27 Manfaat Kefir Susu Kambing Etawa Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 17:29
27 Manfaat Kefir Susu Kambing Etawa Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Susu kambing masih belum sepopuler dengan susu sapi. Padahal banyak khasiat yang terkandung untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat susu kambing yang harus kamu ketahui.

Susu sudah dipercaya sejak lama untuk melengkapi nutrisi harian kita. Belum lagi, produk ini sering digunakan juga untuk kecantikan. Salah satunya adalah susu kambing dengan segudang nutrisinya. Kandungan susu kambing berbeda dibandingkan dengan susu sapi. Susu kambing memiliki kandungan asam lemak rantai panjang lebih sedikit daripada susu sapi.

Hal ini memudahkan susu kambing mudah untuk dicerna. Selain itu, susu kambing juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin B, Thiamin, Niacin, Vitamin C, selenium dan juga seng. Dari beberapa mineral yang terkandung tersebut maka kita bisa mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat susu kambing yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kambing Etawa

susu © Diadona

Mungkin kamu sudah mengenal dan sering mengkonsumsi susu kambing. Tapi tahukah kamu jika susu kambing juga tidak boleh di remehkan? Berikut adalah manfaat susu kambing etawa yang dapat kamu rasakan jika mengkonsumsinya.

1. Menenangkan sistem pencernaan

Susu kambing bekerja cemerlang bagi yang sedang pengobatan maag. Tak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang dibandingkan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar lebih efektif untuk anak-anak.

2. Bertindak sebagai agen metabolik

Penelitian dan studi yang dilakukan mengungkapkan susu kambing meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya pada orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas.

3. Menghindari penumpukan lendir

Ribuan orang melaporkan susu sapi membuat alergi dan rentan terhadap pernapasan. Susu kambing merupakan alternatif untuk mengobatinya. Lemak yang tinggi dalam susu sapi merupakan alasan penumpukan lendir. Gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing setidaknya sepersembilan yang hadir pada susu sapi. Karena itu, iritasi di usus bisa dihindari.

4. Kaya kalsium

Orang mengonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah keropos tulang, susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

5. Memiliki antiinflamasi alami

Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu dengan mudah memisahkan diri atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Dengan kondisi tersebut, membuat pencernaan menjadi mudah serta gampang diserap tubuh. Orang dengan masalah usus menemukan jawaban yang efektif untuk mengatasi penyakit radang usus. Sifat probiotik dalam susu kambing mendorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

6. Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing memiliki 35 persen asam lemak bila dibandingkan dengan 17 persen dalam susu sapi. Nutrisi dalam susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi seseorang yang tidak toleran dengan lakotosa. Susu kambing bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang memiliki masalah usus. Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan melimpah dalam susu kambing.

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kambing Untuk Kecantikan

ilustrasi wanita © Diadona

Banyak produk susu yang dibuat untuk kecantikan, salah satunya adalah susu kambing. Manfaat kambing untuk kecantikan tentu tidak dapat diremehkan. Berikut adalah manfaat susu kambing untuk kecantikan yang harus kamu ketahui.

1. Melembutkan kulit yang kering

Susu kambing juga mengandung anti pembengkakan yang bisa melembutkan kulit kering dan kulit yang rusak. Ada pula kandungan trigliserid yang bertindak sebagai pelembap alami kulit. Selain itu, tingkat pH pada susu kambing bisa mencegah kulit kering sehingga manfaat susu kambing ini bisa melindungi kulit dengan nutrisi yang terkandung.

2. Melembutkan dan melembabkan kulit

Manfaat susu kambing untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu melembutkan dan melembabkan kulit. Hal ini karena susu kambing mengandung pH yang setara dengan kulit yang akan membuat kulit nampak lembab dan lembut. Cara mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah dengan menggunakan masker susu kambing secara rutin misal 3 kali dalam seminggu.

