15 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya tuh Kayak Gini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 20 Juni 2020 23:03
15 Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya tuh Kayak Gini loh!
Kenali penyebab bau badan yang bisa juga karena makanan.

Penyebab bau badan bisa dari makanan yang biasa kita konsumsi loh! Pasti ngganggu banget ya kalau bau badan buat buat beraktivitas sehari-hari. Bikin nggak pede juga.

Nah, penting nih kita ketahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Penyebab bau badan ini bisa bermacam-macam, dari kebiasaan kita yang nggak tepat sampai makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam medis, bau badan dikenal dengan bromhidoris, osmidrosis atau ozochrotia. Hal ini terjadi karena bakteri memecah keringat menjadi asam.

1 dari 8 halaman

Makanan Penyebab Bau Badan

Penyebab Kolesterol TinggiPenyebab Kolesterol Tinggi © Unsplash/ robinstickel
Pertama, kita bahas dulu dari segi makanan penyebab bau badan ya. Deretan makanan dan minuman di bawah ini perlu kamu batasi mengonsumsinya.

Junk Food


Makanan olahan ini mengandung garam, gula, tepung, minyak terhidrogenasi dan bahannya yang terlalu banyak dan cenderung membusuk di perut. Karena mereka membusuk di perut maka bisa membuat napas di mulut jadi tidak enak begitupun dengan bau badan.

Karbohidrat Rendah


Makanan yang mengandung karbohidrat rendah menyebabkan terlalu banyak protein yang diserap tubuh. Sehingga bisa membantu membakar timbunan lemak di tubuh. Nah proses melepaskan keton ke aliran darah inilah yang menjadi penyebab bau badan.

2 dari 8 halaman

Produk Susu

Ilustrasi Kue Brownies KejuIlustrasi Kue Brownies Keju © Brilio.net
Makanan dan minuman produk susu mengandung protein yang banyak. Saat protein diolah oleh tubuh maka menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang bisa menimbulkan bau busuk.

Gorengan


Makanan yang digoreng mengandung lemak dan minyak yang menjadi tengik dan mengarah pada pencernaan yang buruk. Saat perncernaan menjadi buruk, hal ini juga berpengaruh pada bau badan.

3 dari 8 halaman

Rempah-rempah

Ilustrasi rempahIlustrasi rempah © 2019 https://www.diadona.id/hungryforever.com
Indonesia memang kaya akan rempah-rempah. Misalnya nih ya kayak bawang putih, bawang merah dan kari. Namun, aroma yang kuat dari rempah-rempah ini bisa jadi penyebab bau badan loh guys!

Soalnya menghasilkan gas sulfur yang diserap darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Sehingga bisa menimbulkan bau nggak sedap di mulut maupun badan.

Daging Merah


Daging merah perlu kita kurangi untuk mengonsumsi. Sebab membutuhkan waktu lebih lama untuk tubuh mencernanya. Saat makanan tidak hancur maka terciptalah racun dan gas berbau busuk yang jadi penyebab bau badan.

4 dari 8 halaman

Tembakau

ilustrasi wanita merokokilustrasi wanita merokok © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com
Yap rokok nggak hanya menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya tapi juga bau keringat yang nggak enak. Asap rokok yang bercampur dengan unsur lain dan keluar dari kelenjar keringat inilah yang bisa menimbulkan bau nggak enak. Bahkan meski kamu berhenti merokok, baunya tetap menempel di badan selama berminggu-minggu.

Alkohol dan Kafein


Perlu membatasi minuman yang mengandung kafein nih guys, kayak kopi, teh, cokelat bahkan soda. Soalnya badan jadi tidak nggak segar lagi dan bau.

5 dari 8 halaman

Kolin

Ilustrasi telur rebusIlustrasi telur rebus © 2019 https://www.diadona.id/onceuponachef.com
Ada juga makanan yang mengandung kolin seperti telur, hati, kacang-kacangan dan seafood yang baunya amis bisa memberikan bau badan serupa dengan bau ikan. Beberapa orang yang nggak bisa mencerna makanan ini dengan baik akan jadi penyebab bau badan tidak sedap.

