Gerakan Mengguling atau Menggelinding ke Depan Membulat Dinamakan dengan?

Reporter : Nasa
Kamis, 17 Februari 2022 07:37
Gerakan Mengguling atau Menggelinding ke Depan Membulat Dinamakan dengan?
Mari simak jawaban dari pertanyaan 'gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan'? berikut ini..

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan dengan guling depan atau forward roll. Gerakan berguling dalam senam lantai sendiri terdiri dari tiga macam, yakni guling depan, guling belakang, dan guling lenting.

Menurut buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA/SMK untuk kelas X (2010) karya Yusup Hidayat, Sindhu Cindar Bumi dan Rizal Alamsyah, senam lantai adalah bagian dari senam artistik.

Senam lantai sendiri merupakan sebuah bentuk lathian fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Lebih lanjut, senam lantai dibedakan menjadi dua, yakni senam lantai tanpa alat dan senam lantai dengan alat. Senam lantai tanpa alat dilakukan di atas lantai menggunakan matras tanpa menggunakan bantuan alat lain.

Kemudian, senam lantai dengan bantuan alat menggabungkan beberapa unsur gerak sehingga terjadi rangkaian gerak yang tak terputus. Gerakan berguling masuk dalam senam lantai tanpa alat.

1 dari 4 halaman

Gerakan Mengguling atau Menggelinding ke Depan

Gerakan Mengguling atau Menggelinding ke Depan Membulat Dinamakan © Diadona

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa gerakan menggulinf atau menggelinding ke depan membulat dinamakan dengan Forward Roll. Lebih lanjut, hal yang perlu kamu pahami adalah Tiga macam gerakan berguling dalam senam lantai yaitu guling depan, guling belakang, dan guling lenting.

2 dari 4 halaman

Guling Depan

Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan guling depan atau forward roll. Pada gerak guling depan anggota badan yang lebih dahulu menyentuh matras setelah tangan yaitu tengkuk. Adapun, gerakan guling depan termasuk dalam pola gerak dominan yaitu putaran.

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan, agar posisi badan saat berguling tidak bergoyang ke samping. Selain itu, guling ke depan juga membutuhkan unsur kekuatan maupun kelentukan. Hal tersebut berguna untuk mengangkat beban badan agar bisa berbalik

 

3 dari 4 halaman

Guling Belakang

Kemudian guling belakang atau back roll adalah gerakan berguling ke arah belakang atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda, mulai dari panggul, pinggang, punggung, dan tengkuk. Guling belakang merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke belakang atau dinamis

Guling Lenting

Guling lenting adalah suatu gerakan melentingkan badan ke arah atas-depan dengan menggunakan kekuatan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Pengertian tersebut merujuk pada modul Ekstrim tapi Bermanfaat (2018) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, disebutkan bahwa pengertian 

Lebih lanjut, pendaratan pada gerak guling lenting adalah menggunakan kedua kaki secara bersamaan. Posisi badan didorong ke depan, sementara kedua tangan diangkat ke atas.

4 dari 4 halaman

Terdapat da tiga teknik dasar guling lenting yaitu sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.

Sikap Awal

  • Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus. Dengan melambungkan badan, letakkan kedua tangan di lantai kira-kira satu langkah dari kaki.
  • Kemudian letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan.
  • Kedua kaki dijaga agar tetap lurus.

Pelaksanaan

  • Ketika posisi untuk guling depan telah tercapai, segeralah pesenam mengguling ke depan.
  • Saat badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai.
  • Lecutan ini menyebabkan badan melenting ke depan.

Sikap Akhir

  • Ketika layangan selesai, kedua kaki segera mendarat.
  • Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus.

Demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan" . Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat belajar ya!

Beri Komentar