4 Tips Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan yang Benar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 16 November 2022 08:58
 4 Tips Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan yang Benar
Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kesimpulan dalam suatu paper atau tugas lain? Nah bagaimana cara membuat kesimpulan yang benar ya? Perhatikan langkah-langkah berikut.

Bagaimana cara membuat kesimpulan yang baik menjadi topik penting bagi para pelajar. Dengan menulis kesimpulan, pembaca akan lebih mudah memahami isi teks dengan mendalam dan memahami tujuan dari informasi yang dituliskan oleh penulis.

Kesimpulan yang baik harus berisikan informasi yang merangkum semua pokok pikiran paragraf dan mampu menjawab pertanyaan 5W + 1 H (what, who, when, where, why, how). Pasti kamu penasaran kan bagaimana cara membuat kesimpulan yang benar. Yuk simak informasi di bawah ini dengan saksama! 

 

1 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Isi Bacaan

Secara garis besar, kesimpulan bacaan merupakan ringkasan dari setiap paragraf teks bacaan. Paragraf yang baik tersusun atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Di dalam kalimat utama itulah kamu bisa temukan ide pokok dari setiap teks bacaan. Dilansir dari kependidikan.com, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui bagaimana cara membuat kesimpulan isi bacaan. 

Langkah-Langkah Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Isi Bacaan:

  1. Bacalah teks bacaan dengan teliti
  2. Tentukan kalimat utama paragraf
  3. Tentukan ide pokok paragraf
  4. Tentukan informasi penting kalimat penjelas dari masing-masing paragraf
  5. Susunlah ide pokok dan informasi penting dari kalimat penjelas menjadi kesimpulan paragraf
  6. Rangkailah kesimpulan paragraf menjadi satu kesimpulan teks bacaan

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Skripsi

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Skripsi © Diadona

Menulis skripsi menjadi tanggung jawab besar bagi mahasiswa tingkat akhir. Secara umum, terdapat beberapa teknik yang bisa dipakai dalam membuat kesimpulan dari skripsi. Jenis penelitian juga turut berpengaruh dengan pemilihan teknik penulisan kesimpulan. Yuk simak bagaimana cara membuat kesimpulan skripsi yang Diadona kutip dari belajarkreatif

Tiga Teknik Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Skripsi:

Teknik Generalisasi

Menulis kesimpulan yang didasarkan pada informasi secara umum. Dilakukan setelah memperoleh kumpulan data tertentu dan mengambil mayoritas data. 

Teknik Analogi

Dilakukan dengan teknik perbandingan antar tiap pembahasan dalam penelitian sehingga kesimpulan akan berbentuk persamaan dan perbedaaan dari hasil dan pembahasan. 

Sebab-Akibat

Berfokus dengan penulisan berdasarkan sebab suatu permasalahan dan akibatnya pada data penelitian. Bertujuan untuk memperjelas gagasan utama di dalam bab pendahuluan. 

Langkah-Langkah Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Skripsi:

  1. Perhatikan permasalahan yang ada dalam penelitian
  2. Tentukan jawaban tepat terkait pembahasan pada permasalahan dan data penelitian
  3. Tuliskan tulisan kesimpulan kasar atas jawaban dari pertanyaan dalam rumusan masalah. Hindari menulis kembali data yang ada di bab hasil pembahasan. 
  4. Satukan tulisan kesimpulan kasar lalu dihubungkan dengan bagian hasil pembahasan yang telah disusun. 

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Makalah

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Makalah © Diadona

Bagian penutup dari sebuah makalah, tentu menonjolkan bagian kesimpulan dari keseluruhan paragraf yang sudah kamu tulis.

Langkah-Langkah Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Makalah:

  1. Pahami keseluruhan teks makalah. Isi dari kesimpulan harus menuliskan analisis dari kajian pustaka dan interpretasi atau implikasi dari tema permasalahan yang diangkat.
  2. Pastikan dalam isi dari tulisan kesimpulan telah memuat saran berupa opini yang ditujukkan untuk pembaca. Bertujuan untuk membantu pembaca yang mengangkat persoalan serupa.
  3. Tulis kesimpulan dengan memberikan penjelasan singkat dari keseluruhan isi karya ilmiah yang disusun dari ide pokok dari setiap paragraf.
  4. Hindari menulis kesimpulan dengan menyimpulkan materi yang tidak diangkat dalam pembahasan.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan yang Baik

Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan yang Baik © Diadona

Kesimpulan yang ditulis dengan baik akan merepresentasikan keseluruhan tulisan yang telah kamu buat. Oleh sebab itu mengetahui bagaimana cara membuat kesimpulan yang baik menjadi hal penting yang harus dipahami bagi setiap pelajar. Yuk simak tips cara membuat kesimpulan di bawah ini! 

Langkah-Langkah Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan yang Baik:

Baca Ulang Karya Tulis atau Makalah yang Kamu Buat

Bertujuan untuk memahami informasi penting dari teks yang telah kamu buat sehingga kesimpulan ditulis secara tepat.

Tentukan Kalimat Utama

Di dalam kesimpulan, tentu harus merangkum kalimat utama yang telah disusun agar pembaca mampu memahami dengan jelas keseluruhan isi makalah.

Tentukan Ide Pokok Tulisan

Ide pokok sebagai gambaran dari keseluruhan paragraf akan membantu kamu dalam mengembangkan tulisan dan memudahkan dalam menuliskan kesimpulan makalah.

Susun Ide Pokok dan Informasi Penting

Gunakan bahasa yang baku, jelas, dan tidak berbelit-belit agar pembaca mampu memahami dengan jelas terkait makna dan tujuan dari makalah yang telah kamu tulis.

Susun Kalimat Penjelas Menjadi Paragraf Kesimpulan

Bertujuan untuk memaparkan inti dari pokok bahasan dalam persoalan makalah yang ditulis.

Rangkai Kesimpulan menjadi Teks Bacaan

Bisa ditulis dengan teknik deduksi, yaitu menulis dengan menghubungkan setiap data dari persoalan yang diangkat.

Tulis Opini Terkait Masalah

Cantumkan opini dan keterbatasan dalam penulisan makalah yang dapat bermanfaat bagi peneliti selanjutnya dengan topik makalah serupa. 

Itu dia berbagai tips terkait bagaimana cara membuat kesimpulan, mudah bukan Sobat Diazen? Langsung saja praktikkan langkah-langkah di atas ya!

Penulis: Salma Oceania V.P.

Beri Komentar