Seafood


Makanan seafood atau dan minyak ikan mengandung asam amino dan berbau amis. Itu kenapa bisa menyebabkan bau nggak sedap di badan.

Sayuran Cruciferous


Sayuran cruciferous ini masuk dalam jenis Brassicaceae, seperti brokoli, kembang kol dan kale. Nah penyebab bau badan dari sayura-sayuran ini karena mengandung belerang yang akan terurai dalam tubuh. Kemudian berubah menjadi hidrogen sulfida yang baunya busuk. Jadi jangan mengonsumsi secara berlebihan ya!

6 dari 8 halaman

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau BadanPenyebab Bau Badan © cbc.ca

Banyak yang mengira kalau penyebab bau badan berasal dari keringat. Padahal keringat itu sebenarnya nggak ada baunya loh! Bau badan terjadi karena bakteri yang ada di dalam kulit berkembang biak di dalam air keringat makanya jadi muncul bau tidak sedap.

Nggak hanya itu, bakteri-baketri ini mengubah air keringat menjadi asam. Selain karena makanan dan bakteri, ada juga penyebab bau badan lainnya yang perlu diwaspadai guys!

1. Mengalami infeksi di kulit juga bisa menimbulkan bau badan yang nggak sedap, seperti:

  • Eritrasma, infeksi kulit dikarenakan bakteri.
  • Trichomycosis axillaris yaitu infeksi di folikel rambut ketiak.
  • Intertrigo yaitu kondisi munculnya ruam di kulit yang menyebabkan bau nggak sedap.
  • Infeksi parasit di vagina atau vaginosis bakteri.

7 dari 8 halaman

2. Kekurangan Vitamin dan Mineral


Mengonsumsi makanan tidak sehat serta kekurangan vitamin dan mineral juga bisa jadi penyebab bau badan. Sebab terjadilah malabsorpsi yang mana tubuh tidak menyerap nutrisi dari makanan.

3. Obesitas


Saat badan mengalami obesitas membuat pori-pori jadi tersembunyi di lipatan tubuh. Sehingga kulit menjadi lembab, hangat dan gelap. Nah tempat seperti ini membuat bakteri betah dan menimbulkan bau.

4. Kondisi Medis


Masalah kesehatan seperti stres, kanker stadium akhir dan lainnya jadi penyebab bau badan yang tidak sedap. Ada juga ganguan metabolisme tubuh yaitu trimethylaminuria yang memicu bau amis karena tubuh tidak nggak bisa memecah zat kimia trimethylamine atau asam amino.

8 dari 8 halaman

Penyebab Bau Badan dan Cara MengatasiPenyebab Bau Badan dan Cara Mengatasi © dettol

Nah untuk mengatasi bau badan bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Mandi air hangat bisa membunuh bakteri yang ada di kulit. Aalagi saat udara sedang panas tubuh mengeluarkan banyak keringat. Tapi bukan berarti air dingin nggak baik ya. Asal mandi lebih dari sekali dalam satu hari itu bisa menjaga bau badan tetap segar kok.

2. Menggunakan sabun antibakteri untuk membunuh bakteri di tubuh penyebab bau badan.

3. Menghindari makanan pedas, karena bisa menimbulkan keringat berlebih.

4. Memakai pakaian yang longgar dan dari serat alami. Sehingga kulit bisa bernapas. Saat terjadi penguapan keringat juga jadi lebih baik.

5. Minum air putih yang banyak dan mengonsumsi makanan kaya akan serat seperti apel, jeruk, stroberi, tomat, anggur, nanas, pisang dan semangka juga bisa bantu mengatasi bau badan.

Nah jadi itulah penyebab bau badan dan cara mengatasinya. Menjaga kebersihan dan makanan yang dikonsumsi itu penting loh! Jadi yuk, mulai merawat tubuh dengan baik dari sekarang!

Beri Komentar