Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Mulai Pakai Skincare Anti-Ageing?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 21 Maret 2022 16:15
Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Mulai Pakai Skincare Anti-Ageing?
Perlukah skincare anti-ageing bisa dipakai sejak dini?

Saat kita berusia muda, kulit dipenuhi tiga protein utama yakni kolagen, asam hialuronat, dan elastin. Kolagen membuat kulit tetap kencang, elastin membuatnya tetap elastis, dan asam hialuronat bertugas memberi kelembapan sekaligus mencegah kulit kering dan kusam.

Namun nggak bisa dipungkiri, kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia. Tanda penuaan kulit ditandai dengan garis halus, kerutan, noda hitam, bahkan kekusaman.

1 dari 5 halaman

Munculnya tanda-tanda penuaan seringkali dipicu oleh stres, AC, radiasi UV, polusi, bahkan diet. Untuk menunda penuaan kulit, kita hanya bisa melakukan pencegahan. Pasalnya, kulit nggak bisa beregenerasi 100% untuk kembali sehat seperti semula.

Lantas perawatan seperti apa yang ampuh mencegah munculnya tanda penuaan? Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mulai memakai skincare anti-ageing? Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan Mengaca © Diadona

Melansir dari Asia One, kerusakan kulit biasanya bersifat kumulatif. Mungkin kamu nggak akan melihat tanda-tandanya sekarang, tapi di dalam kulit kerusakan itu sudah mulai terjadi. Itulah sebabnya, perawatan kulit perlu dimulai lebih awal.

Bentuk pencegahan paling mudah dan paling penting, yakni dengan memakai sunscreen. Disadari atau tidak, radiasi UV merupakan penyebab terbesar munculnya garis halus dan bintik hitam di wajah. Menggunakan sunscreen dengan SPF30 bisa jadi cara pencegahan terbaik yang perlu kamu lakukan.

3 dari 5 halaman

Di usia 20-an, produksi kolagen alami di dalam kulit juga mulai mengalami penurunan. Akibatnya, kulit jadi lebih tipis, mudah kering, serta kurang fleksibel. Dampaknya, muncul garis halus dan kerutan.

Untuk mengatasi hal ini dan menjaga kebutuhan kolagen di kulit terpenuhi, maka skincare dengan kandungan antioksidan adalah pilihan yang tepat. Penting juga untuk memakai tretinoin, retinol, dan retinoid untuk melawan garis halus.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Terpapar Sinar Matahari © Diadona

" Stres oksidatif/radiasi UV memainkan peran penting dalam proses penuaan kulit dengan menciptakan enzim yang mendegradasi kolagen dan elastin, yang pada akhirnya menyebabkan pigmentasi dan kerutan," ujar Naana Boakye dari Bergen Dermatology, New Jersey, AS.

Produksi kolagen baru dan regenerasi sel bisa ditingkatkan dengan menggunakan skincare berbahan vitamin A dan C, peptida, asam hialuronat, serta ceramide. Perawatan dengan bahan alami seperti teh hijau, minyak jojoba, dan delima juga bisa jadi alternatif.

5 dari 5 halaman

Agar kulit tetap awet muda dan terhindar dari tanda penuaan, kulit juga harus tetap terhidrasi. Kulit yang dehidrasi akan tampak lemah, kusam, dan memiliki tesktur serta warna kulit yang tidak merata.

So, pastikan kulit tetap terhidrasi sesuai kebutuhan agar terjaga keindahan dan kesehatannya.

Beri Komentar