17 Manfaat Rebusan Sari Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 18:31
17 Manfaat Rebusan Sari Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil
Banyak produk kesehatan menggunakan bahan dasara kacang hijau untuk dimanfaatkan khasiatnya. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut adalah manfaat kacang hijau yang harus kamu ketahui.

Kacang hijau adalah bahan makanan yang mudah untuk ditemukan. Warung, toko, atau pedagang keliling juga banyak yang menjual produk olahan dari kacang hijau ini. Selain rasanya yang enak jika diolah, nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau ini juga sangat banyak. Maka dari itu berikut adalah manfaat yang dapat dirasakan dalam kacang hijau yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © pixabay.com

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan dan diolah. Nutrisi yang terkandung pun sangat banyak, sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Mempertahankan tulang yang kuat

Manfaat kacang hijau ternyata mampu mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin. Hal ini disebabkan oleh kandunagn vitamin K pada kacang hijau yang juga mampu menyembuhkan luka dan dapat melakukan pembekuan darah.

2. Membuat bugar selama masa kehamilan

Kacang hijau memiliki kandungan mangan yang bisa melawan radikal bebas. Karena mangan merupakan co-faktor dari antioksidan. Oleh sebab itu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yaitu bisa membuat bugar selama masa kehamilan.

3. Mengatasi morning sickness

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin B2 dan B1 membuat kacang hijau dapat mengatasi gejala muntah pada ibu hamil. Biasanya morning sickness dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Untuk itu rasakan manfaat kacang hijau dengan cara mengkonsumsi berbagai olahan kacang hijau saat trimester pertama.

4. Dapat membuat lebat rambut sang bayi

Wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan sel, sehingga manfaat kacang hijau yang dapat dirasakan adalah untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat.

5. Untuk kulit yang cerah dan kecerdasan bayi

Manfaat kacang hijau sangat baik untuk kulit bayi. Ibu hamil disarankan untuk meminum air rebusan kacang hijau, atau dalam bentuk bubur. Sebuah penelitian pernah dilakukan dengan ketepatan mutlak bahwa kacang hijau memiliki protein nabati dan asam folat tinggi. Kacang hijau dapat menjernihkan air ketuban dan membuat kulit bayi menjadi putih bersih. Tak hanya itu, manfaat kacang hijau lainnya adalah dapat membuat bayi juga bisa cerdas.

6. Penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium (27 mg/200 gram) dan fosfor (99 mg/100 gram) yang terdapat dalam kacang hijau sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang yang juga dibutuhkan oleh janin. Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bubur Kacang Hijau

bubur kacang hijaububur kacang hijau © storyofakitchen.com

Manfaat kacang hijau ini dapat dirasakan dengan membuatnya sebagai bubur kacang hijau untuk mempermudah dalam mengonsumsinya atau pemakaiannya. Berikut adalah manfaat kacang hijau dengan proses yang dijadikan bubur.

1. Mengurangi keluhan pasca menopause

Manfaat kacang hijau selanjutnya yaitu bisa mengurangi keluhan pasca menopause. Konsumsi kacang hijau secara rutin pada wanita yang sedang pada masa menopause dapat mencegah osteoporosis dan dapat membentuk sel tulang baru.

2. Mengobati anemia

Mengonsumsi kacang hijau secara rutin disarankan untuk kamu yag mempunyai riwayat anemia, karena manfaat kacang hijau ini dapat mengobati anemia. Kandungan zat besi pada kacang hijau ini cukup tinggi dan baik sehingga bagus untuk mengatasi anemia.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah. Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sari Kacang Hijau

sari kacang hijausari kacang hijau © qigongresearchsociety.com

Manfaat kacang hijau yang dapat diambil adalah dari sarinya. Sari kacang hijau sudah menjadi makanan yang populer untuk kesehatan sejak dulu. Ilmu pengobatan tradisional China percaya kalau kacang hijau melepaskan panas dan racun dari dalam tubuh, hal ini yang dipercaya dapat menjadi pengobatan. Tidak hanya itu saja, masih ada manfaat kacang hijau lainnya yang dapat kamu ketahui.

1. Menurunkan kolestrol

Kandungan kalori serta lemak tak jenuh pada kacang hijau mampu menurunkan kolestrol. Salah satu manfaat kacang hijau ini adalah dapat menurunkan kolestrol yang tinggi menjadi normal. Konsumsi sari kacang hijau secara rutin agar kolestrol bisa turun dengan cepat.

2. Mencegah kanker

Karsiogenik merupakan salah satu pemicu sel kanker untuk berkembang pada tubuh. Kandungan klorofil pada kacang hijau ternyata dapat membantu memusnahkan efek karsiogenik ini, sehingga manfaat kacang hijau lainnya adalah dapat mencegah kanker.

3. Menurunkan berat badan

Kacang hijau bisa menjadi salah satu bahan makanan bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Pastinya kebutuhan nutrisi kamu akan terpenuhi dan kamu akan merasa kenyang lebih lama.

4. Menjadikan kulit mulus

Pengobatan tradisional China percaya kalau kacang hijau bisa mendinginkan tubuh dan melepaskan panas dari dalam. Suhu tubuh yang tinggi diyakini bisa memicu berbagai masalah kulit, antara lain inflamasi, jerawat, ruam, berminyak, dan kusam. Sehingga menjadikan manfaat kacang hijau ini dapat membuat kulit menjadi lebih bersih.

5. Membersihkan racun dari dalam tubuh

Pengobatan ayurveda, China, dan ilmu medis modern meyakini kacang hijau sebagai bahan alami yang ampuh untuk detoksifikasi. Kacang hijau bisa membersihkan racun dari dalam darah dan saluran pencernaan. Sementara pencernaan yang lancar dan baik akan berdampak langsung pada penampilan kulit. Jika pencernaanmu bagus, kulit akan jauh dari berbagai masalah kecantikan seperti jerawat dan alergi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau

rebusan kacang hijaurebusan kacang hijau © rouxbe.com

Air rebusan dari kacang hijau yang telah direbus selama 20-30 menit atau sampai matang ternyata juga dapat dimanfaatkan. Hal ini karena nutrisi kacang hijau akan ikut tercampur dengan air rebusan. Berikut adalah manfaat air rebusan kacang hijau.

1. Menghilangkan bekas cacar dan jerawat

Selain untuk kesehatan, manfaat kacang hijau ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cacar dan jerawat. Caranya, rendam kacang hijau semalaman kemudian tumbuk sampai halus. Aplikasikan ke wajah dan tunggu mengering lalu bilas hingga bersih.

2. Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi

Kacang hijau memiliki kandungan enzim-enzim aktif dan juga vitamin B1. Kandungan tersebut mampu meningkatkan penyerapan nutrisi pada tubuh dan bisa menjaga kesehatan tubuh.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat kacang hijau ini sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini karena indeks glikemik pada kacang hijau sangat rendah sehingga bisa membuat kladar gula dalam darah ikut menurun.

Beri Komentar