3. Meregenerasi kulit

Kandungan Alpha Hidroxy dalam susu kambing berguna untuk memberantas sel kulit mati serta mampu mempercepat proses regenerasi kulit. Berkat kandungan tersebut manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah meregenerasi kulit. Susu kambing dapat membuat sel-sel kulit mati hilang, serta pergantian sel kulit baru akan menjadi cepat sehingga kulit anda akan lebih cantik, lembut dan halus.

4. Manfaat susu kambing untuk kecantikan sebagai eksfoliasi

Kandungan Alpha-hydroxyl Acid (AHA) pada susu kambing bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Bahkan, ini juga bisa menghilangkan noda pada wajah.

5. Mengatasi kulit keriput

Kandungan niasin yang terdapat di dalam susu kambing juga berperan membantu kulit agar tidak keriput. Niasin merupakan vitamin B3 yang dibutuhkan kulit untuk menjaga dan memperbaiki kulit keriput menjadi lebih halus dan lembut. Artinya, manfaat susu kambing untuk kecantikan bisa mengatasi kulit keriput.

6. Mengatasi jerawat

Manfaat susu kambing untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengatasi jerawat. Mengaplikasikan susu kambing pada wajah bisa mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini karena susu kambing mengandung alpha hydroxy acid alami, yang merupakan elemen exfoliant alami yang menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit.

Oleh karena itu, manfaat susu kambing secara tidak langsung juga mampu memperbaiki kulit berjerawat. Vitamin yang terkandung pada susu kambing memiliki beberapa sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat. Kandungan beberapa zat aktif dalam formula sabun susu kambing mampu mengatasi dengan optimal gejala-gejala jerawat kemudian menghilangkan secara alami flek-flek bekas jerawat.

7. Menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit

Susu kambing mengandung niasin yang berfungsi melindungi bagian epidermis kulit. Dalam hal ini manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit. Lapisan atau jaringan epidermis kulit adalah jaringan terluar kulit yang berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Akibatnya, kulit bagian luar tidak mudah rusak dan keriput.

8. Mencerahkan kulit

Manfaat susu kambing selain untuk melembutkan kulit, juga digunakan secara luas untuk mencerahkan kulit. Susu Kambing cocok untuk kulit kering, sensitif, eksim, psoriasis. Sabun susu kambing cocok untuk orang yang mempunyai jenis kulit kering atau sensitif, atau juga mempunyai masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Formula yang terdapat dalam susu kambing mampu menetralisir kulit dari kekeringan dan juga bisa menormalkan kulit yang cenderung berminyak. Susu kambing juga diyakini mengandung bahan alami yang bisa mengatasi kulit akibat tersengat sinar matahari terutama untuk kulit pada iklim tropis. Penggunaan susu kambing secara rutin bisa mencegah kulit kasar, kering dan kusam.

9. Membantu menjaga produksi minyak di dalam kulit

Manfaat susu kambing untuk kecantikan selanjutnya adalah menjaga produksi minyak di kulit. Kandungan seng di dalam susu kambing membantu kulit untuk tetap mampu menjaga kulit dari kekurangan atau kelebihan produksi minyak. Akibatnya, kulit yang biasa memakai lulur susu kambing tidak mudah berminyak.

10. Mencegah penuaan dini

Tanda penuaan dini dapat dilihat mulai ada kerut dibagian dahi, pipi, mata dan punggung tangan yang mulai kerut dan kering, penuaan dini terjadi karena kolagen yang juga mulai berkurang. Manfaat susu kambing untuk kecantikan salah satunya bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Caranya adalah dengan melakukan perawatan secara turin masker menggunakan susu kambing atau yogurt susu kambing.

11. Manfaat susu kambing untuk mencegah kanker

Susu mengandung mineral yang penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, mineral yang terkandung dalam susu kambing diyakini mampu mengatasi kulit rusak dan mencegah kanker kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kefir Susu Kambing

kefir © Diadona

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Banyak orang menganggap bahwa kefir ini lebih sehat daripada yogurt. Lalu, manfaat apa saja yang didapat dari kefir susu kambing itu sendiri? Berikut adlah manfaat tersebut.

