11 Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 15 Tahun secara Alami dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 14:57
11 Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 15 Tahun secara Alami dengan Cepat
Nggak cuman berat badan, masalah tinggi badan juga bisa banget bikin kamu kurang percaya diri.

Banyak orang yang merasa kurang puas dengan tinggi badan yang dia miliki, dan pengen menambah beberapa senti. Tapi, bisa nggak sih? Ada nggak ya cara menambah tinggi badan?

Hal utama yang menentukan tinggi badan seseorang yakni genetikanya, sementara faktor lain yang juga nggak kalah penting yakni faktor nutrisi. Dan terlebih karena pengetahuan tentang nutrisi tersebut sudah lebih berkembang, maka tinggi rata-rata manusia juga mengalami perkembangan akhir-akhir ini.

Dilaporkan bahwa dari penelitian terhadap 18.6 juta orang membuktikan bahwa rata-rata orang lebih tinggi pada tahun 1996 daripada pada tahun 1896. 

1 dari 3 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat

Ilustrasi High Heels © Diadona

Berbeda dengan berat badan yang bisa dikurangi atau ditambah dengan menerapkan pola makan dan olahraga, cara menambah tinggi badan nggak semudah itu, terlebih kalau usiamu sudah lebih dari masa pertumbuhan.

Coba Sepatu Hak Tinggi atau Selipkan Tumit

Coba sepatu hak tinggi atau masukkan sisipan di sepatu sebagai cara menambah tinggi badan beberapa senti. Mudah, sederhana sekaligus mempercantik penampilan, kan?

Berlatih Menjaga Postur

Postur yang buruk bisa membuat kamu terlihat lebih pendek beberapa senti. Sebaliknya, meskipun bukan sebagai cara menambah tinggi badan dalam senti, namun menjaga postur tetap baik bisa banget untuk membuat kamu terliaht lebih tinggi.

Prosedur Medis

Beberapa orang memilih perawatan medis untuk cara menambah tinggi badan. Prosedurnya termasuk memanjangkan tulang kaki bagian bawah. Namun karena prosedur tersebut invasif dan sangat magal, banyak yang nggak memilih untuk melakukannya. Bahkan cara menambah tinggi badan dengan cara ini juga dilarang di beberapa negara.

2 dari 3 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan secara Alami

 

Ilustrasi Olahraga Plank © Diadona

Nggak ada salahnya mencoba cara menambah tinggi badan dengan tindakan alami sebagai berikut:

Peregangan

Sayangnya, dikutip dari laman healthline.com, cara menambah tinggi badan dengan melakukan peregangan belum terbukti dari sisi ilmiah. Sesuai dengan penjelasan mengenai tinggi badan dengan teori cakram tersebut, memang benar kompresi tulang rawan bisa sebagai cara menambah tinggi badan, namun ini hanyalah bersifat sementara dan dalam batas yang sangat kecil.

Perkuat Inti Otot

Bagian tengah tubuh yang kuat bisa membuat seseornag jadi terlihat lebih tinggi karena postur yang terjaga. Otot-otot inti adalah otot-otot di perut dan sepanjang tulang belakang.

Otot-otot ini membantu menopang tulang belakang. Ketika otot-otot ini terlalu lemah, tulang belakang tidak didukung dengan benar dan dapat dikompresi. Inilah yang membaut postur seseorang jadi membungkuk.

Untuk menguatkan otot inti dan sebagai cara menambah tinggi badan, coba deh latihan berikut

Plank : Menjaga otot perut tetap kuat, tahan posisi di atas push-up.
Superman : Berbaring di perut, rentangkan lengan, kaki, dan kepala dari lantai dan tahan.
Abdominal crunch : Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai, angkat kepala dan bahu menggunakan otot inti.

3 dari 3 halaman

Cara Cepat Menambahkan Tinggi Badan di Usia 15 Tahun

ilustrasi anak olahraga © Diadona

Bagi sebagian besar orang, tinggi badan mereka nggak meningkat setelah usia 18 tahun. Bahkan dengan diet sehat pun yang dilakukan di umur 18 sampai 20 tahun, nggak menunjukan adanya perubahan tinggi badan. Alasan mengapa cara menambah tinggi badan untuk mereka nggak berhasil, karena lempeng pertumbuhan.

