Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah? Lalu, Bagaimana Caranya dan Apa Saja Manfaatnya?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 21 Maret 2022 09:00
Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah? Lalu, Bagaimana Caranya dan Apa Saja Manfaatnya?
Siapa yang suka olahraga renang? pasti nggak asing lagi dong dengan gaya renang yang satu ini.

Nama lain renang gaya dada adalah gaya katak. Ini adalah istilah gaya renang yag pastinya sering banget kita dengarkan. Tapi ternyata nama lainnya nggak hanya itu loh.

Lalu apa?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, meskipun sangat banyak dibicarakan, renang gaya dada ini bukan merupakan gaya yang gampang loh. Ada beberapa teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu.

1 dari 5 halaman

Teknik atau Cara Renang Gaya Dada

Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Pada dasarnya, memang ada beberapa teknik dasar yang ahrus dikuasai jika ingin melakukan renang gaya dada ini. Yaitu mulai dari posisi tubuh, gerakan tungkai, tarikan lengan, pernapasan, dan pengangkatan kepala.

Untuk detailnya seperti di bawah ini ya!

1. Posisi tubuh

Teknik dasar pertama yang harus dilakukan adalah posisi tubuh. Jadi, dalam renang gaya dada, posisi tubuh harus hrozontal atau bahasa teknisnya streamline. Lalu, pastikan kamu bisa mendapatkan dorongan dan lengan dan tungkai.

2. Gerakan tungkai

Teknik dasar kedua yang harus dikuasai dalam renang gaya dada ini adalah gerakan tungkai. Dalam hal ini ada dua macam gerakan tungkai yakni wedge action dan whip action.

Wedge action atau teori gerakan hentakan adalah kamu harus meluruskan kedua kaki dan menyatukannya. Kemudian, tekan air di antara tungkai untuk mendorong tubuh agar maju.

Lalu ada, whip action di mana kekuatan yang berasal dari hentakan diakibatkan oleh dorongan ke depan yang didapatkan dari mendesak air ke belakang dengan telapak kaki.

3. Tarikan lengan

Tarikan lengan dalam teknik renang gaya dada ini adalah dalam posisi menarik (pull) dan memulihkan (recovery). Jadi, untuk tarikan lengannya adalah dimulai dengan awal tarikan yang dalamnya sekitar 12 cm hingga 15 cm di bawah permukaan air.

4. Pengangkatan kepala

Teknik dasar terakhir yang harus dilakukan adalah pengangkatan kepala. Teknik ini dilakukan setelah melakukan tarikan lengan.

Jadi, ketika kedua lengan didorong ke depan dalam pemulihannya, leher ditekuk untuk mengangkat kepala atau wajah pada sudut 45 derajat dari garis horizontal. Kemudian, udara dikeluarkan di dalam air dari mulut.

2 dari 5 halaman

Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah?

Nama Lain Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Nama lain dari renang gaya dada adalah gaya katak atau gaya kaki. Namun dalam istilah populernya, nama lain dari renang gyaa adalah breaststoke.

Kalau kenapa nama lain renang gaya dada adalah gaya katak, mungkin karena gerakan renang gaya dada ini persis seperti katak yang sedang berenang di dalam air. Apalagi pergerakan kakinya, persis.

3 dari 5 halaman

Manfaat Renang

Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Nggak cuma renang gaya dada, pada dasarnya renang itu sendiri mempunayi banyak sekali manfaatnya buat tubuh kita. Selain itu, renang ini juga merupakan jenis olahraga yang minim sekali tingkat cederanya.

Berikut ini adalah beberpaa manfaat renang buat tubuh kita:

- Membantu mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, paru-paru, stroke, dan diabetes tipe 2.

- Memberikan latihan menyeluruh pada tubuh, karena hampir semua otot bergerak aktif selama berenang.

- Membantu menjaga dan mengurangi berat badan dengan lebih banyak membakar kalori dibanding olahraga lainnya.

- Memungkinkan berolahraga tanpa keringat, berkat efek air yang mendinginkan kondisi tubuh secara terus-menerus.

- Mengurangi beberapa dampak stres, serta membuat tubuh lebih rileks.

4 dari 5 halaman

Gaya Lain selain Renang Gaya Dada

Nama Lain dari Renang Gaya Dada Adalah © Diadona

Selain renang gaya dada, ada juga beberapa gaya renang yang bisa kamu lakukan loh guys. Apa saja? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

Renang Gaya Punggung (Backstroke)

Renang gaua punggung atau Backstroke adalah posisi punggung yang menghadap permukaan air bukan. Sehingga untuk melakukan pernafasan pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut berada di luar permukaan air. Jadi posisinya telentang gitu.

Renang Gaya Bebas (Freestyle)

Kemudian ada gaya renang bebas atau freesyle. Cara berenang dengan gaya ini adalah posisi dada menghadap kedalam permukaan air.

Kemudian, kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Renang Gaya Kupu-Kupu (Butterfly)

Juga ada gaya renang kupu-kupu. Gaya renang kupu-kupu ini juga sering disebut dengan gaya lumba-lumba. Jadi, cara untuk melakukan gaya kupu-kupu atau lumba-lumba ini adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lalu secara bersamaan kedua belah lengan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayun kedepan.

Kemudian, kedua kaki digerakkan ke bawah dan ke atas, seperti gerakan sirip ekor yang terdapat di ikan atau lumba-lumba.

Jadi itu ya guys sedikit uraian tentang nama lain dari renang gaya dada dan juga cara serta manfaatnya buta kita semua. Ngomong-ngomong nih, kamu kalau rennag suka gaya yang mana guys?

Beri Komentar