Bacaan Sholat Tarawih, Niat, Tata Cara, Keutamaan, hingga Rakaat yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Nasa
Selasa, 29 Maret 2022 13:37
Bacaan Sholat Tarawih, Niat, Tata Cara, Keutamaan, hingga Rakaat yang Perlu Kamu Ketahui
Ramadhan Kareem, bacaan sholat tarawih hingga sejarahnya berikut ini

Bacaan sholat tarawih sudah harus kamu ingat-ingat lagi menjelang bulan Ramadhan kali ini. Waktu pelaksanaan holat tarawih sendiri dimulai setelah menunaikan sholat Isya dan berakhir pada waktu Subuh selama bulan Ramadhan.

Jumlah rakaat shalat tarawih umumnya sebanyak 20 rakaat, kemudian dilanjutkan rakaat witir. Namun ada juga yang melaksanakan ibadah sholat tarawih sebanyak 8 rakaat dan 3 rakaat witir. Tarawih sendiri termasuk dalam kategori shalat sunnah.

Mengingat sholat tarawih tergolong ibadah sunnah, maka tidak akan menimbulkan dosa jika tidak dilakukan, namun akan mendapat pahala atau ganjaran bagi mereka yang mendirikan sholat tarawih. Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadis.

"Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa saja yang berdiri (sholat) pada malam Ramadan karena iman dan mengharapkan ganjaran (dari Allah SWT), maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu'." (HR. Muslim)

Lebih lanjut, niat sholat tarawih dan niat sholat witir terdiri dari bacaan yang berbeda. Selain itu, bacaan sholat tarawih dan sholat witir bagi imam dan makmum juga terdiri dari bacaan yang berbeda.

1 dari 6 halaman

Bacaan Sholat Tarawih

Untuk menunaikan sholat tarawih, berikut niat sholat yang harus dibaca. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, niat sholat tarawih untuk imam dan dan makmum berbeda.

Bacaan Sholat Tarawih Imam

Niat Sholat Tarawih Imam © Diadona

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan imaman lillahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT" .

Bacaan Sholat Tarawih Makmum

Bacaan Shalat Tarawih Makmum © Diadona

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan mamuman lilahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT" .

2 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih

Tata Cara Sholat Tarawih © Diadona

Usai mengetahui niat sholat tarawih, baik untuk imam dan makmum, kamu juga perlu memahami tata cara sholat tarawih. Seperti sholat wajib, sholat tarawih juga dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan membaca salam.

Tata Cara Sholat Tarawih Rakaat Pertama

  • Takbiratul Ihram dan memasang niat di dalam hati pada saat ini melafalkan niat dan membaca "  Allahu akbar"
  • Surat Al-Fatihah
  • Membaca satu surat pendek
  • Rukuk dengan thuma’ninah (tenang sejenak selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca tasbih rukuk 1 kali (Subhana rabbiyal ‘azhimi wa bi hamdih)
  • Itidal dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca doa itidal (Rabbana lakal hamdu mil’as samawati wa mil’al ardhi wa mil’a ma syi’ta min syay’in ba‘du)
  • Sujud pertama dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca tasbih sujud 1 kali. (Subhana rabbiyal a‘la wa bi hamdih)
  • Duduk di antara dua sujud dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca doa duduk di antara dua sujud. (Rabbighfir li, warhamni, wajburni, warfa‘ni, warzuqni, wahdini, wa ‘afini, wa‘fu ‘anni)
  • Sujud kedua dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca tasbih sujud 1 kali. (Subhana rabbiyal a‘la wa bi hamdih). 
  • Duduk istirahat sejenak (selama pembacaan 1 kali tasbih atau subhanallah) sebelum bangun.
  • Bangun untuk melanjutkan rakaat kedua.

Tata Cara Sholat Tarawih Rakaat Kedua

  • Membaca Surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek.
  • Rukuk dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca tasbih rukuk 1 kali. (Subhana rabbiyal ‘azhimi wa bi hamdih)
  • Itidal dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih) 
  • Membaca doa itidal (Rabbana lakal hamdu mil’as samawati wa mil’al ardhi wa mil’a ma syi’ta min syay’in ba‘du)
  • Sujud dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih)
  • Membaca tasbih sujud 1 kali (Subhana rabbiyal a‘la wa bi hamdih
  • Duduk di antara dua sujud dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih) 
  • Membaca doa duduk di antara dua sujud. (Rabbighfir li, warhamni, wajburni, warfa‘ni, warzuqni, wahdini, wa ‘afini, wa‘fu ‘anni)
  • Sujud kedua dengan thuma’ninah (selama pembacaan 1 kali tasbih). 
  • Membaca tasbih sujud 1 kali.(Subhana rabbiyal a‘la wa bi hamdih)
  • Duduk tasyahud (duduk di atas pantat kiri dengan memasukkan kaki kiri ke kanan).
  • Membaca tasyahud atau kalimat syahadat. (At-tahiyyatu lillah, as-salamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh, as-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis shalihin, asyhadu an la ilaha illallah, wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah)
  • Membaca shalawat nabi. (Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad, fil ‘alamina innaka hamidum majid)
  • Membaca salam pertama sambil menoleh ke kanan.  (As-salamu ‘alaikum)
  • Membaca salam pertama sambil menoleh ke kiri. (As-salamu ‘alaikum

3 dari 6 halaman

Hukum Sholat Tarawih

Lebih lanjut, hukum sholat tarawih di bulan Ramadhan adalah sunnah. Lebih tepatnya, hukum sholat tarawih adalah sunnah mu'akad. Yang artinya, sholat tarawih adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan.