1. Kefir adalah probiotik

Kefir dapat mengandung hingga 61 mikroorganisme yang berbeda, menjadikannya sumber probiotik yang jauh lebih kuat daripada banyak produk susu fermentasi lainnya.

2. Kefir memiliki sifat antibakteri yang kuat

Kefir mengandung probiotik Lactobacillus kefiri dan karbohidrat kefiran, yang keduanya melindungi dari bakteri berbahaya.

3. Kefir dapat meningkatkan kesehatan tulang dan menrunkan risiko osteoporosis

Kefir yang terbuat dari susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan kefir susu penuh lemak juga mengandung vitamin K2. Nutrisi ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang.

4. Probiotik di dalamnya dapat membantu berbagai masalah pencernaan

Probiotik seperti kefir dapat mengobati beberapa bentuk diare. Mereka juga dapat menyebabkan peningkatan pada berbagai penyakit pencernaan.

5. Kefir rendah laktosa

Kefir rendah laktosa karena bakteri asam laktatnya telah mencerna laktosa sebelumnya. Orang yang mengalami intoleransi laktosa sering dapat minum kefir tanpa masalah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sabun Susu Kambing

sabun susu kambing © Diadona

Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar susu kambing. Salah satunya untuk mengambil manfaat susu kambing ini adalah dengan produk sabun. Bagaimana dengan manfaat yang terkandung? Berikut adalah manfaat yang didapat dari sabun susu kambing.

1. Menutrisi kulit

Susu kambing dikemas dengan vitamin, seperti A, B1, B6, B12, C, D, E, dll, dan mineral, seperti seng, tembaga, besi, selenium, dll. Selain itu juga mengandung asam lemak, asam amino, asam sitrat, antioksidan dan enzim. Semua ini diperlukan tidak hanya untuk tubuh kita tetapi juga penting untuk kulit kita. Namun, bagian terbaiknya adalah manfaat susu kambing dapat menembus lapisan permukaan kulit dengan cepat dan memberikan masing-masing jaringan nutrisi yang cukup. Jadi, penggunaan sabun susu kambing secara teratur dapat memberi makan kulit dan menyehatkannya dari dalam.

2. Menyembuhkan infeksi kulit dengan cepat

Manfaat susu kambing dapat menenangkan kulit kita tanpa menyebabkan gatal. Di sisi lain, manfaat susu kambing juga menawarkan efek anti-mikroba yang efektif. Oleh karena itu, sabun yang dibuat darinya dapat dengan mudah digunakan untuk menyembuhkan infeksi kulit, seperti rosacea, eksim, psoriasis, dan dermatitis kontak lebih cepat.

3. Menjaga keseimbangan pH kulit

Sabun susu kambing membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh kita dengan sempurna. Telah ditemukan bahwa susu kambing mengandung asam lemak tertentu bernama asam kaprilat, yang menurunkan keseimbangan pH sabun dan membuatnya hampir mirip dengan tubuh manusia. Hasilnya, kulit kita dapat menyerap sebagian besar nutrisi dari sabun dan mencegah serangan kuman dengan sukses.

4. Perbaikan kulit yang lebih cepat rusak

Susu kambing diperkaya dengan asam alfa hidroksil , yang mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang segar dalam tubuh kita. Manfaat susu kambing yang satu ini dapat membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak, memberi kita tampilan muda dan bersemangat.

5. Membersihkan kulit secara mendalam

Sabun susu kambing adalah sabun batangan buatan tangan yang tidak mengandung deterjen keras atau senyawa kimia berbahaya. Komponen asam laktat dari susu kambing murni diketahui memainkan peran kunci dalam membersihkan kulit kita dengan menghilangkan kotoran . Ini juga mengandung asam alfa hidroksi yang memecah ikatan antara sel-sel mati dan menghilangkan lapisan permukaan kulit yang kusam untuk memberikan kulit penampilan bersih. Selain itu, sabun ini kaya akan bahan alami, yang bekerja dengan lembut tanpa menyebabkan kekeringan yang berlebihan.

Jadi apakah kamu semakin tertarik untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk dari susu kambing? Tulis komentarmu di bawah ya!

Beri Komentar