Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah Sederhana yang Tepat dan Menarik

Reporter : Nasa
Selasa, 8 Desember 2020 10:10
Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah Sederhana yang Tepat dan Menarik
Kata pengantar karya tulis ilmiah yang baik bisa tambah poin plus loh.

Contoh pengantar karya tulis ilmiah yang bisa membantu kamu untuk membuat karya tulis ilmiah yang tepat. Sejatinya, pengantar karya tulis ilmiah ini tak kalah pentingnya dengan bagian-bagian lain seperti isi dan penutup.

Makanya, sangat penting bagi kamu untuk memerhatikan contoh kata pengantar karya tulis ilmiah sederhana yang tepat dan menarik ini. Jangan pernah kesampingkan kata pengantar loh ya, sebab fungsinya adalah cerminan awal karya ilmiahmu.

Nah berikut ini kami hadirkan contoh kata pengantar karya tulis ilmiah sederhana yang tepat dan menarik, dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

Berikut ini adalah contoh kata pengantar karya tulis ilmiah yang bisa kamu jadikan rujukan.

- Rasa syukur. Sebuah ungkapan terima kasih karena makalah yang kamu buat sudah bisa selesai tepat waktu.Kata pengantar di Indonesia menggunakan ucapan syukur ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(Mengacu kepada kemajemukan agama di Indonesia,untuk buku agama, ucapan syukur akan disampaikan dengan versi agama masing-masing, misalnya contoh kata pengantar untuk buku agama Islam, maka ucapkan syukur ditujukan kepada Allah SWT. Ucapan rasa syukur ini harus cukup di paragraf pertama kata pengantar. Jangan sampai lebih)

- Terima kasih. Ungkapan terima kasih terletak di paragraf kedua. Ucapan ini ditujukan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah atau karya tulis yang kamu buat.

Kalaupun tidak membantu secara langsung, para pendukung pun juga masuk dalam list ucapan terima kasih ini.Beda jenis karya tulis, maka akan beda list orang yang dituju.

Misalnya adalah contoh kata pengantar yang ada di dalam skripsi, maka ucapan terima kasih ditujukan kepada dosen pembimbing, ketua universitas, wakil ketua, teman, keluarga, dan lain-lain.

Untuk tata cara menyebutkannya, kamu harus mengirimkannya berdasarkan pangkat. Jadi tertulis ketua universitas, wakil ketua universitas, dosen pembimbing, keluarga, dan teman-teman.

Penyebarannya bisa listing dengan nomer atau langsung masing paragraf. Namun kebanyakan masuk listing jika disebutkan nama dan pangkatnya.

2 dari 3 halaman

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Sederhana

Kali ini kami hadirkan dua contoh kata pengantar karya ilmiah sederhana untuk jenis karya ilmiah penelitian dan juga laporan.

  • Kata Pengantar Penelitian

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Tingginya Tingkat Kenakalan Remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember’ dengan baik.

Proposal ini diajukan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang rawan kriminalitas yang dilakukan oleh para remaja di Kecamatan Palung Kabupaten Jember. Untuk itu, pencegahan bisa dilakukan lebih dini untuk menyelamatkan moral generasi bangsa.

Meskipun kami sangat berharap agar proposal ini tidak memiliki kekurangan. Tetapi kami menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk proposal ini.

                                                                                                Jakarta, 07 Desember 2020

                                                                                                                         Penyusun

  • Kata pengantar laporan

Kata Pengantar

Ucapan puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena kita masih diberikan nikmat kesehatan, kekuatan, dan kesempatan menyusun Laporan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura Tahun ajaran 2019/ 2019 ini dengan baik tanpa ada suatu halangan apapun.

Tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, khususnya kepada:

– Bapak H. Roni Awan, M.Pd selaku Kepala sekolah yang telah berkenan memberikan ijin atas terlaksananya kegiatan Pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura
– Kakak Edi Triantri selaku Pembina OSIS yang telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pelantikan OSIS SMP Negeri 9 Madura.
– Semua warga SMP Negeri 9 Madura, serta
– Pihak-pihak terkait yang ikut membantu dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ini.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami terbuka menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga dapat memperbaiki kualitas dan melengkapi kekurangan pada laporan pertanggungjawaban ini.

                                                                                            Yogyakarta, 07 November 2020

                                                                                                                       Penyusun

3 dari 3 halaman

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah Bahasa Indonesia

Kemudian juga kami hadirkan contoh karya ilmiah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tentunya bisa kamu jadikan sebagai referensi, untuk menjadikan karya ilmiahmu lebih baik lagi.

Kata Pengantar

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul “ Pengaruh Kecanggihan Teknologi terhadap Perkembangan Alat Pembelajaran di SD Negeri 4 Jember”.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Jurusan Bahasa dan Seni Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember. Dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, rasa terima kasih penulis ucapkan kepada:

1. Bapak Roslan Mahmud, M.Pd selaku ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Jember yang memudahkan segala perijinan penelitian.

2. Bapak Dwi Sasongko, M.Pd selaku ketua Program Studi Bahasa Indonesia yang telah memberikan kemudahan bagi saya untuk menyusun skripsi.

3. Bapak Ahmad Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.

4. Bapak Drs. Hendri Naryo, M.Si selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.

5. Keluarga besar SD Negeri 4 Jember yang telah membantu melengkapi data penelitian skripsi saya.

6. Keluarga, saudara, teman-teman, serta pihak-pihak lain yang tidak henti-hentinya menentukan support.

Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca. Akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

                                                                                              Bandung, 08 November 2020

                                                                                                                         Penyusun

Nah itu dia deretan contoh kata pengantar karya tulis ilmiah yang bisa kamu jadikan rujukan dan referensi. Contoh kata pengantar karya ilmiah bisa banget membantu kamu menyelesaikannya dengan baik.

Beri Komentar