Mengintip al-Zawiya, Pasar Ramadan yang Ada di Jalur Gaza

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 20 Mei 2020 14:20
Mengintip al-Zawiya, Pasar Ramadan yang Ada di Jalur Gaza
Seperti apa ya suasana Ramadan di Gaza?

Pasar al-Zawiya adalah pasar paling bersejarah untuk warga Palestina. Ini adalah tempat ribuan penduduk untuk berbelanja. Pasar ini bahkan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Pasar ini masih sangat kental dengan ciri khas pasar tradisional di Gaza. Dengan kubah bersejarah dari toko-toko dan aroma otentik dari masa lalu yang membuat para pengunjung serasa berada di masa lalu. Seperti apa sih Pasar al-Zawiya di bulan Ramadan ini? Dilansir dari Arab News, berikut ulasannya.

1 dari 1 halaman

Pasar al-Zawiya

Pasar al-Zawiya © Diadona

Pasar al-Zawiya sangat penting ketika Ramadan datang. Tempat ini menjadi tujuan utama orang-orang yang ingin berbuka puasa. Ternyata, nggak cuma orang yang ingin membeli barang saja yang datang ke tempat ini, tetapi juga beberapa orang yang hanya ingin menikmati suasana pasar juga banyak ditemui di pasar al-Zawiya.

Banyak yang dijual di tempat ini, seperti permen-permen berwarna, almond, dan kacang pistachio banyak ditemukan di tempat ini. