Suka Wisata Selam? Ini 22 Istilah Diving yang Wajib Diketahui Penyelam Pemula

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 26 November 2021 16:20
Suka Wisata Selam? Ini 22 Istilah Diving yang Wajib Diketahui Penyelam Pemula
Apa aja sih, istilah-istilah diving yang harus diketahui oleh penyelam pemula?

Menyelam menjadi salah satu kegiatan yang kini cukup digemari oleh pecinta wisata alam. Menyelam juga menjadi salah satu cara menikmati keindahan alam bawah laut sembari melepas penat setelah lelah bekerja.

Namun, menyelam juga membutuhkan persiapan yang matang dengan peralatan yang lengkap. Sebelum itu, bagi kamu penyelam pemula tentu juga harus memahami beberapa istilah-istilah diving yang harus diketahui.

Nah, apa saja sih, istilah-istilah diving yang perlu diketahui? Berikut ulasannya!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi DivingIlustrasi Diving © unsplash.com/Ibrahim Razzan

1. Free Diving atau Skin Diving

Free Diving adalah penyelaman yang hanya menggunakan peralatan dasar, seperti alat snorkel, masker, dan fins. Penyelaman jenis ini tak menggunakan tabung oksigen untuk membantu pernapasan.

2. Scuba Diving

Scuba Diving adalah penyelaman dengan peralatan yang sangat lengkap dan profesional. SCUBA adalah akronim dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus.

3. Nitrox Diving

Hampir sama dengan Scuba, Nitrox juga menggunakan peralatan selam yang lengkap. Bedanya, kadar campuran oksigen dan nitrogen dalam tabung lebih banyak, sehingga para penyelam bisa menyelam dengan waktu yang lebih panjang.

4. Alternate Air Source

Alternate Air Source adalah sumber udara cadangan yang biasanya berwarna kuning dan terpasang di rompi menyelam. Alat ini digunakan untuk berjaga-jaga ketika sumber udara utama mengalami udara atau kehabisan.

5. Advanced Open Water

Advanced open water adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan level sertifikasi dalam penyelaman rekreasional. Level kahlian menyelam ini memungkinkan kamu untuk menyelam di kedalaman yang lebih dibandingkan level di bawahnya yakni sekitar 30 meter lebih.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi DivingIlustrasi Diving © unsplash.com/Nazarizal Mohammad

6. Buddy Diver

Buddy diver adalah teman penyelam. Karena menyelam merupakan salah satu kegiatan yang memiliki risiko tinggi, para penyelam setidaknya harus membawa satu, dua, atau lebih buddy diver saat menyelam di bawah laut.

7. Buoyancy Compensator Device (BCD)

Buoyancy Compensator Device adalah peralatan menyelam yang berbentuk jaket di mana dalamnya terdapat air cell atau udara khusus. Udara ini berfungsi membantu penyelam mengatur daya apung selama berada di dalam air.

8. Snorkel

Snorkel adalah alat bantu napas yang berntuk pipa yang digunakan untuk mengambil napas tanpa mengangkat kepala keluar dari air.

9. Wet Suit

Wet Suit adalah baju yang dipakai untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang memiliki rongga-rongga udara. Pakaian ini berfungsi untuk melindungi tubuh kamu dari goresan-goresan dan menjaga suhu tubuh kamu selama menyelam agar tidak drop.

10. Regulator

Regulator berfungsi sebagai alat pengubah tekanan udara tinggi pada tabung udara menjadi tekanan udara yang lebih rendah sesuai dengan kebutuhan penyelam.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi DivingIlustrasi Diving © unsplash.com/Paxton Tomko

11. Fins

Fins atau biasa disebut kaki katak adalah alat yang mirip sirip dan dipasangkan di bagian kaki. Fins berfungsi membantu memudahkan pergerakan kaki selama di dalam air.

12. Pressure Gauge

Pressure Gauge adalah alat pengukur tekanan udara dalam tabung.

13. Depth Gauge

Depth Gauge merupakan alat pengukur kedalaman saat kamu sedang menyelam.

14. Tank Valve

Tank Valve adalah alat yang terpasang di bagian mulut tabung udara. Fungsinya seperti pembuka dan penutup aliran udara dari dalam tabung.

15. Dive Computer

Dive Computer adalah alat bantu untuk perencanaan dan juga memonitor penyelaman. Alat ini biasanya dipakai di pergelangan tangan. Bentuknya menyerupai jam tangan.

16. Weight Belt

Weight Belt merupakan sabuk pemberat yang digunakan untuk mengatur daya apung. Alat ini berguna agar kamu bisa menyelam ke bawah.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi DivingIlustrasi Diving © unsplash.com/Aviv Perets

17. Side Roll Method

Side Roll Method adalah teknik masuk ke dalam air dengan cara duduk sejajar di pinggir kapal, lalu berguling ke samping. Teknik ini dipakai saat akan menyelam di kapal yang sedang melaju.

18. Rear Roll Method

Rear Roll Method merupakan teknik masuk ke dalam air dengan badan menghadap ke dalam kapal sambil sedikit menunduk dan memegang masker, serta mouthpiece, lalu berguling ke belakang.

Teknik ini dipakai saat hendak menyelam dengan perahu kecil atau perahu karet untuk menjaga keseimbangan perahu.

19. Standing Front Entry

Standing Front Entry merupakan teknik masuk ke dalam air dengan cara berdiri di pinggiran kapal dan memposisikan badan agak condong ke depan. Lalu mengayunkan kaki ke depan dengan lebar kemudian masuk ke dalam air. Setelah berada di air, kamu harus menutup rapat kaki agar tetap bisa bertahan di permakaan air.

20. Sitting Front Entry

Sitting Front Entry merupakan tekink masuk ke dalam air dengan cara duduk di pinggiran kapal dengan kaki menghadap air kemudian melompat ke dalam air.

21. Mask Clearing

Mask Clearing merupakan teknik mengeluarkan air yang biasanya masuk dalam masker dengan cara mengembuskan udara dari hidung ke dalam masker sambil memegang bagian atas masker. Cara ini bisa membuat air keluar dari bagian bawah masker yang kamu pakai.

22. Equalization/Equalize

Equalization adalah teknik yang digunakan untuk mengatur tekanan di dalam maupun di luar telinga. Dalam telinga, ada bagian buntu yang hanya bisa dijangkau melalui salura eustachian.

Saat menyelam, tekanan di luar telinga menjadi tinggi, sehingga kamu perlu melakukan equalization agar telinga tak terganggu.

Beri Komentar