10 Cara Hilangkan Bruntusan di Wajah dan Skincare yang Cocok Digunakan

Reporter : Arifina
Jumat, 16 Juni 2023 20:17
10 Cara Hilangkan Bruntusan di Wajah dan Skincare yang Cocok Digunakan
Ini nih skincare yang cocok buat hilangin bruntusan!

Bruntusan di wajah dapat menjadi masalah yang mengganggu dan merusak kepercayaan diri seseorang. Bruntusan biasanya muncul dalam bentuk benjolan atau jerawat kecil di area permukaan dahi, pipi, atau dagu.

Namun, dengan beberapa langkah perawatan dan perubahan dalam rutinitas skincare, kamu dapat mengurangi dan menghilangkan bruntusan di wajah lho! Simak yuk cara menghilangkan bruntusan di wajah dan skincare yang bisa digunakan berikut dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

1 dari 8 halaman

Cara Hilangkan Bruntusan

1. Rutin Bersihkan Wajah

Langkah pertama untuk menghilangkan bruntusan adalah selalu rutin lakukan pembersihan wajah. Kotoran dan debu yang menempel dio wajah dapat menyumbat pori-porii pemicu bruntusan.

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

2. Lidah Buaya

Bahan alami seperti lidah buaya dinilai ampuh untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Caranya mudah, cukup gunakan minyak lidah buaya atau lidah buaya asli dan oleskan langsung pada area bruntusan.

2 dari 8 halaman

3. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat, termasuk bruntusan. Cukup campurkan seperempat cuka apel dengan tiga perempat air, lalu oleskan di bagian bruntusan menggunakan kapas.

4. Gunakan Es Batu

Efek dingin dari es batu dapat meredakan peradangan sementara waktu untuk menghilangkan bruntusan. Caranya, bungkus es batu dengan kain tipis, lalu tempelkan kain pda area yang bruntusan di wajah selama satu menit. Ulangi 1-2 kali sehari agar hasilnya optimal ya!

3 dari 8 halaman

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon juga ampuh untuk mengatasi kulit bruntusan. Cmpurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air, dan oleskan secara langsung pada area bruntusan di wajah.

6. Masker Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu kaya akan manfaat untuk perawtan wajah, salah satuny menghilngkan bruntusan. Campurkan madu dengan kayu manis hingga membentuk masker, atau langsung bisa dengan mengoleskan madu murni ke area bruntusan.

Selain menghilangkan bruntusan, masker madu ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

4 dari 8 halaman

7. Teh Hijau

Teh hiju dinilai ampuh menghilngkan bruntusan dalam semalam. Kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau dapat mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

8. Masker Oatmeal Koloid

Oatmeal diyakini dapat mengatasi peradangan kulit seperti biduran, jerawat hingga bruntusan, dermatitis atopik, dan infeksi virus. Giling oatmeal menjadi bubuk dan rendam dengan ari hangat, oleskan ke bagian muka yang bruntusan dan biarkan menyerap selama beberapa menit.

5 dari 8 halaman

9. Pasta Soda Kue

Soda kue mengandung siufat antiradang dan antiseptik yang ampuh meredakn peradangan di wajah akibat jearwat. Campurkan dua sendok teh soda kue dengan sedikit air, lalu oleskan perlahan pada wajah yang bruntusan.

Diamkan 20 menit, dan bersihkan. Beri pelembab agar kulit tidak cenderung kering setelahnya ya!

30 Manfaat Minum Banyak Air Putih Hangat © Diadona

10. Minum Air Putih yang Cukup

Cara paling mudah menghilangkan bruntusan adalah dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Meminum air yng cukup dapat membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam, dan secara alami menghilangkan bruntusan.

6 dari 8 halaman

Skincare untuk Kulit Bruntusan

 

Ilustrasi Skincare Wanita © Diadona

Penyebab kulit bruntusan ini beragam, mulai dari cuaca panas dan biang keringat, perubahan hormonal, jerawat, kulit kering hingga iritasi bahan tertentu dan alergi terhadap penggunaan suatu produk skincare.

Karenanya, penting untuk memilih skincare dengan kandungan yang tepat agar terhindar dari bruntusan. Apa saja?

7 dari 8 halaman

1. Asam Azelaic

Pastiukan kamu memilih jenis skincare yang memiliki kandungan asam azelaic. Biasanya, jenis kandungan ini dapat ditemukan pada gandum, gandum hitam, dan selai.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi di dalamnya bermanfaat untuk menenangkan peradangan dan kulit memerah, seperti bruntusan.

2. Niacinamide

Niacinamide memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membuat kandungan skincare baik untuk kulit bruntusan. Bahan ini juga ampuh untuk memperbiki tekstur kulit dan memperkluat fungsi penghalang dan pelindung kulit.

8 dari 8 halaman

3. Antiokasidan

Skincre yang memiliki kandungan antioksidan juga bisa menjadi alterntif menghiloangkan bruntusan. Vitamin C yang kaya antioksidan membantu memperkuat kapiler (yang berarti mengurangi kemerahan) dan memperbaiki flushing yang terkait dengan kondisi tersebut.

4. Centella Asiatica

Centella asiatica kaya akan saponin, flavonoid, asam fenolik dan antioksidan. Bahan-bahan ini ampuh untuk mengatasi kulit bruntusan. Selin itu, ampuh meningkatkan hidrasi kulit.

Beri Komentar