Wajib Disimak! Ini 5 Cara Atasi Jerawat Kistik Agar Tak Meradang

Reporter : Arifina
Sabtu, 26 Maret 2022 09:19
Wajib Disimak! Ini 5 Cara Atasi Jerawat Kistik Agar Tak Meradang
Aduh.... Mau punya kulit wajah yang mulus aja susah banget sih huhuhu

Kemunculan jerawat di wajah memang kerap membuat insecure bagi sebagian besar orang. Apalagi, jika jenis jerawat  yang muncul cukup besar dan memerah.

Hal ini membuat wajah jadi terkesan kurang terawat, dan terlihat kusam. Karenanya, memiliki wajah yang mulus tak berjerawat adalahimpian semua orang.

1 dari 6 halaman

Salah satu jenis jerawat yang paling dihindari adalah jerawat kistik. Jerawat ini disebut juga jerawat batu, atau blind pimples.

Biasanya berupa jerawat merah besar yang berada jauh di bawah kulit dan menyakitkan! Tak ayal banyak yang rela merogoh kocek mahal untuk mendapatkan tampilan yang menarik.

Tapi, hal itu tak sepenuhnya mulus tanpa hambatan lho. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif. Jerawat masih kerap muncul di waktu-waktu tertentu.

Nah, berikut 5 cara mengatasi jerawat kistik agar tak meradang dan menganggu tampilanmu.

2 dari 6 halaman

1. Jangan lakukan pemencetan pada jerawat

Jerawat kistik menempati bagian terdalam kulit, jadi amat dianjurkan untuk tidak mendorongnya keluar ke permukaan. Sebab, hal ini justru ajan menjadikannya lebih parah hingga infeksi.

3 dari 6 halaman

2. Kompres dengan es batu

Kamu perlu menyiapkan es batu untuk penanganan awal. Mengompres dengan es batu akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan akibat peradangan.

Cukup bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih yang lembut. Lalu, kompres jerawat selama 1-2 menit. Beri jeda, dan lakukan beberapa kali ya.

4 dari 6 halaman

3. Pilih produk skincare dengan kandungan benzoil peroksida dan krim hidrokortison

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Perawatan dengan produk skincare untuk kulit berjerawat memang PR banget ya. Khusus jerawat kistik ini kamu wajib memperhatikan kandungan skincare yang akan dipilih.

Pilihlah produk yang mengandung benzoil peroksida dan krim hidrokortison dengan dosis cukup 1 persen saja. Kedua jenis obat ini mampu membantu mengurangi benjolan besar pada area jerawat kistik lebih cepat.

5 dari 6 halaman

4. Lakukan suntikan kortison

Hal ini perlu dilakukan untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Suntikan kortison melibatjan steroid dosis rendah langsung ke jerawat.

Langkah ini akan mengurangi rasa sakit dan peradangan dengan cepat. Namun, jangan coba-coba melakukannya secara mandiri ya. Perlu dalam pengawasan dokter ahli kulit untuk menanganinya.

6 dari 6 halaman

5. Gunakan retinoid

Kandungan perawatan wajah lainnya untuk mengatasi jerawat kistik adalah retinoid. Produk ini merupakan jenis perawatan vitamin A yang cukup kuat.

Kandungan ini dapat mempercepat dan mengatur peluruhan di dalam kelenjar minyak dan mencegah pori-pori tersumbat. Dengan memakainya, maka akan dapat membantu mencegah jerawat kistik muncul kembali di kemudian hari.

5 cara di atas adalah cara-cara yang bisa kamu terapkan buat mengatasi jerawat kistik Diazens, selamat mencoba ya.

Beri Komentar