Menilik Indahnya Ambon, Kota Musik Unesco yang Berkesan Bagi Mendiang Glenn Fredly

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Kamis, 9 April 2020 20:42
Menilik Indahnya Ambon, Kota Musik Unesco yang Berkesan Bagi Mendiang Glenn Fredly
Nggak cuma indah, Ambon juga kaya akan sejarah!

Indonesia tengah berduka setelah kehilangan Glenn Fredly, salah satu putra terbaiknya.

Memiliki nama asli Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, musikus asal Ambon ini berpulang pada Rabu sore (08/04) di RS Setia Mitra. Hal ini tentu sudah dikonfirmasi rekan sesama musisi dan juga keluarganya mendiang.

Berpulangnya Glenn tentu menjadi pukulan banyak orang. Terlebih tak hanya sebagia musikus, Glenn juga sering menjadi aktivis sosial dan politik. Yang paling baru, ia turut serta dalam menetapkan Ambon sebagai kota musik oleh UNESCO.

1 dari 5 halaman

Glenn Fredly © Diadona

Sebelumnya, wacana menjadikan Ambon sebagai kota musik memang sudah berdengung cukup lama. Pada Hari Musik 2018, digelar Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang turut menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan musik Indonesia. Glenn Fredly tetu menjadi salah satu penggagas konferesni tersebut.

Puncaknya, kota Ambon akhirnya ditetapkan sebagai salah satu kota musik dunia oleh Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO. Hal itu juga turut disampaikan oleh kementrian Penidikand an kebudyaan.

2 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Selamat ulang tahun kota Ambon ke 444, Laut adalah awal katorang, jang lupa jang pele, toma maju jujaro mongare, Talalu Manise .. Lawamena ????? #Malukumaju

Sebuah kiriman dibagikan oleh Glenn Fredly (@glennfredly309) pada

Selain Ambon, kota musidh di dunia lainnya yaitu Essaouira (Maroko), Havana (Cuba), Lliria (SPanyol) hingga Metz (Perancis).

Hal ini tentu membuat Glenn sangat berbahagia, sampai-sampai di konser 'Sewindu' Tulus di Istora Senayan ia menuturkan hal tersebut. Glenn juga berharap agar seluruh warga Indonesia tak membeda-bedakan asal daerah dan suku setiap orang.

"Kenapa saya ceirtakan tentang Indonesia Timur, yang harus anda tahu, Indoneisa Timur tidak boleh ada keburukan atau minor yang kalian baca," ujarnya.

3 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Pintu kota ambon

Sebuah kiriman dibagikan oleh harri daryanto (@harridaryanto) pada

Selain ditetapkan sebagai kota musik dunia, Ambon juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pulau ini juga diangerahi kekayaan alam yang melimpa mulai dari daratan hingga lautan.

4 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Photo by : @sagu.tumbu ???? Lokasi : Jembatan Merah Putih, Ambon Maluku ???? . . Berbagi info segala tempat wisata dari sudut terindah di Ambon-Maluku. Tag foto wisata mu ke @wisataambon dengan mengunakan hastag #wisataambon untuk di repost. . . Support @wisataambon

Sebuah kiriman dibagikan oleh OFFICIAL WISATA AMBON (@wisataambon) pada

Banyak tempat wisata terkenal yang bias kamu jajahi dan selami di Ambon seperti Pantai Pintu Kota Ambon, Pantai Namalatu, Jembatan Merah Putih dan juga Benteng Victoria sebagai saksi sejarah kota Ambon.

5 dari 5 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Photo by : @bonbackpack ???? . . . Lokasi : Benteng amsterdam hila, Maluku tengah, Ambon, Maluku???? . . . Mau foto di repost? 1. Wajib follow @wisataambon 2. Spamlike semua posting 3. Gunakan hastag #wisataambon 4. Tag foto terbaik 5. Foto yang terbaik akan dipilih untuk di repost 6. Akun jangan private 7. Sabar menunggu giliran . . . Selalu support @wisataambon

Sebuah kiriman dibagikan oleh OFFICIAL WISATA AMBON (@wisataambon) pada

Kekayaan bawah laut juga nggak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke tempat ini. Tentu kamu akan disuguhkan pasir putih yang membentang dan juga taman bawah laut yang sangat cantik.

Beri Komentar