Manfaat Bonding Time untuk Perkembangan Anak

Reporter : Riza Umami
Selasa, 27 Juli 2021 11:17
Manfaat Bonding Time untuk Perkembangan Anak
Ini Mom manfaatnya.

Membangun ikatan yang kuat (bonding) dengan anak perlu dilakukan orang tua sejak buah hati masih kecil, bahkan bisa pula dimulai ketika ia masih ada di dalam kandungan. Tentunya, tak cukup hanya dengan mengatakan bahwa Mom menyayangi anak.

Dilansir dari laman orami.co.id, orang tua perlu mewujudkan cinta dan kasih sayang kepada anak ini setiap hari agar ia bisa merasakannya. Dengan begini, bonding yang terbentuk antara orang tua dan anak pun akan makin kuat.

1 dari 6 halaman

Mengenal Bonding Time

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Bonding time ini adalah keterikatan kuat yang berkembang antara anak dengan orang tuanya. Hal ini pun akan membuat orang tua ingin terus mencurahkan kasih sayang dan cintanya untuk buah hati mereka dalam merawat dan membesarkannya.

2 dari 6 halaman

Dikutip dari laman kidshealth.org, ikatan yang kuat antara anak dengan orang tuanya ini bisa menumbuhkan ikatan batin serta rasa aman dan juga harga diri yang positif. Selain itu, batin orang tua pun bisa memberikan pengaruh terhadap perkembangan sosial dan kognitif buah hati.

Cara sederhana untuk melakukan bonding time ini adalah dengan ikut menemani anak saat bermain atau belajar. Hal ini pun sangat berdampak positif untuk mengembangkan motorik anak seperti meningkatkan kemampuan berbahasa, kemandirian anak dan juga kemampuan untuk mengatur emosi.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Bonding time tentunya juga akan menjadi pengalaman tersendiri untuk ibu di mana Mom akan merasa bangga dan senang saat melihat buah hati bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tangguh dan pemberani.

4 dari 6 halaman

Manfaat Bonding Time

Bonding time ini akan memberikan beberapa manfaat bagi anak dan orang tua. Salah satunya yaitu meningkatkan kemampuan dan keterampilan buah hati yang ada di dalam dirinya. Bonding time ini akan sangat berpengaruh untuk membantu pertumbuhan anak misalnya terhadap kemampuan motorik buah hati.

Anak tentunya akan belajar banyak hal seperti bagaimana cara duduk, berjalan, berlari, makan, dan masih banyak lagi. Beberapa aktivitas tersebut adalah keterampilan yang harus disesuaikan dengan usia anak sejak ia masih begitu kecil.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Selain itu, bonding time ini juga bisa bermanfaat untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Keterampilan bahasa ini adalah komponen yang penting dari peran keluarga terhadap perkembangan buah hati. Saat orang tua bercerita atau ngobrol dengan anak, di sinilah tanpa disadari orang tua sedang memberikan tabungan kosakata untuk anaknya agar aspek komunikasinya pun makin lancar.

6 dari 6 halaman

Manfaat bonding time yang selanjutnya yaitu untuk melatih anak mengenal emosinya. Mengenal emosi ini juga penting diajarkan kepada anak agar ia tahu kapan harus bersimpati, menyayangi orang lain atau bagaimana cara anak menghadapi suka dan duka di dalam hidupnya nanti.

Bila anak tak mempunyai keterampilan emosional yang tepat, ia mungkin tak akan bisa menghadapi kenyataan saat dihadapkan dengan situasi yang sulit di masa depan. Itulah penjelasan tentang pengertian dari bonding time dan juga manfaatnya untuk anak serta orang tua. Semoga ulasan ini cukup bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar