Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga ala Monica Pramudita Instructor Berlisensi RYT 300

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 16 Februari 2022 12:52
Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga ala Monica Pramudita Instructor Berlisensi RYT 300
Seberapa ampuh sih yoga bisa membantu mengatasi dilema kesehatan?

Yoga adalah ilmu yang berkaitan antara fisik, mental, hingga spiritual manusia demi mencapai sistem kesehatan menyeluruh (holistik). Latihan yoga kini banyak dipilih sebagai salah satu sarana menjaga kesehatan baik dalam segi fisik hingga batin.

Terlebih, hidup sehat kini bukan lagi sekedar menjadi tren, tapi juga layaknya kebutuhan. Seperti halnya dengan apa yang dipaparkan oleh Yoga Intructor Monica Pramudita ini, Diazens. Yap, beberapa waktu yang lalu tepatnya pada Kamis (10 Februari 2022) Diadona.id telah melakukan live IG bersama Yoga Intructor Monica Pramudita terkait topik "Latihan Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga".

1 dari 8 halaman

Monica Pramudita © Diadona

Monica Pramudita adalah guru yoga yang bersertivikat resmi dari Yoga Alliance yaitu RYT 300, YACEP. Ia juga merupakan seorang tim Trainer program Pre Teacher Training dari Yogakarta Elite Yoga School. Kelas yang di ajarkan adalah Ashtanga yoga. Ashtanga yoga adalah yoga tradisional yang gerakannya tersistem dan berurutan. Ashtanga yoga juga memadukan antara gerakan dan napas jadi sama dengan meditasi yang bergerak. Ashtanga yoga ia pilih karena sebelumnya telah merasakan manfaat lebih dari jenis yoga ini.

 

2 dari 8 halaman

Bagaimana sih latihan yoga untuk pemula?

Pasti deh dalam benak Diazens muncul pertanyaan, " Aku nggak bisa lentur nih badannya, nggak bisa cium lutut, dll" . Eits, jangan khawatir ya, yoga nggak melulu berkutat dengan badan yang harus lentur dan cium-cium lutut. Diazens bisa banget memilih opsi untuk pemula yang tentunya aman, nyaman, dan tepat dengan guru yang berserifikat minimal dengan RYT 200.

" Yoga itu untuk semua level, semua orang bisa memulai untuk beryoga, yang muda bisa, yang tua bisa, yang sehat bisa, yang sakit bisa, yang nggak bisa yoga cuman orang malas" jelas Monica.

3 dari 8 halaman

Yoga bisa nggak sih menurunkan berat badan?

Monica Pramudita © Diadona

Tentu, semua orang akan mendambakan tubuh ramping dan ideal layaknya Barbie. Hal ini tentu bisa dicapai asal kita ada niatan dalam diri demi kebutuhan sehat yang bukan sekedar tren sesaat ya.

" Banyak terutama ibu-ibu yang masuk kelas olahraga yang mau singset" terang Monica Pramudita. Ya, dalam penjelasan lebih lanjut, Monica Pramudita menyebutkan jika yoga bisa membuat badan lebih ramping secara menyeluruh.

Hal ini terjadi lantaran kita menggerakkan secara balance semua otot dalam tubuh. Bukan hanya otot bagian luar, tapi kita mengerjakan otot bagian dalam. Di sisi lain, jumlah otot bagian dalam jelas lebih banyak dari pada otot bagian luar dan tengah.

4 dari 8 halaman

" Kalau kita rajin yoga, postur tubuh otomatis ideal, tegap, karena ototnya padet, otomatis masa lemaknya nggak banyak. Yoga itu bukan penurunan BB (Berat Badan), tapi lebih menjaga pola hidup sehingga menghasilkan tubuh dan jiwa yang sehat." lanjut Monica.

Bisa dibilang, nggak semua orang bisa gemuk dan kurus meski sudah mengatur pola makan. Malah, ada beberapa kasus dimana orang mungkin kesusahan mengatur berat badan idealnya. Monica Pramudita juga memaparkan bahwa kita nggak hanya mengajarkan seseorang untuk menurunkan atau menambah BB (berat badan), tapi kita bisa memulai dengan mencintai tubuh kita sendiri. Dari situ kita memiliki kesadaran dan kebijaksanaan dalam mengatur apa yang menjadi asupan makanan kita.

