Diet Tapi Makan Cokelat? Begini Aturannya Biar Tetap Langsing!

Reporter : Arifina
Rabu, 16 Maret 2022 15:45
Diet Tapi Makan Cokelat? Begini Aturannya Biar Tetap Langsing!
Konsumsi Cokelat Tapi Nggak Bikin Gemuk? Bisa Banget Lho!

Cokelat menjadi salah satu makanan yang difavoritkan banyak orang. Cita rasanya yang enak dan khas ini mampu menaikkan mood penakannya.

 

Sayangnya, makanan yang satu ini kerap menjadi musuh bagi pelaku diet. Hal ini karena, memakan cokelat dinilai memiliki efek yang dapat menaikkan berat badan dalam singkat.

1 dari 5 halaman

Padahal, belum tentu benar. Mengonsumsi cokelat dengan cara yang tepat justru bisa membantu program diet kamu. Kok bisa? Asalkan, kamu tahu aturan dan cara mengonsumsi jenis cokelat yang tepat.

 

Bagi yang sedang berdiet, car aini bisa untuk ditiru agar mood kamu tetap bagus sepanjang hari. Berikut aturan memakan cokelat yang tepat agar tak bikin dietmu gagal:

 

2 dari 5 halaman

ilustrasi diet cokelat © Diadona

Pilihlah jenis cokelat hitam untuk dikonsumsi. Kandungan lemak tak jenuh dalam cokelat ini dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh yang mampu membakar kalori lebih banyak.

 

Sehingga, kalori di dalam tubuh dpat diubah menjadi energi untuk diserap dan menjadikan lemak dalam tubuh berkurang. Selain itu, lemak tak jenuh dalam cokelat hitam juga mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal ini dapat mencegah tingginya kadar hormon insulin di dalam tubuh.

 

Apalagi, kadar insulin yang tinggi dapat menghentikan proses pembakaran lemak. Bahkan, berakibat pada timbulnya rasa lapar walaupun sudah makan. Dengan kata lain, cokelat hitam dapat membuatmu merasakan kenyang yang lebih lama.

3 dari 5 halaman

Dengan mengonsumsi cokelat hitam, kamu akan terhindar dari nafsu makan berlebih saat program diet. Tapi, beberapa aturan ini harus diterapkan supaya mengonsumsi cokelat hitam bisa menurunkan berat badan kamu.

 

Di antaranya, takaran mengonsumsi cokelat. Yakni, dianjurkan sekitar 20 – 30 menit sebelum makan. Mengapa demikian? Ini untuk membantu mengurangi keinginan makan secara terus neberus dengan jumlah yang banyak.  Lebih efektif lagi, jika kamu menerapkan cara ini sebelum jam makan malam.

 

Berikutnya, perhatikan jumlah cokelat yang akan dikonsumsi. Meski cokelat hitam merangsang proses pembakaran lemak, kamu tetap perlu memperhatikan jumlah yang akan dimkan Ketika sedang berdiet.

4 dari 5 halaman

ilustrasi makan cokelat © Diadona

Sebab, alih-alih menurunkan berat badan, jika jumlahnya terlalu banyak maka justru menjadikanmu mengalami berbagai permasalahan lain. Seperti sulit tidur, dehidrasi dan terlalu bersemangat.

Para ahli menyebut, jumlah yang disarankan untuk mendukung program dietmu saat mengonsumsi cokelat hitam adalah sebesar 30 gram saja per hari.

 Cara selanjutnya, mengonsumsi cokelat hitam tidak boleh dengan campuran apapun. Meski identik dengan rasa pahit, jangan coba-coba untuk menambahkan pemanis seperti gula, madu, susu atau produk lainnya.

5 dari 5 halaman

Karena, mengonsumsi secara utuh cokelat hitam akan berguna dalam proses penurunan berat badan kamu lebih cepat. Di samping itu, berdiet juga tetap harus dibarengi dengan pola diet lainnya tubuh ya.

 

Jadi, walaupun sudah mengonsumsi cokelat hitam secara rutin, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat. Disarankan juga agar tetap melakukan olahraga yang teratur biar proses dietmu lebih cepat terlihat.

Beri Komentar