Bentuk Komunikasi Non Verbal yang Bisa Dekatkan Ibu dan Anak

Reporter : Riza Umami
Minggu, 25 Juli 2021 08:17
Bentuk Komunikasi Non Verbal yang Bisa Dekatkan Ibu dan Anak
Ini beberapa bentuk komunikasinya.

Sebenarnya, komunikasi non verbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal pada anak. Keduanya ini perlu dilakukan bersama-sama supaya ibu mempunyai hubungan yang makin dekat dengan buah hati. Dengan menggunakan komunikasi non verbal ini ternyata anak lebih merasa dimengerti dan dicintai oleh ibunya.

Dikutip dari sebuah jurnal yang dipublikasikan di SAGE Journals berjudul 'Nonverbal Communication in Young Children', komunikasi non verbal ini ternyata adalah komponen yang penting dan integral yang berkontribusi signifikan pada aspek afektif dari interaksi antar manusia. Lantas, bentuk komunikasi non verbal seperti apa yang bisa mendekatkan ibu dan anak?

1 dari 5 halaman

1. Kontak Mata

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Dilansir dari laman orami.co.id, salah satu bentuk komunikasi non verbal yang efektif supaya ibu dan anak dekat yaitu melalui kontak mata. Mom perlu menjaga kontak mata dengan anak, menatap mereka dengan lembut dan juga hangat sehingga buah hati pun merasa mendapatkan perhatian penuh dari ibunya saat ia sedang berbicara.

2 dari 5 halaman

2. Berbicara dengan Mata yang Sejajar

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © https://www.shutterstock.com/id/g/aslysun

Menurut Creducation, berbicara dengan mata yang sejajar dengan anak ini akan membuat komunikasi dengan ibu terasa jauh lebih aman dan juga hangat. Meski tampak sepele, ternyata cara yang satu ini cukup berhasil untuk mendekatkan hubungan antara ibu dan anak sekaligus membuat buah hati lebih mudah memahami pesan yang disampaikan oleh ibu.

3 dari 5 halaman

3. Beraktivitas Bersama-sama

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © freepik.com/tirachardz

Melakukan sebuah aktivitas secara bersama-sama dengan buah hati ternyata juga bisa menjadi salah satu bentuk dari komunikasi non verbal dengan anak. Si kecil pun jadi lebih mudah mengerti pesan yang ingin disampaikan oleh ibunya. Mom bisa melakukan kegiatan-kegiatan rumah tangga sederhana bersama anak sambil ngobrol.

4 dari 5 halaman

4. Tunjukkan Ketertarikan dengan Raut Wajah Positif

ilustrasi ibu dan anak perempuanilustrasi ibu dan anak perempuan © thepragmaticparent.com

Bentuk komunikasi non verbal dengan anak yang berikutnya yaitu menunjukkan gestur ketertarikan. Berbicara dengan raut wajah yang berbeda ini ternyata akan memberikan efek yang beda kepada buah hati. Ibu perlu menunjukkan raut wajah yang positif seperti tersenyum atau mata yang melebar untuk menunjukkan ketertarikan saat anak sedang bercerita pada Mom.

5 dari 5 halaman

5. Sentuhan Kasih Sayang

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Tentunya salah satu bentuk dari komunikasi non verbal dengan buah hati ini yaitu melalui sentuhan yang penuh kasih sayang. Cara yang satu ini sangat efektif untuk mendekatkan ibu dengan anak. Buah hati pun akan merasa dimengerti dan makin dekat dengan ibunya melalui sentuhan kasih sayang ini.

Itulah beberapa bentuk komunikasi non verbal yang bisa mendekatkan ibu dengan buah hati. Kalau Mom punya cara lainnya silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar