Arti Bacaan Shalat Lengkap dari Niat sampai Salam, Ketahui untuk Capai Khusyuk

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 22 September 2021 18:05
Arti Bacaan Shalat Lengkap dari Niat sampai Salam, Ketahui untuk Capai Khusyuk
Memahami arti bacaan shalat menjadikan kamu lebih mendalami makna dari ibadah ini.

Arti bacaan shalat sebaiknya dipahami oleh seluruh muslim agar lebih udah dalam menggapai khusyuk saat menjalani ibadah wajib ini. Shalat merupakan cara gimana seorang muslim menyerahkan fisik dan spiritualnya di hadapan Allah.

Setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan dalam gerakan ini memiliki arti. Makanya, dengan paham apa sih atri bacaan shalat jadi proses penyerahan diri kepada Allah akan lebih optimal.

Dikutip dari laman Dream, berikut ini arti bacaan shalat lengkap dari niat hingga salam. Simak yuk!

1 dari 6 halaman

Arti Bacaan Shalat - Doa Iftitah

Arti Bacaan Shalat © Diadona

Doa iftitah dibaca saat shalat, setelah takbir dan sebelummembaca Al-Fatihah. Hukum dari bacaan ini adalah sunnah, makanya ada sebagian muslim yang tak membacanya.

“ Allaahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila.”

Artinya : " Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang."

“ Wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

Artinya : " Kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim."

2 dari 6 halaman

Arti Al- Fatihah

Dibaca berkali-kali setiap hari tentu membuat kamu wajib mengerti apa arti dari surat ini.

“ Bismillahir rahmaa nirrahiim. alhamdu lilla hi rabbil 'alamin. ar rahmaanirrahiim. maaliki yaumiddiin. iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. ihdinash shirraatal musthaqiim. shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya : " Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

3 dari 6 halaman

Arti Bacaan Shalat - Rukuk

Ilustrasi Shalat Berjamaah © Diadona

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi, Thabrani, Daruquthi, berikut bacaan rukuk.

" Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih" sebanyak 3 kali.

Artinya: " Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya."

Dalam hadist shahih Imam Bukhari dan Imam Muslim menyebutkan bahwa Rasulullah membaca doa ini dalam sujud dan ruku' beliau untuk mengerjakan perintah Allah di Surah An-Nashr ayat 3.

Berikut doanya

" Subhaanaka alloohimma robbanaa wa bihamdika alloohummaghfirlii,"

Yang berarti:

Maha Suci Engkau, ya Allah Tuhan kami dan segala puji bagiMu. Ya Allah ampunilah aku.

Selain itu, melansir hadist shahih riwayat Imam Muslim yang dikutip dari Dream, berikut bacaan ruku' 4:

" Subbuuhun qudduusun robbul malaa-ikati war ruh,"

Artinya: Maha Suci Engkau dan Mahakudus Tuhan para malaikat dan ruh

4 dari 6 halaman

Arti Bacaan Shalat - I'tidal

Saat kembali berdiri dari posisi ruku', Rasulullah membaca doa I'tidal yang berbunyi

" Sami'allahoohu liman hamidah,"

Yang artinya : " Allah Maha Mendengar orang yang memujiNya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya saat dalam posisi berdiri membaca doa ini:

" Robbana lakal hamdu mi'as samaawaati wal ardli wa mil-a maa syi'ta min syai'in ba'du."

Artinya : Wahai Tuhan kami, segala puji bagiMu, sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa-apa yang Engkau kehendaki setelah itu

5 dari 6 halaman

Arti Bacaan Shalat - Sujud

Arti Bacaan Shalat © Diadona

Menuju sujud, Rasulullah mengucapkan takbir lalu bersimpuh dalam sujud dalam doa beriku:

" Subhaana robbiyal ‘a’la wabihamdih" sebanyak 3 kali

Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi dan segala puji bagiNya

Setelah sujud dilanjutkan dengan duduk dan membaca doa ini:

“ Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.”

Artinya: " Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku."

6 dari 6 halaman

Arti Bacaan Shalat - Tasyahud Awal

Dalam tasyahud awal, ini doa yang dibaca

" Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. allahumma sholli 'alaa muhammad.”

Artinya: " Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

Sementara itu dalam tasyahud akhir membaca doa berikut:

“ Allahumma sholli 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa shollaita 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid. alloohumma baarik 'alaa muhammad wa 'alaa aali muhammad kamaa baarokta 'alaa ibroohim wa 'alaa aali ibroohimm innaka hamiidum majiid.”

Artinya: " Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia."

Arti Bacaan Shalat - Salam

Saat salam membaca " Assalaamu alaikum wa rahmatullah"

Artinya: " Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

Itulah arti bacaan shalat yang harus kamu pahami. Semoga mamaknainya bisa membawa kamu menuju shalat yang lebih khusyuk dan lebih dekat kepada Allah

Beri Komentar