Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa beserta dengan Struktur Penulisannya!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 16 November 2022 08:21
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa beserta dengan Struktur Penulisannya!
Makalah merupakan karya tulis yang sering kita temui terutama di bangku perkuliahan. Sayangnya, masih banyak yang belum paham bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Makalah sebagai sebuah karya tulis berisi pemikiran dari seorang penulis yang belum pernah dipublikasikan dan bersifat ilmiah. Kamu sering mendapatkan tugas bikin makalah? Sudah paham belum dengan cara membuat makalah yang baik dan benar?

Tenang saja, karena Diadona telah siapkan cara membuat makalah yang baik dan benar dengan menggunakan microsoft word! kamu bisa melihat langkah-langkah membuat makalah di bawah ini ya.

Nah, sebelum mengetahui tentang cara membuat makalah yang baik dan benar, ada baiknya untuk mengetahui struktur makalah agar dapat membantu kamu mengetahui makalah lebih jauh. Yuk simak dengan baik artikel berikut ini!

 

1 dari 3 halaman

Struktur Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

Struktur Penulisan Makalah yang Baik dan Benar © Diadona

Dikutip dari website bocahkampus.com, makalah memiliki struktur yang harus diperhatikan, antara lain:

Cover

Cover merupakan sampul dari makalah yang berisikan judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit. Biasanya penulisan cover menggunakan aturan rata tengah agar cover terlihat lebih rapi.

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan kalimat yang berisikan pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum atau gambaran terhadap makalah yang kamu buat.

Daftar isi

Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari konten sebuah makalah sehingga dapat membantu pembaca lebih cepat mencari pembahasan di dalam makalah.

Pendahuluan

Pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang berisi alasan dalam pembuatan makalah yang diikuti dengan gambaran mengenai masalah yang akan dibahas. Rumusan masalah merupakan hal hal yang diteliti sebagai permasalahan suatu isu. Serta tujuan berisi jawaban penelitian tersebut dilakukan.

Pembahasan/Isi

ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang kamu bahas. Tentu saja, pembahasan di bagian isi ini harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang telah kamu buat sebelumnya.

Penutup

Bagian penutup biasanya terdiri dari kesimpulan dan saran terhadap makalah yang telah dibuat.

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar di Laptop dengan Microsoft Word

Ilustrasi Microsoft Word © Diadona

Berikutnya merupakan cara membuat makalah yang baik dan benar melalui laptop. Penggunaan laptop akan jauh lebih memudahkan dalam pembuatan karya tulis ini dikarenakan layar yang besar dan fitur yang jauh lebih lengkap dalam pembuatannya. 

  1. Dalam pembuatan makalah, mengatur ukuran kertas yang digunakan sangat penting. Pada umumnya kertas yang dipakai berukuran A4. Untuk mengatur ukuran kertas silahkan klik menu Page Layout > Size > A4. Pada menu ini kamu juga dapat mengatur margin, page collor dan lainnya.
  2. Setelah mengatur ukuran kertas, langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran tulisan saat pembuatan makalah. Untuk mengatur ukuran dan jenis tulisan yang digunakan silahkan klik menu Home, pada menu Font pilih ukuran dan jenis tulisan yang ingin digunakan, biasanya Times New Roman dengan ukuran 12.
  3. Paragraf membantu penyusunan makalah terlihat lebih rapi. Untuk membuat paragraf pada makalah yang kamu buat silahkan pilih menu Home dan pada grup paragraph kamu bisa memilih rata kanan, tengah atau kiri.
  4. Membuat daftar isi otomatis di microsoft word akan mempermudah dalam menyusun makalah. Dengan cara ini kamu tidak perlu membuat daftar isi secara manual yang akan memperlambat pekerjaan. Pilih menu references yang ada pada menu bar, lalu pilih table of contents dan pilih model daftar isi yang diinginkan.
  5. Setiap halaman pada makalah wajib memiliki nomor, mulai dari kata pengantar hingga daftar pustaka. Dalam pengaturan penomoran halaman ini caranya sangat mudah, pada menu bar pilih menu insert. Setelahnya pada group menu header & footer pilih menu page number.
  6. Terakhir adalah membuat header dan footer yang berfungsi sebgai catatan kaki (tambahan). silahkan pilih menu Insert dan pilih menu header untuk meletakkan catatan di atas batas halaman dan footer apabila ingin menambahkan catatan di bawah batas halaman.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar di HP dengan Microsoft Word

Selanjutnya cara membuat makalah yang baik dan benar dapat dilakukan melalui perangkat seluler. Biasanya pembuatan makalah menggunakan aplikasi Bernama Microsoft Word. Aplikasi ini tidak hanya bisa ditemukan di laptop, tetapi juga di Hp. Inilah cara membuat makalah yang bisa kamu coba!

  1. Biasanya untuk Hp tertentu sudah memiliki aplikasi Microsoft office. Namun, jika belum lakukan penginstalan Microsoft Word melalui google playstore. 
  2. Setelah diinstal, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan gmail yang telah Anda punya sebelumnya.
  3. Klik tanda plus (+) yang ada di bagian pojok kanan untuk membuat dokumen baru.
  4. Untuk makalah biasanya ukuran fontnya adalah 12, klik angka yang ada di samping jenis font, lalu pilih dan ubah sesuai dengan yang Anda inginkan.
  5. Untuk mengatur jarak spasi dalam cara buat makalah di Hp adalah, Klik tanda segitiga terbalik, pilih format paragraph, pilih baris. Selanjutnya tentukan spasi yang diinginkan dengan.
  6. Dalam mengatur tulisan, caranya adalah dengan mengklik ikon tersebut dalam tanda segitiga terbalik di bagian bawah.
  7. Untuk mengatur ukuran kertas dengan klik tanda segitiga terbalik, lalu pilih beranda. Pilih Tata Letak dan atur margin serta ukurannya sesuai keinginan.

Bagaimana? Gampang kan? Cara membuat makalah yang baik dan benar hanya membutuhkan ketelitian dan perlu berlatih agar dapat memahami serunya dalam membuat makalah.

Penulis: Agung Brahma Wikara

Beri Komentar