5 dari 8 halaman

Monica Pramudita © Diadona

Monica Pramudita sendiri dulu merupakan seorang bulimia (gangguan makan yang ditandai dengan kecenderungan untuk memuntahkan kembali makanan yang telah dimakannya). Ia merasa berdosa setelah makan, dan mengeluarkan makanan yang sudah masuk dalam tubuh. Nah, inilah contoh permasalahan dan yang bisa menyelesaikan adalah diri kita sendiri.

" Kita harus berdamai dengan diri kita, tubuh kita, dengan cara mencintai diri. Menyadari bahwa kita baik-baik saja meski nggak berukuran S" .

6 dari 8 halaman

Bagaimana cara beryoga yang benar?

Yoga bagi pemula akan timbul rasa sedikit sakit yang akan hilang dalam waktu kurang lebih 2 hari. Hal ini terjadi karena otot yang sedang bekerja. Idealnya, nggak boleh ada sakit dalam yoga, dimana latihan yoga itu harusnya nyaman, kita fokus dengan tubuh dan napas, sehingga menimbulkan pikiran yang tenang dalam yoga hingga kesehatan didapatkan.

Tubuh kita sebenarnya ada 3 signal rasa sakit, tapi karena ego kita bisa mematikan signal sakit tersebut. Sebagai contoh, kasus dimana kita bisa memiliki keram otot. Nah, keram ini adalah salah satu cara tubuh kita menghentikan rasa ketidaksadaran dari sakit.

" Sebenarnya orang masih banyak terpaku kalau kamu membakar lemak, pembakaran harus berkeringat, padahal ikatan lemak adalah air dan O2, jadi pada saat kita latihan yoga dan bernapas, kita bisa dihitung membakar kalori dan lemak, dengan catatan di bantu akan pola makan" . Tetap, olahraga apapun harus dikombinasikan dengan pola makanan yang sehat.

7 dari 8 halaman

Manfaat Yoga untuk Konsentrasi

Monica Pramudita © Diadona

Yoga, ini membuat kita jadi lebih berkonsentrasi, pikiran tenang, kita akan siap menghadapi segala sesuatu dalam hidup, mau hal menyenangkan hingga menyedihkan. Kita siap ambil keputusan yang sesuai dengan hati dan pikiran. Dengan kepala dingin tak ada penyesalan setelahnya, itu yang membuat hidup kita jadi tenang dan mindfulness.

Idealnya, dalam kelas Ashtanga Yoga oleh Monica Pramudita adalah dilakukan seminggu sebanyak 6 kali dengan satu hari libur. Monica Pramudita mengajar kelas yang kebanyakan adalah private. Tapi, ia juga mengajar untuk kelas umum 2 kali dalam seminggu di Pramudita Yoga Studio Kota Malang.

8 dari 8 halaman

Buat Diazens yang mau gabung di kelas Ashtanga Yoga, Monica Pramudita memberikan kelas offline dan online mengingat pandemi masih banyak orang yang membatasi mobilitasnya. Bisa langsung saja datang ke Terusan Dieng 65 Kav 1 Malang dengan nomor kontak (0818552855 / 081382775733) atau Instagram @monicapramudita_yoga dan @pramuditayoga. Berikut adalah beberapa program yang akan dijalankan oleh Monica Pramudia:

  1. PRE TEACHER TRAINING " Jalan Menuju RYT-200 Yogakarta" yang diadakan di Surabaya 19-20 Maret 2022
  2. SPECIAL CLASS WITH MASTER NOEL YOGAKARTA " Mengenal Ashtanga Yoga dengan Cara yang Menyenangkan" yang diadakan di Malang 21-22 Mei 2022 (Peserta Terbatas)
  3. TERAPI OSEN BY MASTER NOEL YOGAKARTA " Membentu Mengatasi Berbagai Masalah Lutut, Pinggul, Pinggang, Punggung, Bahu, dan Leher" yang diadakan di Malang 23-27 Mei 2022
  4. WORKSHOP WITH MASTER NOEL YOGAKARTA " Mengenal Ashtanga Yoga lebih Dalam" yang diadakan di Malang pada 28-29 Mei 2022.

Beri Komentar