Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan dengan Apa?

Reporter : Nasa
Rabu, 19 Januari 2022 09:37
Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan dengan Apa?
Berikut penjelasan terkait pertanyaan tersebut

Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan Shuttlecock secara mendatar dinamakan pukulan Drive. Dalam permainan badminton atau bulu tangkis, pukulan drive digunakan untuk menekan lawan atau tidak memberikan kesempatan pada lawan.

Utamanya agar lawan tidak dapat shuttlecock yang melambung. Sehingga, lawan sulit mendapatkan kesempatan menyerang dengan pukulan overload. Biasanya, pukulan drive juga sering digunakan ketika shuttlecock yang datangnya mendatar atau tidak ada lagi kesempatan untuk melakukan overhead.

1 dari 4 halaman

Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan Pukulan Drive, Berikut Deretan Karakteristiknya

Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan © Diadona

Karakteristik dari pukulan drive adalah cepat, keras, dan mendatar. Teknik pukulan yang satu ini membutuhkan kemampuan menguasai keterampilan grip, kecepatan refleks, dan kekuatan pergelangan tangan. Tak heran jika jenis pukulan yang satu ini bisa memberikan manfaat beragam untuk para pemain.

Mulai dari bisa mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya dan rata dengan net, sampai dengan dapat menghalangi posisi lawan. Bagi para pemula, dapat mempelajari teknik pukulan drive dengan cara-cara berikut :

  • Pegang raket seperti pada saat melakukan pukulan forehand atau segera putar raket ke posisi jika akan memukul backhand pada saat akan melakukan drive backhand.
  • Posisikan kaki menunjuk ke arah side line.
  • Pegangan forehand dan gerakan backswing raket harus sejajar dengan lantai juga telapak tangan.
  • Gunakan berat badan pada waktu mengayunkan lengan raket ke depan.
  • Pukul bola atau shutlecock dengan posisi di depan raket.
  • Jika akan melakukan drive menyilang, raket harus diputar.
  • Ikuti secara alami sesuai dengan lengan raket.

2 dari 4 halaman

Cara Melatih Kemampuan Pukulan Drive

Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan © Diadona

Lebih lanjut, untuk kamu yang ingin melatih kemampuan pukulan drive bisa melakukan dengan cara-cara berikut. Deretan tips dan teknik berikut ini bisa membuat kamu makin mahir dalam melakukan pukulan drive.

  • Gunakan raket yang lebih berat atau bisa juga menggunakan botol yang diisi pasir untuk membantu melatih kekuatan pergelangan tangan.
  • Latih gerak refleks dengan melakukan pukulan drive kiri atau kanan ke tembok.
  • Latihan pukulan drive forehand bisa dilakukan dengan sikap awal menghadap ke arah samping kanan, kemudian pukul bola datar dengan mengayunkan tangan dari arah belakang ke depan.
  • Latihan pukulan drive backhand bisa dilakukan dengan posisi kaki sedikit dibuka selebar bahu, kemudian arahkan pandangan dan badan sedikit miring ke arah kanan.
  • Apabila bola/shuttlecock datang dari arah kanan, maka kamu harus memukulnya dengan ayunan raket dari arah belakang ke depan.

3 dari 4 halaman

Jenis Pukulan Drive

Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan © Diadona

Lebih lanjut, pukulan mendatar atau pukulan drive merupakan salah satu teknik pukulan dalam olahraga badminton atau bulutangkis yang bisa membuat kok datang menyusur di atas net. Menurut arah dan fungsinya, pukulan drive dibedakan menjadi tiga :

  • Pukulan drive panjang adalah pukulan yang dihasilkan dengan mengarahkan shuttlecock ke area belakang permainan lawan. 
  • Pukulan drive setengah lapangan adalah pukulan untuk menjauhkan shuttlecock area tengah bagian samping lapangan lawan.
  • Pukulan drive pendek adalah pukulan yang dilakukan dengan mengarahkan shuttlecock agar jatuh dekat dengan net di daerah lapangan lawan.

4 dari 4 halaman

Pukulan Drive Dropshot

Sementara itu, Drive dropshot merupakan pukulan lob yang dilakukan dengan memukul shuttlecock melewati net secara cepat dan mendatar dan jatuhnya di dekat net bagian lapangan lawan. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengecoh lawan pada saat pukulan tanggung.

Teknik pukulan ini, membutuhkan keterampilan yang baik dalam memanfaatkan otomatisasi pukulan, timing, dan kelenturan pergelangan tangan dalam melakukan pukulan drive dropshot.

Pukulan ini dilakukan dengan cara mengerem kecepatan ayunan raket, sehingga shuttlecock jatuh di dekat net lawan. Pukulan ini juga digunakan dalam mengganggu pola gerak lawan dengan mengubah ritme permainan, karena menggunakan drive dropshot lawan dipaksa untuk bertahan.

Demikian ulasan terkait pertanyaan " Pukulan yang Dilakukan dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan dengan Apa?" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel ini bermanfaat.

Beri Komentar