penting saja. Kamu juga bisa uninstall driver yang menjadi penyebab blue screen pada laptop.

6. Langkah terakhir yang bisa kamu pilih adalah re-install atau instal ulang Windows. Cara ini bisa membuat sistem terbangun dari awal dimana belum terjadi kerusakan. Tapi kalau hasilnya tetap saja BSoD, berarti kesalahan ada di hardware.

Nah, jadi itu tadi berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab blue screen pada laptop Windows 7 dan 10. Jangan lupa untuk memperhatikan dan merawat kesehatan laptopmu ya!

Beri Komentar