5 Cara Termudah untuk Cegah Penuaan Dini akibat Paparan Blue Light dari Gadget

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 4 Desember 2021 10:15
5 Cara Termudah untuk Cegah Penuaan Dini akibat Paparan Blue Light dari Gadget
Coba deh lakuin dari sekarang..

Penuaan dini merupakan salah satu permasalahan kulit yang kerap menghantui kaum hawa. Biasanya, penuaan dini ditandai dengan kulit tampak kendur, kusam, muncul garis halus, bahkan adanya flek hitam.

Secara umum, penuaan dini tejadi karena stres, kurang tidur, diet tidak sehat, metabolisme alami kulit, paparan sinar matahari, serta polusi. Namun ternyata, penggunaan gadget juga bisa mempercepat penuaan dini, lantaran adanya blue light.

1 dari 7 halaman

Menurut Shari Marchbein, seorang dokter kulit bersertifikat dan clinical assistant professor di New York University School of Medicine, Amerika Serikat, blue light bisa menyebabkan hiperpigmentasi, munculnya kerutan, serta melemahkan kulit.

Lantas, bagaimana cara mencegah tanda penuaan dini akibat paparan blue light? Melansir dari Allure, berikut ada 5 cara termudah yang bisa dilakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Yuk, simak selengkapnya!

2 dari 7 halaman

1. Pakai sunscreen tiap hari

Ilustrasi memakai sunscreenIlustrasi memakai sunscreen © ozmall.co.jp

Berada di rumah sepanjang hari kadang membuat kita menyepelekan penggunaan sunscreen. Padahal, sunscreen merupakan salah satu skincare yang wajib dipakai, meski kita berada di rumah, di ruang tertutup, atau bahkan saat cuaca sedang mendung.

Menruut American Academy of Dermatology, sunscreen yang direkomendasikan adalah yang memiliki kandungan SPF minimal 30 dengan spektrum luas. Produk semacam ini dipercaya lebih ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

3 dari 7 halaman

2. Gunakan skincare anti-aging secara rutin

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan skincare anti-aging secara rutin dan sedini mungkin untuk memberi proteksi pada kulit. Sebisa mungkin pilihlah skincare anti-aging yang juga mengandung retinol, vitamin C, vitamin B3, dan hyaluronic acid.

Kombinasi tiga kandungan tersebut bisa membantu melembapkan, mencerahkan, dan melawan tanda-tanda penuaan. Hal ini akan membantu kamu memiliki kulit yang cerah, kenyal, kencang, dan bercahaya. So, jangan lupa masukkan skincare anti-aging baik di perawatan pagi maupun malam hari untuk mendapat hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

3. Terapkan pola makan dengan gizi seimbang

Ilustrasi Makan Buah dan SayurIlustrasi Makan Buah dan Sayur © shutterstock.com/id/g/macniak

Melansir dari Cleveland Clinic, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran segar bisa memenuhi asupan nutrisi, meningkatkan pemebntukan sel kulit yang sehat, serta mencegah tanda penuaan. Kombinasikan buah dan sayur yang kaya antioksidan dengan rajin minum air putih agar kesehatan dan kecantikan kulit terjaga.

" Konsumsilah makanan yang baik dan mengandung banyak lemak sehat seperti dari minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Karena makanan itu bisa menyehatkan kulit," ujar Melissa Pilian, MD, dokter kulit yang berbasis di AS.

5 dari 7 halaman

4. Rutin berolahraga selama di rumah

Berada di rumah saja kadang membuat kita jadi malas berolahraga. Padahal, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit loh.

Beberapa penelitian menyebut jika olahraga ringan bisa meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh. Dengan berolahraga rutin, kulit pun akan tampak lebih muda dan bercahaya.

6 dari 7 halaman

5. Istirahat cukup dan hindari stres

Ilustrasi Tidur dan BermimpiIlustrasi Tidur dan Bermimpi © shutterstock.com/g/newafrica

Kurang tidur dan stres berlebih bisa mempercepat penuaan dini loh. Bahkan nih, orang dengan gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini.

Untuk menghindari hal tersebut, maka tidurlah dengan waktu yang cukup yakni 6-8 jam per malam. Dan yang nggak kalah penting, biasakan untuk tidur di waktu yang sama setiap malam.

Beri Komentar