Biaya Balik Nama Motor, Cara Lengkap, Syarat, hingga Hal Lain yang Perlu Kamu Siapkan

Reporter : Nasa
Selasa, 23 November 2021 13:03
Biaya Balik Nama Motor, Cara Lengkap, Syarat, hingga Hal Lain yang Perlu Kamu Siapkan
Yuk simak cara mengurus balik nama motor beserta tipsnya berikut ini

Biaya balik nama motor harus kamu siapkan sebelum memulai prosedur balik nama dokumen kendaraan pribadimu. Proses balik nama ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memberi kendaraan bekas.

Dokumen atau surat-surat yang mereka terima biasanya masih mencantumkan nama pemilik sebelumnya. Proses balik nama sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi jika kamu ingin melakukan proses balik nama, sebaiknya siapkan waktu luang yang cukup.

Berikut ini syarat-syarat, tips, dan biaya balik nama motor yang musti kamu siapkan sebelum memulai prosesnya :

1 dari 3 halaman

Syarat-Syarat Balik Nama Motor

Sebelum menuju ke Samsat, sebaiknya kamu persiapkan dulu syarat-syarat balik nama motor berikut ini. Kamu bisa bertanya kepada para petugas di lokasi untuk mengetahui loket penyerahan persyaratan balik nama motor

  • KTP asli dan fotokopi pemilik baru;
  • BPKB asli dan fotocopy STNK asli dan fotokopi;
  • Bukti jual kendaraan, bisa berupa kuitansi pembayaran;
  • Bukti cek fisik kendaraan.

2 dari 3 halaman

Biaya Balik Nama Motor

Usai melengkapi beragam persyaratan di atas, kamu juga harus menyiapkan biaya proses balik nama motor. Mulai dari biaya administrasi sampai dengan biaya pembuatan PBKB dan juga STNK.

  • Biaya administrasi Rp 35.000;
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp 35.000;
  • Biaya pembuatan BPKB baru Rp 225.000 Biaya pembuatan nomor polisi baru Rp 30.000;
  • Biaya pembuatan STNK sebesar Rp 50.000;
  • Biaya transfer nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) sebesar 10 persen. Namun tarif dasar yang berlaku biasanya 2/3 kali dari tarif Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD);
  • Pajak Kendaraan Bermotor sebesar 2 persen untuk penyerahan pertama, dan tambahan sebesar 5 persen untuk setiap penyerahan berikutnya
  • Denda apabila ada keterlambatan pajak.

3 dari 3 halaman

Balik nama motor harus diurus segera setelah proses pembelian dari pemilik lama ke pemilik baru selesai dilakukan. Jika menundanya, banyak konsekuensi yang mesti ditanggung seperti kerepotan saat membayar pajak atau menghadapi pemeriksaan tilang.

Jika balik nama tidak segera diurus itu artinya pemilik baru kendaraan harus membawa KTP asli pemilik sesuai yang tertera dalam STNK, untuk membayar pajak tahunan kendaraan tersebut. Dokumen kendaraan pribadi atas nama sendiri dapat mempermudah kamu untuk menunaikan kewajiban membayar pajak.

Nah itu dia artikel terkait info biaya balik nama motor yang sudah dihadirkan sama Diadona. Semoga info kali ini bermanfaat ya..

Beri Komentar