Awas Terjebak, 5 Pertanyaan ini Sering Diajukan pada Fresh Graduate Saat Interview Kerja

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 29 Mei 2020 14:15
Awas Terjebak, 5 Pertanyaan ini Sering Diajukan pada Fresh Graduate Saat Interview Kerja
Jangan sampai keliru menjawab ya..

Beberapa dari kita pasti ingin segera mendapat kerja begitu lulus dari kuliah. Maka dari itu nggak mengherankan juga, jikalau kita mencoba untuk melamar kerja di sana-sini.

Disebut sebagai fresh graduate, kadangkala kita belum banyak pengalaman kerja atau bahkan interview dengan pihak perusahaan. Padahal interview adalah salah satu proses penting yang harus kita lalui sebelum benar-benar diterima kerja.

Lantas pertanyaan-pertanyaan semacam apa sih yang seringkali diajukan pada fresh graduate? Merangkum dari akun instagram @liputankerja, berikut beberapa hal yang seringkali ditanyakan.

1 dari 3 halaman

1. Ceritakan Pengalaman

Biasanya pihak perekrut akan meminta kamu menceritakan pengalaman. Nah, pengalaman yang dimaksud adalah tentang keaktifanmu selama kuliah. Bisa jadi berupa pengalaman organisasi, seminar, pelatihan, magang, atau beberapa hal lainnya.

2. Aktivitas Setelah Lulus

Pertanyaan selanjutnya biasanya mengenai kegiatan atau aktivitas apa yang kamu lakukan setelah lulus. Jika kamu bingung harus menjawab seperti apa, akan lebih baik jika kamu menceritakan kegiatan positif yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya pihak perekrut ingin mengetahui apakah kamu sosok yang aktif atau pasif kok.

2 dari 3 halaman

3. Mengapa Lulus dalam Waktu yang Cepat?

Lulus dalam jangka waktu yang terhitung cepat tentu membanggakan dong. Nah, karena itulah pihak perekrut akan mempertanyakan mengapa kamu bisa lulus dalam waktu yang cepat. Sebisa mungkin berikan jawaban secara singkat mengenai proses studi yang kamu jalani. Dan yang terpenting, jangan memberikan jawaban yang terasa menyombongkan diri ya..

4. Mengapa Terlambat Lulus?

Lulus lebih lambat dari waktu yang semestinya bisa saja menimpa siapapun. Jika kamu pun merasakannya dan hal itu kemudian dipertanyakan oleh pihak perekrut, maka tetap perlu menjawab dengan jujur. Hindari memberikan jawaban yang terkesan menyalahkan keadaan, rendah diri, atau bahkan berbau curahan hati.

3 dari 3 halaman

5. Prestasi yang Berhasil Diraih

Tak jarang, pihak perekrut juga akan menanyakan adakah prestasi yang berhasil kamu raih. Sebenarnya poin dari pertanyaan ini adalah perekrut ingin mengetahui, apakah kamu memiliki keinginan untuk berkompetisi atau tidak. Pasalnya, di dunia kerja nantinya akan timbul persaingan dan kamu tentu dituntut untuk jadi karyawan berprestasi.


Nah, itulah beberapa pertanyaan yang seringkali diajukan pada fresh graduate. Udah pada tau kan? Jadi, jangan sampai ragu-ragu untuk menjawabnya ya. Semangat dan semoga berhasil!

Beri Komentar