Lempeng pertumbuhan atau lempeng epifisis adalah area tulang rawan khusus di dekat ujung tulang panjang. Peningkatan tinggi badan disebabkan oleh pemanjangan tulang panjang karena lempeng pertumbuhan masih aktif atau " terbuka" .

Nah, menjelang akhir masa pubertas, perubahan hormon menyebabkan pelat pertumbuhan mengeras atau " menutup" dan perpanjangan tulang berhenti.

Lalu pernah nggak sih kamu melihat seseroang yang terlihat pendek di hari tertentu? Ini karena aktivitas harian berdampak pada tulang rawan dan cairan di tulang belakang sehingga menyebabkan sedikit penurunan tinggi seiring berjalannya hari. Tapi, penurunnya mungkin cuman mencapai sekitar 1.5 senti saja kok.

Penelitian juga menyebut kalau ketinggian cakram di tulang belakang ini dapat terus meningkat hingga dewasa muda,tetapi nggak terlalu berdampak pada tinggi keseluruhan.

Trus untuk yang masih punya kesempatan, gimana cara menambah tinggi badan?

Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan secara keseluruhan.

Kalsium dari diet mengubah produksi hormon sehingga membaut tulang kuat dan tinggi. Vitamin D juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Makanya, kalau kamu ingin cara menambh tinggi badan, banyak makan buah dan sayuran, gih.

Cara menambah tinggi badan dengan asupan kalsium juga bisa kamu dapatkan dari minum susu dan suplemen kalsium kok.

Konsumsi Banyak Protein

Makan protein yang cukup juga penting untuk kesehatan tulang dan sebagai cara menambah tinggi badan. Meskipun beberapa orang mempertanyakan apakah asupan protein tinggi dapat membahayakan tulang.

Namun, analisis besar dari 36 studi menemukan bahwa asupan protein yang lebih tinggi tidak berbahaya bagi tulang Anda. Faktanya, asupan protein yang lebih tinggi bermanfaat untuk kepadatan tulang belakang.

Kalau kamu ingin cara menambah tinggi badan dengan meningkatkan konsumsi protein, kamu bisa melakukannya dengan makan setidaknya 20 gram protein setiap kali makan.

Sumber protein yang baik termasuk telur, unggas, daging tanpa lemak dan susu. Kedelai dan kacang-kacangan lainnya juga tinggi protein.

Hormon Pertumbuhan

HGH sangat penting untuk pertumbuhan, terutama pada anak-anak, tetapi juga terlibat dalam banyak proses lain dalam tubuh, termasuk kepadatan tulang, massa otot, dan suasana hati. Makanya, perawatan hormon melalui suntikan hormon pertumbuhan bisa digunakan sebagai cara menambah tinggi badan.

Sayangnya cara menambah tinggi badan dengan hormon ini hanay bisa dilakukan untuk anak-anak yang tidak tumbuh dengan baik, sedangkan nggak bisa dilakukan untuk orang dewasa.

Yoga

Kalau latihan postur berat untuk kamu, coba deh lakukan yoga sebagai cara menamnbah tinggi badan. Sekali lagi, yoga nggak bisa bikin kamu bertambah tinggi dalam senti, namun akan memberbaiki postur sehingga kamu terlihat lebih tinggi dan percaya diri.

Beberapa pose yoga yang bisa untuk cara menambah tinggi badan diantaranya
Pose Gunung
Pose Cobra
Pose Anak

Cukup Tidur

Kurang tidur sesekali nggak akan mempengaruhi tinggi badan kamu. Tapi kalau masa remaja kamu dihabiskan dengan begadang, mungkin bisa menyebabkan kamu kurang tinggi.

Ini karena hormon pertumbuhan dilepaskan saat masih tidur. Dan produksi horomon ini dan yang lainnya bisa turun kalau kamu nggak cukup wkatu tidur kamu.

Olahraga

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat. Selain memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, olajhraga juga meningkatkan produksi HGH untuk cara menambah tinggi badan.

Untuk remaja yang ingin cara menambah tinggi badan dengan produksi hormon pertumbuhan, penting untuk latihan berikut:

latihan membangun kekuatan, seperti pushup atau situp
latihan fleksibilitas, seperti yoga
kegiatan aerobik, seperti bermain tag, lompat tali, atau bersepeda

Beri Komentar