Apa itu Freelance? Kenali Arti, Cara Kerja dan Kelebihan Menjadi Freelancer

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 30 Mei 2020 11:27
Apa itu Freelance? Kenali Arti, Cara Kerja dan Kelebihan Menjadi Freelancer
Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan clien atau pun perusahaan.

Freelance adalah suatu pekerjaan dilakukan oleh seseorang secara mandiri, atau tidak terikat kontrak dengan sebuah perusahaan maupun orang yang mempekerjakannya.

Namun, ada pendapat lain mengatakan arti freelance adalah seseorang yang bekerja secara lepas tanpa adanya ikatan kontrak dengan perusahaan.

Sehingga orang yang melakukan pekerjaan freelance adalah disebut dengan freelancer. Seorang freelancer juga dilakukan secara full time ataupun part time, namun sebagian yang menjadi freelancer untuk pekerjaan utamanya.

Sebagian besar pekerjaan freelancer adalah sangat erat kaitannya dengan hobi mereka seperti menulis, fotografi, desain grafis, dan lain sebagainya.

Nah, langsung saja simak ulasan berikut tentang arti freelance yang sebenarnya.

1 dari 4 halaman

Kerja Freelance

Freelance adalahFreelance adalah © pexels.com/@canvastudio

Dalam dunia freelance, kamu adalah bos untuk diri sendiri. Sebab, setiap freelancer mempunyai spesialisi dan pekerjaan yang berbeda.

Sebab, seperti yang telah disebutkan diatas freelance adalah pekerjaan paruh waktu yang tidak teringkat dalam waktu jangka panjang dengan perusaahan, atau pun owner bisnis.

Sehingga freelance biasanya lebih santai daripada pekerja full time. Selain itu, seorang pekerja freelance bekerja sesuka dengan kemauannya, dan dia bisa libur sesuka diri dia sendiri.

2 dari 4 halaman

Nah, untuk kamu yang bertanya apa sih kerjaan yang dilakukan seorang freelance? Jadi, pekerjaan freelancer memiliki banyak jenis, namun ada 2 jenis pokok kerja freelance adalah:

1. Freelance Online

Pekerja freelance online adalah pekerjaan yang dikerjakan secara online yang menggunakan laptop atau komputer.

Untuk pekerjaan yang mereka dapatkan dari freelance onine itu juga beragam jenisnya, mulai menulis artikel hingga membuat sebuah website.

2. Freelance Offline

Sedangkan jenis freelance offline adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan di dunia nyata alias mereka pergi ke tempat bekerja seperti orang bekerja pada umumnya.

3 dari 4 halaman

Marketing Freelance

Freelance adalahFreelance adalah © pexels.com/@fauxels

Banyak sekali dari kalian yang menanggap bahwa sales freelance dan marketing freelance adalah dua hal yang sama. Padahal kedua pekerjaan tersebut sangatah memiliki definisi yang berbeda.

Marketing freelance adalah seseorang yang ikut dalam aktifitas marketing, yang berupa aktifitas promo atau branding. Selain itu, mereka juga biasa dikontrak berdasar jam kerja dan jumlah hari.

Sedangkan untuk sales freelance adalah seseorang yang lebih fokus kepada penjualan suatu produk. Sehingga mereka mendapatan fee dari jumlah produk yang mereka jual.

Meski begitu, seorang marketing freelance adalah sangatlah dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, sebab sebuah badan usaha memerlukan strategi pemasaran dalam bentuk baru dan semenarik mungkin.

Jadi, kalau kamu seseorang yang kreatif dan sedang mencari peluang untuk memaksimalkan potensi, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi freelance. Apalagi buat kamu yang fresh graduate.

4 dari 4 halaman

Freelance adalah Pengangguran

Freelance adalahFreelance adalah © pexels.com/@olly

Saat ini banyak sekali yang beranggapan jika freelance adalah pengangguran. Padahal setiap pekerjaan itu ada enak dan nggak enaknya.

Nah, biar kamu tidak memandang sebelah mata seorang freelancer, kamu harus tahu empat fakta freelance berikut ini:

1. Nggak Harus Berangkat Kerja Pagi

Menjadi freelancer adalah kamu nggak harus ke kantor dan nggak terikat jam kerja yang 8 jam. Dengan begitu, kamu nggak harus berangkat pagi, deh.

2. Penghasilan Nggak Kalah sama Kantoran

Udah bebas nggak ke kantor, penghasilan dari seorang freelance adalah juga nggak kalah sama dengan pekerja kantoran lho.

Bahkan penghasilanmu juga bisa lebih besar. Namun, untuk mencapai level freelancer seperti ini, kamu juga harus punya banyak jam terbang dan banyak proyek.

3. Lebih Disiplin

Eits, jangan salah menjadi freelance akan mengajarkanmu lebih disiplin, sebab freelancer terikat akan target. Jadi, kalau targetmu nggak tercapai ya nggak dibayar.

Intinya freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu.

Beri Komentar