Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan dengan?

Reporter : Nasa
Rabu, 9 Februari 2022 12:19
Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan dengan?
Yuk simak jawaban dari pertanyaan 'Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan?'

Organisasi olahraga yang menaungi olahraga senam lantai dinamakan dengan Persani. Sedang induk organisasi olahraga senam internasional adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG). Senam sendiri merupakan olahraga yang mengutamakan gerak badan berbagai bentuk dengan keselarasan dan kesinambungan.

Selain itu, senam dalam olahraga sendiri juga dapat diartikan sebagai latihan tubuh yang bertujuan untuk mengaktifkan seluruh anggota tubuh dan persendian agar tidak terjadi kekakuan. Tak heran jika senam juga dapat dilakukan dengan tujuan untuk melenturkan tubuh.

Olahraga senam disebut mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1912, hal ini disebutkan adalam "Buku Ajar Senam Dasar" yang ditulis oleh Dr. Harwanto, S.T. Kala itu, disebutkan bahwa senam telah dijadikan sebagai mata pelajaran wajib bagi siswa di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

1 dari 4 halaman

Dulu, senam pertama kali dikenalkan dengan sistem Jerman. Yang mana, kemungkinan-kemungkinan gerakannya yang kaya sebagai alat pendidikan.

Namun kemudian, sistem tersebut diganti dengan sistem Swedia pada tahun 1916 dengan gerakan yang lebih menekankan pada manfaat bergerak.

Sistem Swedia dikenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F Minkema.

2 dari 4 halaman

Berkat Minkema, senam Indonesia berkembang dan mulai menyebar terutama pada tahun 1918, pada saat pembukaan kursus senam Swedia di Kota Malang untuk setara tentara dan guru.

Senam sendiri disebut merupakan olahraga yang berasal dari Yunani, dan telah menjadi salah satu aktivitas lazim bagi para pemuda dan pemudi di sana. Terutama dengan tujuan untuk melatih raga dan elastisitas.

Lebih lanjut, senam disebut juga menjadi salah satu latihan fisik yang didukung oleh para filsuf seperti Socrates, Plato, hingga Aristoteles.

3 dari 4 halaman

Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan

Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan © Diadona

Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan Persani yang merupakan kepanjangan dari Perstuan Senam Indonesia. Kemudian pada tahun 1964, senam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Games of the New Emerging Forces (Genefo).

Sejak saat itu, senam artistik mulai dikenal luas di Indonesia, hingga pada tahun 1969 senam dipertandingkan untuk pertama kalinya di PON VII yang kala itu diselenggarakan di Surabaya. Hingga saat ini, senam menjadi salah satu jenis olahraga paling bergengsi.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Kaidah-Kaidah Olahraga Senam

Olahraga senam memiliki ciri-ciri dan kaidah-kaidah tersendiri yang membedakan dengan cabang olahraga lainnya. Menurut buku Ajar Senam Dasar, terdapat ciri-ciri dan kaidah-kaidah senam yang perlu kamu ketahui :

  • Gerakan latihan senam harus selalu direncanakan, dipilih dan diciptakan baik oleh guru, pelatih bahkan oleh pelaku sendiri
  • Gerakan senam yang sudah dipilih harus disusun secara sistematis sebagai satu kebulatan rangkaian
  • Penyusunan pemilihan gerakan tersebut harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan si pelaku.

Demikian ulasan dari pertanyaan " Organisasi Olahraga yang Menaungi Olahraga Senam Lantai Dinamakan" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya. Semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar