Pengertian Management Trainee, Jenis, dan Tujuan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 20 Mei 2020 10:44
Pengertian Management Trainee, Jenis, dan Tujuan
Management Trainee adalah salah satu lowongan kerja favorite jobseekers, terutama para fresh graduate.

Management Trainee adalah merupakan proses pelatihan kepada karyawan baru yang direkrut oleh perusahaan untuk diberikan pengarahan dan wawasan.

Selain itu tujuan dari Management Trainee adalah untuk mengembakan karakter seseorang sebelum menjadi pegawai tetap untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.

Sehingga untuk masa pelatihan Management Trainee adalah tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, minimal 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Untuk menjalankan tugas dalam pelatihan Management Trainee, biasanya perusahaan membayar konsultan yang berpengalaman, sebab mereka menganggap sumber daya manusia merupakan aset yang bernilai tinggi untuk kemajuan perusahaan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas arti dari Management Trainee (MT), langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Retail Management Trainee

Management Trainee adalah © Diadona

Dalam Management Trainee tentunya ada proses lain yang harus kamu pahami untuk menjadi pegawai, salah satunya adalah Retail Management Trainee.

Retail Management Trainee adalah program akselerasi untuk menjadi seorang Manager On Duty (MOD) dalam waktu yang cukup singkat, yaitu hanya 6 bulan saja.

Sehingga kalau kamu pengin naik jabatan, kamu harus membutuhkan waktu dan jenjang yang cukup lama. Sebab urutan jenjang posisi secara normalnya adalah sebagai berikut:

Staff >> Officer >> Assistant Manager >> Manager >> Area Manager >> Operasional Manager

Oleh sebab itu program RMT inilah yang akan memangkas waktu tersebut menjadi sangat singkat. Namun, biasanya program RMT ini hanya dikhususkan kepada sarjana S-1 saja.

Tujuan Program Retail Management Trainee adalah untuk menghasilkan calon-calon Manager On Duty selanjunya. Manager On Duty adalah Assistan Manager yang bertugas memimpin perusahaan setiap harinya dalam suatu shift.

2 dari 3 halaman

Management Trainee Program

Management Trainee adalah © Diadona

Selain itu, kamu juga harus paham tentang Management Trainee Program atau biasa dikenal dengan pelatihan di tempat kerja.

Sebab, Program Management Trainee adalah aspek yang sangat penting bagi karir seseorang.

Sehingga kalau kamu mengikuti program itu, syaratnya adalah peserta dari kalangan warga Indonesia yang baru lulus, baik lulus S1 maupun S2, memiliki keterampilan berbahasa Inggris baik, serta memiliki IPK minimal 3.00.

Selain itu, program ini akan melibatkan peserta pada berbagai proyek yang berdampak terhadap bisnis perusahaan dengan dasar pengetahuan fungsi pemasaran, komunikasi, research and development, dan sumber daya manusia.

Perlu diingat, program ini berlangsung selama 12 bulan untuk mempersiapkan peserta yang  ditugaskan di berbagai area di seluruh Indonesia.

3 dari 3 halaman

Tugas Management Trainee

Management Trainee adalah © Diadona

Program Management Trainee adalah program khusus karyawan baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduation.

Sehingga, dengan menjadi seorang Management Trainee kamu akan melewati proses learning by doing. Namun, sebagian besar perusahaan tidak menerapkan tentang spesifikasi kerja bagi para karyawan Management Trainee.

Tapi, biasanya tugas Management Trainee adalah ditempatkan pada bagian marketing, sales, supply chain atau yang lainnya.

Walaupun demikian, tugas Management Trainee adalah hanya pada pekerjaan kecil dan masih tergolong ringan. Namun kalau sudah mengetahui, mengenal dan paham dari masing-masing job yang lain akan disamakan seperti pekerjaan yang semestinya di bidang itu.

Meski begitu gaji para karyawan baru yang mengikuti Management Trainee adalah mencapai angka 4 juta rupiah. Oleh sebab itu kenapa para fresh graduate gencar mengikuti Management Trainee.

Management Trainee adalah posisi yang jadi incaran banyak fresh graduates.

Beri Komentar