Jangan Asal, Ini lho Cara Memilih Catok yang sesuai Kebutuhan Rambutmu!

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 28 Mei 2020 22:30
Jangan Asal, Ini lho Cara Memilih Catok yang sesuai Kebutuhan Rambutmu!
Memilih catok sesuai kebutuhan rambut juga penting, lho.

Bagi para perempuan, rambut jadi salah satu elemen penunjang penampilan yang nggak kalah penting. Untuk urusan satu ini, kita semua pasti bergantung pada catok ya. Memang, alat satu ini sangat efektif untuk menata rambut tanpa harus pergi ke salon.

Tapi, menentukan alat catok yang tepat juga bukanlah perkara yang mudah lho. Kadang, kita suka banget nih milih catok secara asal. Tapi, hal ini nggak baik lho untuk rambut.

Memilih alat catok yang sesuai dengan kebutuhan rambut jadi solusi yang tepat. Gimana caranya? Yuk simak sederet tipsnya yang dilansir dari Fimela berikut ini ya.

1 dari 5 halaman

Ketahui Dulu Jenisnya

ilustrasi catok rambut © Diadona

Seperti yang kita tahu, plat pada catok terbuat dari bahan yang beragam ya. Mengetahui jenisnya juga nggak kalah penting nih untuk menentukan catok seperti apa yang kita butuhkan.

Catokan dari bahan ceramic biasanya bisa menghasilkan tekstur rambut yang halus. Beda lagi nih sama catok dari titanium. Jenis satu ini, bisa menghasilkan panas dengan cepat dan merata sehingga cocok buat kamu yang ingin meluruskan rambut yang keriting.

Untuk catok dengan ionic plates, jenis catok ini bisa memproduksi ion negatif yang berguna mengurangi tekstur rambut kaku, kering dan rusak.

2 dari 5 halaman

Pahami Bentuknya

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Setelah mengetahui jenisnya, kita pahami nih bentuknya. Catok sendiri mempunyai bentuk yang variatif dengan fungsi yang beragam.

Bila kamu ingin meluruskan rambut dengan seketika, catokan dengan permukaan lebar bisa kamu pilih. Kalau kamu punya rambut yang tipis, sebaiknya pilihlah catok dengan permukaan yang nggak terlalu lebar agar nantinya hasil rambut kamu nggak terkesan lepek.

Ada lagi catok dengan bentuk melengkung. Model catok satu ini biasanya sekalian berfungsi sebagai alat pengeriting rambut. Variatif banget kan?

3 dari 5 halaman

Tentukan Fungsinya dengan Jelas

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Jenis catok yang beragam tentunya dibarengi dengan fungsi yang beragam juga. Tak hanya digunakan untuk meluruskan rambut, catok sekarang juga bisa digunakan sebagai alat pengeriting rambut.

Jadi, sebelum membeli catok kamu bisa menentukan dulu nih jenis catok apa yang benar-benar kamu ingin dan butuhkan. Jangan sampai salah pilih ya.

4 dari 5 halaman

Pertimbangkan Daya Listrik

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Seperti alat elektronik lainnya, setiap catok membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda. Nah, bila kamu ingin berhemat, pastinya plihlah catok dengan daya listrik yang ekonomis sehingga kamu nggak terbebani dengan tagihan yang kian menumpuk nantinya. Apalagi buat anak kos yang biasanya lebih berhemat ya, cara satu ini perlu banget nih dipertimbangin.

5 dari 5 halaman

Pilihlah Catok yang Ada Pengaturan Suhu

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Seperti yang kita tahu, suhu yang panas jadi salah satu penyebab rambut jadi rusak dan catok membutuhkan hawa panas untuk bekerja. Nah, untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, kamu bisa mulai dari memilih catok yang punya pengaturan suhu. Pastikan kamu memilih suhu yang tepat ya.

Jadi, itulah sederet cara yang bisa kamu coba untuk memilih catok yang tepat. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar