Mau Menangis tapi Nggak Bisa, Kenapa, ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 Januari 2020 09:36
Mau Menangis tapi Nggak Bisa, Kenapa, ya?
Kamu rasanya ingin banget menangis tapi nggak bisa-bisa? Coba baca artikel berikut biar tahu alasanya!

Ketika bahagia, kamu akan tersenyum dan tertawa. Ketika sedih, kamu akan murung dan menangis. Tapi sialnya, khusus untuk bagian menangis, ada kalanya seseorang ingin banget menangis, tapi entah kenapa air mata pun nggak pernah keluar. Kamu pernah mengalaminya?

Bustle (07/12) memublikasikan sebelumnya bahwa depresi bisa jadi menjadi faktor kenapa hal itu bisa terjadi. Annie Wright, seorang psikoterapis, menjelaskan bahwa depresi bisa datang dengan 'pengaruh datar' yang nggak memungkin seseorang untuk merasakannya secara fisik.

Jadi, maksudnya adalah depresi bisa nggak memengaruhi keadaan fisik. Itu berarti keinginan beratmu untuk menangis mungkin disebabkan oleh depresi, bukan sedih, sehingga kamu nggak bisa menangis.

Di samping itu, beberapa orang mungkin mempunyai pemikiran bahwa menangis itu merupakan hal yang buruk, memalukan, pertanda bahwa kamu lemah, dan lain-lain. Pemikiran ini bisa dipengaruhi oleh orang tua pada masa-masa kecil seseorang. Ketika pemikiran ini sudah tertanam, mereka akan cenderung menahan untuk menangis ketika merasa sedih, dan ini akan mempengaruhi aktivitas menangis yang menjadi sulit adi masa dewasa.

"Beberapa orang mengalami trauma dipermalukan ketika menangis sehingga ketika tumbuh mereka menjadi kesulitan menangis, dan sekarang mereka menganggapnya sebagai maladaptif," jelas seorang psikoterapis Karen R. Koening L.C.S.W kepada Bustle.

Jadi, latar belakang sosial ternyata sangat berpengaruh tentang kesulitan menangis. Jika terlahir di lingkungan bahwa menangis dapat diterima, ketika seseorang tumbuh maka ia akan mengekspresikan dirinya apapun emosi yang dirasakan, termasuk menangis. Namun jika berada di lingkungan menangis nggak dapat diterima, misalnya "Cowok kok nangis", maka ketika tumbuh ya akan sulit untuk mengekspesikan diri, terutama menangis.

Nah, sekarang coba pikirkan baik-baik kenapa kamu sulit menangis: Kamu sedang depresi, atau karena latar belakang sosialmu? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar