Anti Ribet, Ini 8 Cara Memutihkan Mata Kaki Secara Alami

Reporter : Arifina
Rabu, 5 Juli 2023 20:50
Anti Ribet, Ini 8 Cara Memutihkan Mata Kaki Secara Alami
Kaki bersih bikin makin pede!

Mata kaki yang kusam atau berwarna gelap seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang. Warna yang gelap dan kasar pada mata kaki membuat penampilan kurang cantik dan tak enak dipandang.

Seakan dianggap sepela, namun kondisi ini dapat memengaruhi penampilan dan membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika menggunakan alas kaki terbuka. Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu memutihkan mata kaki dan mengembalikan kecerahan secara alami lho!

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara memutihkan mata kaki secara alami tanpa ribet. Simak yuk!

1 dari 8 halaman

Lemon

Ilustrasi Lemon © Diadona

Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada lemon menjadikannya kerap dijadikan sebagai bahan utama pembuatan skinxare. Fokusnya, tentu saja untuk mencerahkan.

Tak hanya ampuh untuk wajah, ekstrak lemon juga dapat membantu mencerahkan mata kaki yang gelap lho! Caranya pun mudah, cukup iris-iris lemon lalu gosokkan pada bagian mata kaki yang menghitam.

Lakukan rutin dua kali sehari setiap sebelum dan sesudah tidur agar hasilnya optimal ya!

2 dari 8 halaman

Mentimun

Ilustrasi Mentimun © Diadona

Berdasarkan penelitian, kandungan biokimia dalam ekstrak mentimun dapat menghambat tirosinase. Itu adalah enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin.

Manfaat inilah yang menjadikan mentimun sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan mata kaki. Kamu bisa memotong mentimun dan gosokkan pada bagian mata kaki yang gelap.

Lakukan dengan rutin agar hasilnya maksilam, dan mata kaki menjadi cerah deh!

3 dari 8 halaman

Aloe Vera

Ilustrasi Aloe Vera © Diadona

Aloe vera juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk memutihkan mata kaki, Bahan alami satu ini juga kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan skincare lho!

Selain melembapkan, aloe vera juga memiliki kandungan vitamin C dan enzim yang dinilai ampuh mencerahkan wajah dan mata kaki. Ambil saja bagian daging aloe vera lalu gosok pada area mata kaki sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Lakukan cara ini secara rutin setiap hari ya! Dengan begitu kamu ajan mendapati bagian mata kaki yang tidak hanya cerah, tapi kulitmu akan terasa lebih lembut.

4 dari 8 halaman

Eksfoliasi dengan Bahan Alami

Cara Memutihkan Mata Kaki © Diadona

Eksfoliasi dinilai ampuh untuk memutihkan mata kaki lho! Metode pengelupasan kulit tersebut dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

Kamu bisa membuat scrub eksfoliasi sendiri di rumah dengan bahan alami. Campurkan saja madu, air hangat dan gula. Kemudian, lakukan eksfolaisi dengan mengoleskan scurb pada mata kaki dengan gerakan memutar.

Diamkan sesaat dalam beberapa menit dan gosok menggunakan batu apung atau sikat yang lembut. Bilas hingga bersih, dan lakukan rutin agar hasilnya maksimal ya!

5 dari 8 halaman

Kentang

Tips Menyimpan Kentang yang Sudah Dikupas © Diadona

Selain bergizi untuk dimakan, kentang rupanya salah satu bahan yang ampuh untuk membuat mata kaki lebih cerah. Kandungan zat pencerah yang berasal dari enzim katekolase yang terdapat pada kentang dipercaya dapat mencerahkan kulit, salah satunya area mata kaki.

cara pengapilkasiannya pun mudah, kamu hanya perlu menggosokkan kentang yang sudah dipotong pada bagian mata kaki yang gelap.

6 dari 8 halaman

Rendam dengan Garam Epsom

Cara Memutihkan Mata Kaki © Diadona

Merendam air dengan air garam juga bisa membuat bagian mata kaki memutih nih! Tapi, dianjurkan menggunakan garam Epsom untuk hasil yang lebih optimal.

Penggunannya pun mudah, siapkan satu baskom air hangat dan tuangkan setengah cangkir garam Epsom, aduk merata. Lakukan perendaman kaki, sikat halus bagian mata kaki untuk proses pengangkatan sel kulit mati.

Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembabkan kulit lho!

7 dari 8 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk merawat kulit, termasuk mencerahkan mata kaki yang hitam.

Ada dua cara yang bisa dilakukan jika kamu merawat mata kaki dengan minyak kelapa. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa langsung dan dioles pada mata kaki, atau bisa mencampurkannya dengan air lemon baru dioleskan ke bagian mata kaki.

8 dari 8 halaman

Cuka Apel

Ilustrasi Cuka Apel © Diadona

Cuka apel dapat digunakan sebagai cream untuk menghilangkan mata kaki yang hotam lho! Kandungan asam asetat pada cuka apel dipercaya dapat memutihkan mata kaki dan menghentikan penyebaran infeksi ke jari kaki lainnya.

Kamu cukup mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Kemudian rendam kaki selama 20 menit setiap hari ya!

Itulah sederet cara memutihkan kaki secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar