Nama Nama Negara di Benua Asia, Ibukota serta Fakta Unik yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 23 November 2021 13:48
Nama Nama Negara di Benua Asia, Ibukota serta Fakta Unik yang Mungkin Kamu Belum Tahu
Dala daftar nama nama negara berikut tercantum hal-hal unik misalnya keberadaan pohon 'Tree of Life yang sudah hidup 400 tahun di gurun, negara yang paling jarang dikunjungi dan masih banyak lagi

Ada 195 nama nama negara di seluruh dunia yang tersebar di lima benua. dengan masing-masing ibu kota sebagai pusat pemerintahan. Dan sebagai benua terbesar di dunia, Asia memiliki 50 nama nama negara merdeka.

Setiap nama nama negara tentu punya keunikan sendiri. Misalnya, Maladewa dengan keindahan pantainya menjadi salah satu destinai wisata paling populer di Asia. Ngomongin pusat budaya, China adalah tempatnya sementara binis dan industri kini dipegang oleh Jepang.

Sementara di artikel kali ini, Diadona bakalan bahas terlebih dahulu nama nama negara di benua Asia. Nggak cuman ngasih informasi di mana letak ibukotanya, namun juga fakta unik yang singkat tentang negara tersebut. Pantengin yuk!

1 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Asia Tenggara

Nama Nama Negara - LaosNama Nama Negara - Laos © 2021 state.gov

Sebagian besar nama nama negara di wilayah ini masuk dalam kategori negara berkembang. Hanya Singapura saja yang sudah berhasil menjadi negara maju.

Kamboja

Kamboja adalah salah satu dari nama nama negara di Asia Tenggara yang berbentuk monarki atau kerajaan. Buku taktik perang karangan militer Indonesia banyak digunakan oleh militer Kamboja menjelang kemerdekaan mereka. Makanya, bannyakcalon perwira di militer Kamboja yang bisa berbaasa Indonesia. Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh.

Filipina

Ibuko Filipina adalah Manila. Di tahun 2019 lalu, Filipina mengekspor $983M minyak kelapa dan menjadikannya berada di peringkat kedua dalam nama nama negara pengekpor minyak kelapa di dunia.

2 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - VietnamNama Nama Negara - Vietnam © 2021 Jimmy Tran/shutterstock

Thailand

Tak seperti negara lainnya, Thailand adala satu satunya negara yang tak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Rakyat Thailand sangat mencintai Raja dan menghormati monarki. Sepersepuluh dari seluruh penduduk Thailand tinggal di ibukotanya, Bangkok.

Laos

Tahu nggak sih kalau dalam daftar nama nama negara di dunia, Laos adalah negara yang paling banyak dibom. dari tahun 1964 hingga 1973, AS menjatuhkan lebih dari dua juta ton bom di seluruh Laos. 30% dari bom ini tidak meledak makanya tanah Laos nggak cocok buat dijadikan lahan pertanian. Ibukotanya terletak di Vientiane

Vietnam

Meskipun Vietam masuk dalam daftar nama nama negara beriklim tropis, tapi kamu bisa lho menikmati salju di waktu dan di tempat yang tertentu. Tepatnya pada bulan Desember sampai Februari di Sa Pa adalah kota pegunungan yang menawan di Vietnam Utara. Vietnam beribukota Hanoi.

Setelah Brasil, Vietnam adalah pengekspor kopi kedua di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Vietnam telah memproduksi lebih dari 1 juta ton per tahun lho!

Malaysia

Malaysia memiliki sistem monarki bergilir yang unik, di mana sembilan penguasa negara etnis Melayu bergiliran sebagai raja untuk masa jabatan lima tahun. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur.

Myanmar

Dulunya, ibukota Myanmar adalah Rangoon. Lalu di tahun 2005 lalu, junta militer Myanmar memindahkan ibukotanya ke Naypyidaw, sebuah daerah terpencil. Nggak ada yang tahu apa alasannya, namun hingga kini Yangon masih menjadi kota terbesar di Myanmar.

Timor Leste

Timor-Leste adalah salah satu dari nama nama negara di dunia yang paling baru merdeka setelah peperangan dan kekerasan bertahun lamanya. Tingkat kemiskinan di san sangat tinggi, tapi upaya peningkatan taraf hidup masyarakat terus dilakukan dan mulai menunjukkan hasilnya. Ibukota negara ini berada di Dili.

3 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - Brunei DarussalamNama Nama Negara - Brunei Darussalam © 2021 shutterstock.com

Indonesia

Luas daratan Indonesia hanya 1% dari luas daratan Bumi, tapi hutan yang dimiliki merupakan rumah bagi 10 spesies tumbuhan yang dikenal di dunia. Dan tahukah kamu kalau Indonesia masuk dalam sedikit nama nama negara di dunia yang masih menerapkan hukuman mati.

Singapura

Meski negara kecil, namun Singapura merupakan negara yang makmur dengan perekonomiannya yang cukup stabil. Bahkan Bank Dunia menjuluki Singapura sebagai tempat paling mudah untuk berbisnis. Negara dengan ibukota Singapura ini memang punya banyak gedung pencakar langit, tapi tak boleh lebh dari 280 m. Meski begitu, mereka punya banyak taman kota.

Brunei Darussalam

Berbentuk pemerintah kerajaan Islam yang merdeka pada tahun 1984 dengan ibukota Bandar Seri Begawan. Perekonomian Brunei hampir sepenuhnya bergantung pada minyak bumi dan gas alam. Sektor ini memungkinkan mereka mencapai negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di daftar nama nama negara di Asia. Namun, Brunei bergantung pada impor untuk hampir semua barang manufaktur dan sebagian besar bahan makanan.

4 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Asia Selatan

Nama Nama Negara - BhutanNama Nama Negara - Bhutan © 2021 shutterstock.com/Kateryna Mashkevych

Wilayah ini terdiri dari daerah-daerah di anak benua India dan sekitarnya dan kebanyakan negara di sana mendapat pengaruh budaya dari India.

Afghanistan

Ibukota Afganistan adalah Kabul. Dalam beberapa dekade terakhir ini, Afghanistan masuk dalam daftar teratas nama nama negara di dunia yang masuk dalam pemberitaan.

Bangladesh

Bangladesh adalah salah satu daerah paling rawan bencana di dunia. Tercatat ribuan orang tewas dalam bencana topan dan banjir. Ibukota ngara ini adalah Dhaka.

Bhutan

Bhutan adalah satu satunya dalam daftar nama nama negara dengan karbon negatif di dunia berkat hutannya yang rimbun. Artinya, karbon dioksida yang diserap lebih banyak ketimbang yang dihasilkan. Ibukotanya adalah Thimphu.

India

Mesipun populasi umat muslimnya cuman 15%, tapi India punya 300 ribu masjid lho. Sementara itu jumlah kuil Hindu mereka mencapai 2 juta yang diperuntukkan bagi 79.8 % penduduknya. Ibukota India adalah New Delhi.

5 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - MaldivesNama Nama Negara - Maldives © 2021 Ishan @seefromthesky on Unsplash

Maladewa

Maladewa atau Malives sangat populer sebagia tempat wisata yang membuat pendapat perkapita negara tersebut melampaui Indonesia. Ibukotanya adalah Male.

Nepal

Globalisasi dan modernisasi Nepal nggak mempengaruhi udaya leluhur mereka. Delapan dari sepuluh puncak tertinggi di dunia berada di Nepal. Ibukotanya adalah Kathmandu.

Pakistan

Ibukota Pakistan adalah Islamabad. Pakistan punya banyak daftar ilmuwan dan insinyur lho dan menempatkannya di peringat ketujuh dalam daftar nama nama negara di dunia. Ahli microsoft termuda berasal dari Pakista di mana dia disertifikasi pada umur lima tahun. Dan Pakistan cuman satu dari dua negara muslim di dunia yang mengijinkan perempuannya bekerja di bidang tempur. Ibukotanya adalah Islamabad

Sri Lanka

Sri Lanka adalah salah satu negara yang paling terkena malaria pada pertengahan abad ke-20. Tapi kampanye anti-malaria yang mereka galakkan berhasil, dan di tahun 2016 WHO sudah menyatakan negara ini bebas malaria. Pusat pemerintahannya berada di Kolombo.

6 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Asia Timur

Nama Nama Negara - JepangNama Nama Negara - Jepang © 2021 japan.co

Sebanyak 40$ atau 1,5 milyar jiwa penduduk Asia berda di Asia Timur ini. Jadi bisa dibilang jadi wilayah paling padat di dunia. Kepadatan penduduknya sekitar 230 jiwa per km persegi, sekitar lima kali lipat dari rata rata penduduk dunia.

China

Ngomongin negara beribukota Beijing ini mungkin membuat kamu teringat dengan binatang panda yang lucu kan? Tahu nggak sih kalau sebenarnya setiap panda yang hidup di seluruh dunia adalah milik China. Itu artinya kalau kamu melihat panda di manapun nama nama negara di dunia, itu artinya panda tersebut dipinjamkan oleh China.

Hong Kong

Jangan kaget kalau kamu nggak menemukan lantai empat di apartemen atau gedung di Hong Kong. Bagi negara yang juga beribukota Hong Kong itu, “ empat” terdengar seperti kata “ kematian” dalam bahasa Mandarin, jadi dianggap sial.

Taiwan

Taiwan adalah negara pertama dalam daftar nama nama negara di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis lho. Ibukotanya adalah Taipe City

Oh iya, banyak orang mungin berpikir kalau Taiwan adalah bagian dari China, padahal bukan ya. Gelar resmi Taiwan adalah Republic of Cina (RoC), beda dengan Republik Rakyat China (RRC). Sikap resmi RRC sampai saat ini masih merasa memiliki Taiwan, namun pemerintah Taiwan dan penduduk mereka merasa sebaliknya.

Jepang

Diantara nama nama negara di dunia, Jepang memang dikenal sebagai negara maju. Dan tahukah kaum kalau perusahaan tertua di dunia, ternyata ada di Jepang lho. Namanya adalah Kongo Gumi, bisnis tertua yang beroperasi sejak tahun 578 di bidang pembangunan kuil dan tempat pemujaan. Ibukotanya adalah Tokyo.

Korea Selatan

Pengikut Korean Wave pasti tahu nih kalau saat lahir, bayi di Korea Selatan dianggap sudah berumur satu tahun. Mereka merayakan ulang tahun di tanggal mereka lahir, tapi umur mereka nggak berubah sampai tahun baru. Ibukotanya adalah Seoul.

Korea Utara

Ada banyak fakta unik mengenai negara beribukota Pyongyang ini. Mulai dari hanya tersedia tiga saluran televisi yang keseluruhannya dikendalikan negara, pemadamn listrik tiap malam karena krisis energi, dan masih banyak lagi.

Mongolia

Ulanbator adalah ibukota negara Mongolia di mana hampir setengah dari seluruh penduduknya tinggal di kota ini. Suhu rata-rata tahunan Ulaanbaatar adalah sekitar -1,3°C. Musim panas di sini pendek dan hangat sementara musim dingin sangat kering dan sangat dingin. Pada bulan Januari, suhunya bisa mencapai -15 hingga -26 derajat celcius.

7 dari 10 halaman

Nama - Nama Negara di Asia Tengah

Nama Nama Negara - KyrgyzstanNama Nama Negara - Kyrgyzstan © 2021 shutterstock.com/Murrrrr-s

Kawasan ini punya daratan yang sangat luas dan bervariasi, mulai dari dataran tinggi, pegunungan, dan rerumputan. Sebagian besar tnahnya kering dan kasarjadi nggak bisa digunakan sebagai sawah. Makanya, mayoritas penduduk dalam nama nama negara di Asia Tengah ini bekerja sebagai penggembala.

Kazakhstan

Kazakhstan adalah negara terbesar ke-9 di dunia dan negara terbesar yang nggak punya akses ke laut. Di tahun 2009 lalu, negara ini menempati posisi pertama dalam nama nama negara di duia dalam hal poduksi uranium. Ibukotanya adalah Nursultan.

Kyrgyzstan

Sebanyak 70% wilyah negaranya adalah pegunungan. Ditamah dengan suhunya yang ekstrim, penduduknya pun sangat jarang. Dengan jumlah penduduk cuman 5.5 juta di 200 ribu km wilayah, rata-rata hanya terdapat 29.5 orang untuk setiap km persegi tanah. Ibukotanya bernama Bishkek.

Uzbekistan

Beribukota Tashkent, Uzbekistan menjadi tuan rumah tambang emas terbuka terbesar di dunia. Tambang yang terletak di Muruntau di gurun Qizilqum atau gurun Kyzyl Kum diperkirakan menghasilkan sekitar 2 juta ons emas setiap tahunnyalho!

Kemungkinan nih cadangan emas di wilayah tersebut yang sedang dalam prosesproduksi, mencapai 170 juta ons emas. Wah!

Tajikistan

Adalah salah satu dalam daftar nama nama negara yang dikelilingi daratan dan terdiri dari 90 % pegunungan. Ibukotanya diberi nama Dushanbe yang dalam bahasa Tajik berarti Senin. Nama ini dipilih karena wilayah tersebut tumbuh dari desa menjadi tuan rumah pasar setiap hari Senin, dan sangat populer.

Turkmenistan

Sebanyak 70 % wilayah negara ini meliputi gurun pasir. Negara dengan ibukota Ashgabat ini adalah negara yang paing jarang dikunjungi. Bukan, bukan karena wilayahnya yang nggak menarik melainkan sulitnya mendapat visa.

8 dari 10 halaman

Nama- nama Negara di Asia Barat

Nama Nama Negara - Tree of Life di BahrainNama Nama Negara - Tree of Life di Bahrain © 2021 Wikipedia

Wilayah ini lebih dikenal dengan nama Timur Tengah. Peradaban paling awal di dunia, perkembang di Asia Barat.

Azerbaijan

Azerbaijan sering disebut sebagai Tanah Api karena banyak ditemukan perapian tertua di dunia. Ini adalah sisa dari zaman Zoroaster ketika mereka menyembah api ribuan tahun yang lalu. Azerbaijan adalah negara pertama dalam daftar nama nama negara muslim di dunia yang memberikan hak pilih universal kepada wanita. Nama ibukotanya adalah Baku.

Armenia

Negara ini sangat terkenal dengan pemandangannya yang indah, masakannya, budaya dan sejarahnya. Dalam daftar nama nama negara di dunia, Armenis adalah salah satu yang paling aman dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah.

Bahrain

Di Bahrain terdapat sebuah pohon yang dijuluki Pohon Kehidupan. Merupakan pohon Prosopis cineraria setinggi 9.75 meter yang berumur 400 tahun. Pohon satu-satunya yang tumbuh di sebuah bukit di gurun yang tandus dan nggak diketahui dari mana dia memperoleh sumber air. Meski begitu, daun pohonnya tetap rimbun dan hijau. Ibukota Bahrain adalah Manamah.

Lebanon

Lebanon adalah salah satu nama nama negara di dunia dengan jumah hari libur naional yang tertinggi, yakni 16. Peringkatnya hanya diungguli oleh India dan Kolombia yang punya 18 hari. Apa yang terjadi pada negara beribukota Beirut ini? Karena Lebanon punya 18 sekte resmi dan sistem politik yang didasarkan paa pembagian kekuasaan sekterian.

Nama Nama Negara - Arab SaudiNama Nama Negara - Arab Saudi © 2021 onhisowntrip.com

Arab Saudi

Arab Saudi adalag tempat kelahiran Islam dam rumah bagi dua tempat suci Islam, yakni Mekkah dan Madinah. Trus bagaimana bila terdapat warga yang memeluk agama lain? Ternyata nih di an non muslim nggak diberikan kewarganegaraan. Negara ini melarang segala jenis ibadah keagamaan publik buat siapa aja yang bukan muslim. Hanya saja orang-orang bebas menjalankan agama mereka secara pribadi. Ibu kota Arab Saudi adalah Riyadh.

Yordania

Yordania dikenal dengan Laut Mati yang berada di sana. Danau ini sangat terkenal karena punya tingkat garam yang sangat tinggi, hampir sepuluh kali lipat dibanding laut sebenarnya. Yordania juga punya Laut Merah yang beneran laut. Negara beribukota Amman ini merupakan tempat yag stretegis banget antara Afrika, Eropa dan Asia. Makanya dulu tempat ini sangat diperebutkan.

Yaman

Berdasarkan laporan PBB pada 2016-2017, Yaman merupakan negara termiskin di dunia dengan 80 persen populasinya, sekitar 24 juta orang, bergantung pada bantuan. Konflik berkepanjangan membuat rakyatnya berada di ambang kelaparan. Ibukota Yaman adalah Sana'a.

Oman

Menurut Indeks Terorisme Global, Oman adalah salah satu negara teraman di Dunia Arab. Laporan terbaru di tahun 2016-2017 menempatkan Oman dalam daftar nama nama negara dengan terorisme paling sedikit di dunia. Fakta unik lainnya negara beribukota Muskat yakni hampir seluruh rumah Oman memiliki pintu hias atau dekorasi unik.

Qatar

Qatar akan menjadi negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA di tahun 2022 mendatang. Qatar dikenal dengan Qatar Airways, yang merupakan maskapai terbaik di dunia. Sementara bandara Internasional Hamad adalah bandara terbaik ketiga di dunia. Ibukota Qatar adalah Doha.

9 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - IranNama Nama Negara - Iran © 2021 travelwithmansoureh.com

Irak

Irak adalah salah satu negara dengan budaya paling beragam di Timur Tengah. Secara tradisional, lebih dari setengah orang di Irak menikah dengan perjodohan. Kebanyakan dengan sepupu pertama atau kedua mereka. Namun kini, orang-orang di kota besar sudah menikah dengan pilihan mereka sendiri. Ibukotany berad di Baghdad

Suriah

Dalam daftar nama nama negara, Suriah menjadi tempat paling mematikan bagi jurnalis akibat perang yang sedang berlangsung. Di tahun 2014 saja setidaknya 17 jurnalis terbunuh. Gambar satelit menunjukkan kalau Suriah lebih gelap 85% di malam hari setelah perang saudara. Ini menunjukkan kalau perang menghancurkan infrastruktur dan membuat orang-orang keluar dari rumah mereka.

Iran

Persia adalah nama lain negara beribukota Teheran ini. Dan kalau kahir pekan di negara lain adalah hari Minggu, beda dengan Iran. Akhir pekan mereka adalah Kamis dan Jumat di mana beberapa kantor nggak beroperasi. Dan ingat ya, kalau kamu sedang di Iran, jangan mengacungkan jempol karena itu sama aja kayak mengacungkan jari tengah.

Turki

Banyak orang yang salah megira bahwa Istanbul adalah ibukota Turki. Bukan ya, ibukotanya terletak di Ankara. Nama asli dari Turki adalah Bizantium

10 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - KuwaitNama Nama Negara - Kuwait © 2021 shutterstock.com/MikeDotta

Israel

Diantara nama nama negara di dunia, Israel punya museum per kapita yang paling banyak. Di banyak halte bus di Israel juga banyak dijumapi kotak untuk sedekah. Israel beribukota di Jerusalem

Kuwait

Pda bulan Oktober 2019, unit mata uang dinar Kuwait mrupakan yang tertinggi diantara nama nama negara lainnya di dunia. Ibukotanya adalah Kuwait City. Dan tahu nggak sih kalau sebagian besar populasinya, yakni 42.8% mengalami kelebihan berat badan.

Uni Emirat Arab

Banyak yang mengira bahwa Uni Emirat Arab adalah Arab Saudi, atau merupakan satu bagiannya. Padahal, keduanya adalah negara berbeda. Uni Emirat adalah negra fedrasi yang terdiri dari tujuh emirat, atau istilah yang merujuk pada provinsi. Ibukotanya terletak di Abu Dhabi dan kadang kalah populer dengan kota Dubai.

Siprus

Apakah kamu pecinta kucing? Kayaknya cocok banget nih traveling ke Siprus karena mereka punya cagar alam kucing. Ini bermula di tahun 400 M, Helen dari Kosntatinpel mengirim banyak kucing ke Siprus buat berburu ular berbisa. Hampir setiap hari ditemukan kucing dan anak mereka yang terlantar di luar pagar rumah, di cagar alam kucing ini. Peneliti juga pernah menemukan kuburan kucing berumur 9.500 tahun.

Sampai-sampai nih pemerintah menganggarkan 75 ribu euro per tahun khusus buat sterilisasi kucing. Katanya sih ada sekitar satu juta kucing liar yang ditelantarkan pemiliknya karena pandemi.

Membaca daftar nama nama serta fakta unik tentangnya jadi bikin pengen berkunjung kesana, ya kan?

Beri Komentar