Berapa Lama sih Masa Kadaluwarsa Lipstik setelah Dibuka?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 28 Mei 2020 06:30
Berapa Lama sih Masa Kadaluwarsa Lipstik setelah Dibuka?
Seperti makanan, lipstik juga punya masa kadaluwarsa lho.

Lipstik bisa dibilang salah satu item makeup yang nggak pernah ketinggalan bagi kita para perempuan. Tak jarang, kita sampai punya lebih dari satu warna lipstik dalam tumpukan makeup. Saking banyaknya, kadang kita sering lupa ya kapan membelinya dan sudah berapa lama lipstik itu dibuka.

Sama seperti makanan, lipstik juga punya waktu kadaluwarsa lho. Lalu, berapa lama sih lipstik bisa dibilang kadaluwarsa setelah dibuka? Simak ulasanya yang dilansir dari makeup.com berikut ini ya.

1 dari 4 halaman

Masa Kadaluwarsa Lipstik

Ilustrasi Perempuan Memakai Lipstick © Diadona

Menurut kimiawan brand kecantikan L’Oréal Roselin Rosario, rata-rata waktu kadaluwarsa lipstik yakni sekitar 12-24 bulan atau 1-2 tahun setelah dibuka.

“ Waktu penggunaan lipstik biasanya bervariasi dari 12 hingga 24 bulan setelah pembukaan,” jelas Rosario.

Lama penyimpanan ini juga tergantung dengan formula lipstik dan kemasannya. Rosario mengatakan setiap jenis lipstik punya komposisi yang berbeda-beda.

" Komposisi lipstik yang berbentuk peluru sangat berbeda dibandingkan dengan lipstik cair, bahkan lipstik dalam kategori yang sama sekalipun," katanya.

2 dari 4 halaman

Selain itu, kualitas lipstik bisa mengalami penurunan dan perubahan lho seiring berjalannya waktu.

" Seperti semua jenis produk kosmetik, (kualitas) lipstik bisa memburuk dan berubah seiring waktu," kata Rosario.

Hal ini biasanya ditandai dengan formula lipstik yang mengering atau berair dan juga pigmentasi warnanya yang kian memudar.

Rosario menjelaskan ada beberapa faktor yang bisa mempercepat perubahan ini diantaranya adalah kondisi suhu dan sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Penggunaan Lipstik

Ilustrasi wanita Memakai Lipstik 1 © Diadona

Untuk jangka waktu tertentu, Rosario merekomendasikan untuk memeriksa simbol PAO (periode setelah pembukaan) pada kemasan setelah kamu membukanya.

Simbol ini biasanya ada di dekat barcode dan terlihat seperti toples kecil dengan nomor dan huruf " M" di dalamnya. Selain itu, ia juga menambahkan untuk tak menggunakan lipstik yang sudah dibuka lebih dari 24 bulan atau dua tahun.

 

4 dari 4 halaman

Apa sih bahayanya menggunakan lipstik yang kadaluwarsa?

Melansir dari situs halodoc.com, menggunakan lipstik yang kadaluarsa bisa menyebabkan alergi pada bibir. Lebih parahnya lagi, hal ini bisa menyebabkan perubahan pada bibir seperti bibir jadi tampak gelap, bibir kering sampai timbulnya bintik-bintik di bibir.

Karena itu, lebih baik bila kita tak menggunakan lipstik melebihi batas kadaluwarsanya ya. Semoga membantu.

Beri Komentar