Manfaat yang Didapatkan Cucu Saat Dekat dengan Nenek dan Kakeknya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 28 Juli 2021 18:17
Manfaat yang Didapatkan Cucu Saat Dekat dengan Nenek dan Kakeknya
Ini manfaatnya.

Beberapa cucu mempunyai hubungan yang begitu dekat dengan nenek dan kakeknya, bahkan mungkin melebihi dengan orang tuanya. Kedekatan ini tentu punya arti tersendiri bagi sang cucu yang punya tempat spesial dalam hidupnya.

Dilansir dari laman merdeka.com, kedekatan cucu dengan nenek dan kakeknya seperti ini ternyata bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Selain itu, hal ini pun akan berdampak jauh luar biasa sampai beberapa tahun ke depan.

Dikutip dari laman The Health Site, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh seorang cucu ketika dia mempunyai hubungan yang dekat dengan kakek dan neneknya. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?

1 dari 6 halaman

Membantu Cucu Tumbuh dengan Gembira

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyata kedekatan seorang cucu dengan kakek dan neneknya ini bisa membuatnya jadi pribadi yang lebih gembira. Hal itu membuat mereka jadi lebih dekat secara emosional serta si cucu pun jauh lebih aman dari depresi ketika dia dewasa nanti.

2 dari 6 halaman

Mempengaruhi Perilaku Cucu

Kakek dan nenek yang mempunyai hubungan dekat dengan cucunya, tak hanya sekadar menemaninya main saja tetapi juga bisa sekaligus mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat yang akan berguna untuk kehidupan cucunya hingga dewasa nanti. Selain itu, cucu juga bisa mempelajari sejarah keluarga dengan tepat.

3 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Stres di Rumah

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Peneliti menghubungkan kedekatan hubungan cucu dengan kakek dan nenek ini menimbulkan lebih sedikitnya gejala depresi bagi mereka. Salah satu sebabnya, karena kakek dan nenek ini juga bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan dan tepat untuk cucunya.

4 dari 6 halaman

Memberikan Dukungan Tambahan pada Cucu

Keberadaan kakek dan nenek bisa memberikan dukungan ekstra bagi cucunya agar lebih terbuka dalam menyampaikan masalahnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedekatan ini apalagi di usia cucu yang remaja, bisa berdampak berkurangnya masalah emosional dan perilaku pada si cucu.

5 dari 6 halaman

Membantu Membesarkan Cucu

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Bagi orang tua yang sibuk bekerja, tentu keberadaan kakek dan nenek ini akan sangat membantu untuk membesarkan serta mengurus cucunya. Tentunya, lebih aman mempercayakan anak kepada kakek dan neneknya seperti ini ketimbang orang asing seperti babysitter yang perlu banyak pertimbangan dalam memilihnya.

6 dari 6 halaman

Membantu Cucu untuk Mempelajari Berbagai Keterampilan

Kakek dan nenek yang dekat dengan cucunya juga bisa mengajarkan berbagai keterampilan kepada sang cucu yang akan berguna sampai dewasa nanti. Keterampilan ini bisa dari yang sederhana bahkan sampai yang sulit. Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan cucu ketika ia punya hubungan yang dekat dengan kakek dan neneknya. Semoga ulasan ini cukup bermanfaat.

Beri Komentar