Kemudian juga disebutkan, meski tak dilaksanakan secara berjamaah di masjid, ibadah sholat tarawih tetap memiliki nilai pahala yang sama besarnya. Jadi sholat tarawih juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Lebih baik berjamaah atau sendirian?

Sementara itu, menurut Ustaz Hadi seperti dikutip dari laman Dream, Selasa (29/3/2022), sholat tarawih boleh dilakukan secara berjamaah atau sendirian. Namun sholat terawih berjamaan disebutkan masih lebih afdal atau utama.

Akan tetapi, jika situasi dan kondisi tak memungkinkan seperti berlangsungnya pandemi Covid-19 yang masih merebak, sholat tarawih tentu sangat dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja demi keamanan dan keselamatan umat.

4 dari 6 halaman

Kautamaan Sholat Tarawih

Adanya keutamaan sholat tarawih menjadi sarana bagi umat muslim untuk berlomba-lomba mendulang pahala di bulan Ramadhan. Seperti yang diketahui, ibadah di bulan Ramadhan selalu dilipatgandakan pahalanya.

Diampuni Dosa-Dosanya

Keutamaan sholat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits sahih berikut ini,

" Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau," (HR. Bukhari Muslim).

Untuk itu, bagi mereka yang berlomba-lomba mengerjakan sholat tarawih selama bulan Ramadan disebut akan terlahir kembali dengan jiwa yang bersih.

Selain itu, sholat tarawih juga dapat mendekatkan jiwa kepada Allah SWT sehingga umat Islam pun senantiasa akan jauh dari segala larangan-Nya.

Setara Qiyamul Lail

Kemudian, keutamaan sholat tarawih yakni umat Islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik di masjid atau pun rumah sendiri.

Sementara itu, sholat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

" Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk," (HR. Tirmidzi).

5 dari 6 halaman

Kuatkan Silaturahmi antar Umat

Keutamaan sholat tarawih yang berikutnya adalah mampu memperkuat tali silaturahmi antara umat Islam. Saat dilakukan berjamaah di masjid, maka muslim pun dapat bertemu dan bercakap-cakap sehingga tali persaudaraan akan semakin terjalin.

Saat ditunaikan berjamaah di rumah, hubungan antar anggota keluarga pun juga akan semakin harmonis.

" Seseorang yang menyambung tali silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan dengan kebaikan. Akan tetapi seorang yang menyambung tali silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari).

Tingkatkan Kesehatan Jiwa Raga

Keutamaan sholat tarawih yang terakhir tak lain dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Selain mendapatkan batin yang tenang dan damai dengan menjalankan perintah-Nya, shalat tarawih rupanya juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Di antara yaitu meningkatkan kesehatan tulang hingga persendian, membakar kalori yang tertimbun di dalam tubuh, menjauhkan dari penyakit diabetes, meningkatkan fungsi otak, serta membantu otak untuk mengendalikan hormon penyebab stres berlebih.

6 dari 6 halaman

Menyemarakan Masjid

Masjid menjadi tempat ibadah bagi umat Islam yang seharusnya selalu diisi dengan berbagai aktivitas yang banyak mendatangkan manfaat.

Saat bulan Ramadan tiba, biasanya suasana masjid di malam hari akan ramai oleh para jamaah yang berdatangan untuk menjalankan sholat tarawih.

Dengan melakukan sholat tarawih secara berjamaah di masjid, hal ini akan membuat suasana di masjid terasa lebih hikmat dan tenang.

Bahkan Allah SWT juga berjanji, barangsiapa yang mengerjakan sholat tarawih berjamaah, maka pahala yang didapat sebanyak 27 derajat. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini:

Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Sementara itu, yang juga menjadi keutamaan lainnya dari menjalankan sholat tarawih adalah bisa meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Hal ini dapat dirasakan ketika sholat tarawih dan mendengarkan lantunan ayat suci yang dibacakan oleh imam, maka hati akan merasa lebih tenang.

Dengan menjalankan sholat tarawih secara rutin di bulan Ramadan, maka ini bisa meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT.

Apalagi, sholat sunah ini hanya dilakukan saat Ramadan saja. Jadi, alangkah lebih baik jika kita memaksimalkannya.

Nah demikian ulasan tentang " Bacaan Sholat Tarawih, Niat, Tata Cara, Keutamaan, hingga Rakaat" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Semoga Ramadhan kali ini jadi momentum berharga untuk makin mendekatkan diri pada Allah SWT.

Beri Komentar