Sering Nggak Sadar, Yuk Kenali Bedanya Keriput karena Stres dan Penuaan Dini!

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 30 Mei 2020 19:30
Sering Nggak Sadar, Yuk Kenali Bedanya Keriput karena Stres dan Penuaan Dini!
Apa sih perbedaanya?

Pastinya setiap perempuan ingin selalu terlihat awet muda ya dan bebas dari kerutan. Tapi, nggak jarang juga hal satu ini sulit dihindari. Apalagi bila kita punya seabrek tugas kantor yang biasanya bikin kita stres.

Stres sendiri memang memberikan pengaruh yang buruk pada kondisi kulit kita termasuk bisa menimbulkan keriput. Apalagi, beda banget nih keriput akibat sres dengan akibat penuaan dini. Apa sih bedanya? Simak yuk ulasannya yang dilansir dari Fimela berikut ini.

1 dari 4 halaman

Beda dengan keriput akibat tanda penuaan, keriput karena stres ini agak sulit lho disamarkan meski kita sudah menggunakan berbagai produk perawatan kulit.

Secara medis, telomer atau pelindung kromosom yang pendek punya hubungan dengan adanya stres kronis dan psikolog. Hal ini bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami keriput.

Keriput akibat stres ini juga secara spesifik muncul pada area tertentu diantaranya seperti di antara alis dan di dahi. Kerutan pada area itu sering juga lho disebut sebagai garis khawatir.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi keriput di wajah © Diadona

Beda lagi nih dengan keriput akibat penuaan dini. Keriput akibat hal satu ini terjadi karena adanya penurunan elastin dan kolagen. Pada usia 20an, tubuh kita mulai memproduksi lebih sedikit kolagen.

Karena itulah, memakai produk perawatan kulit yang membantu merangsang pembentukan kolagen perlu nih untuk mencegah timbulnya keriput. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Keriput karena Stres

Ada beberapa cara lho yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keriput yang timbul akibat stres ini. Praktisi perawat Lori Friedman merekomendasikan beberapa kegiatan yang bisa membantumu mengatasi keriput akibat stres. Apa saja sih itu?

1. Ubah Gaya Hidup

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Yup, sedikit banyak gaya hidup berpengaruh lho terhadap kondisi kamu. So, penting banget menjalani gaya hidup yang sehat. Kamu bisa memulainya dengan membatasi asupan alkohol, hindari merokok, dan makan makanan yang sehat.

2. Tetap Terdehidrasi

Nggak jarang juga lho saat berada di bawah tekanan, kita cenderung lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Jadi, pastikan tubuhmu terdehidrasi ya dengan minum air putih yang cukup. Selain itu, kamu juga bisa melembapkan kulitmu dari luar dengan produk perawatan yang melembapkan.

4 dari 4 halaman

3. Merangsang Kolagen

Merangsang kolagen juga sama pentingnya. Kamu bisa melakukan perawatan kecantikan yang berguna untuk merangsang kolagen. Perawatan ini bisa membantumu mencegah sekaligus menyamarkan kerutan dan garis-garis halus.

4. Tidur yang Berkualitas

Ilustrasi tidur © Diadona

Kita mungkin sering mendengar ya berbagai manfaat yang bisa didapat dari tidur yang cukup dan berkualitas. Memang, tidur yang berkualitas memiliki segudang manfaat salah satunya memperbaiki kersakan pada kulit. Karena itulah, pastikan kamu tidur setidaknya delapan jam per hari.

5. Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen meski di dalam rumah memang bisa dibilang cukup penting. Gunakan setidaknya sunscreen dengan SPF30 terutama di area wajah untuk melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari.

Nah, begitulah perbedaan keriput akibat stres dan penuaan dini. Udah nggak bingung lagi, kan? Semoga membantu, ya.

Beri Komentar