5 Tips Mengatasi Depresi agar Kembali Produktif

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 Januari 2020 09:44
5 Tips Mengatasi Depresi agar Kembali Produktif
Jangan jadikan depresi menjadi alasan kamu nggak produktif. Ikuti tips-tips berikut untuk mengatasinya!

Depresi memang menyebalkan. Sepanjang hari bisa nggak ada semangatnya sama sekali, dan bawaannya males mau ngapa-ngapain. Padahal, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Kalau kamu termasuk orang yang lagi depresi dan ingin tetap produktif, yuk intip artikel berikut yang telah kami rangkum dari YourTango (07/12).

1 dari 5 halaman

1. Stop Rebahan

Emang sih, rebahan itu enak. Kasur ibarat magnet yang terus-terusan menarik tubuhmu untuk tiduran. Kalau begini terus, bagaimana bisa kamu produktif? Meski kamu lagi depresi, seenggaknya jangan rebahan terus. Atau yang ada kamu nggak bakal ngapa-ngapain seharian!

2 dari 5 halaman

2. Olahraga

ah, daripada rebahan, mending olahraga. Ditambah lagi, olahraga itu menghasilkan hormon endorfin. Tahu apa itu endorfin? Yaitu sejenis zat kimia yang dapat membuat seseorang merasa senang. Dengan kata lain, hal ini sangat untuk kamu yang nggak punya semangat sama kali akibat depresi.

3 dari 5 halaman

3. Selesaikan Satu Hal

Daripada kamu memikirkan tentang banyak hal bagaimana kejamnya hidup, lebih baik kamu memikirkan satu hal--satu hal saja--apa yang akan kamu capai, atau setidaknya selesai untuk dilakukan. Entah itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang, hal ini bisa membuatmu lebih termotivasi untuk lebih produktif dan mengurangi depresi itu.

4 dari 5 halaman

4. Kerjakan Apa yang Bisa Dikerjakan

Ya, kami ngerti. Ketika depresi, pasti ada yang nggak bisa kamu lakukan sama sekali. Entahlah, rasanya nggak bisa aja. Misalnya, menerima panggilan telepon, entah dari siapa.

Cuma, jika emang ada yang nggak bisa kamu lakuin, pasti ada yang bisa kamu lakuin, dong? Nah, coba pikirkan apa yang bisa kamu lakukan. Kamu mungkin bisa memulainya dari membereskan tempat tidur, jalan-jalan sekeliling rumah, atau hal lainnya.

5 dari 5 halaman

5. Ingat Apa Tujuanmu

Kamu sedang berjuang melawan depresi dan mencoba untuk kembali produktif. Ya, kami tahu itu. Pasti ada saat di mana kamu akan merasa 'down' lagi, entah apa yang menyebabkannya. Nah, ingat-ingat lagi apa tujuanmu. Jangan sampai dirimu kembali ke dirimu yang dulu: seseorang yang depresi dan nggak punya motivasi.

 

Nah, sekarang kamu sudah siap, kan memerangi depresi agar kembali produktif? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar