Retinol Vs Niacinamide, Mana yang Aman untuk Kulit Pemula?

Reporter : Diba
Kamis, 20 Juli 2023 13:00
Retinol Vs Niacinamide, Mana yang Aman untuk Kulit Pemula?
Bingung mau pakai retinol atau Niacinamide dulu? Ini penjelasannya.

Pemakaian retinol dan niacinamide memang sangat booming akhir-akhir ini. Apalagi banyaknya produk skincare lokal yang memiliki kualitas bagus membuat banyak pemula bingung skincare apa yang cocok mereka pakai terlebih dahulu. Retinol vs niacinamide, mana yang aman untuk kulit pemula? Begini penjelasan lengkapnya.

Jika ditanya mengenai 2 bahan aktif retinol dan niacinamide, memang keduanya memiliki fungsi yang mampu mempertahankan kecantikan kulit wajah. Akan tetapi beda cerita jika dua bahan ini akan digunakan pada kulit pemula atau orang yang baru saja akan mencoba memakai skincare.

1 dari 4 halaman

Retinol Vs Niacinamide © Diadona

Sebaiknya, untuk kulit pemula menggunakan basic skincare saja seperti toner, serum, moisturizer dan sunscreen yang tidak memiliki bahan aktif. Ini bertujuan agar kulit tidak kaget pada bahan yang akan diaplikasikan padanya.

Namun, jika kamu adalah pemakai skincare pemula tetapi bukan yang pertama kali untuk memakai skincare, maka dosis retinol dan niacinamide yang akan kamu pakai perlu diperhatikan jika tidak wajah kamu akan breakout seperti munculnya jerawat hingga kemerahan.

2 dari 4 halaman

Retinol Vs Niacinamide © Diadona

Untuk pemula yang akan memakai retinol dan niacinamide, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

1. Memakai serum retinol atau niacinamide dengan kandungan dosis di bawah 1%.
2. Pemakaian kedua bahan aktif hanya boleh 1 kali seminggu.
3. Tidak disarankan untuk menggabungkan retinol dan niacinamide dalam satu pemakaian.
4. Gunakan toner untuk melembabkan saat penggunaan dua produk tersebut.
5. Jika tidak cocok, maka pemakaian perlu dihentikan.
6. Ibu hamil tidak boleh memakai bahan skincare yang memiliki retinol.

Lalu jika harus memilih salah satunya, mana yang harus dipakai retinol atau niacinamide? Berikut penjelasan fungsi retinol vs niacinamide yang telah diadona rangkum dari berbagai sumber.

3 dari 4 halaman

Retinol Vs Niacinamide © Diadona

Fungsi retinol sendiri adalah untuk mengurangi penuaan dini seperti garis-garis halus pada wajah. Dilansir dari siloamhospital.com dan halodoc.com, selain mengurangi penuaan dini retinol juga berguna untuk meratakan warna kulit, mengurangi jerawat, mengecilkan pori-pori, mengatasi hiperpigmentasi kulit, serta mampus menghilangkan bintik hitam.

4 dari 4 halaman

Retinol Vs Niacinamide © Diadona

Sedangkan, fungsi niacinamide adalah untuk mencerahkan kulit wajah dari sebelumnya. Untuk fungsi lainnya, niacinamide juga memiliki manfaat yang sama dengan yang diberikan oleh pemakaian retinol.

Jadi, retinol vs niacinamide, mana yang aman untuk kulit pemula? Jawabannya tergantung dengan kebutuhan kulit kamu!

Beri Komentar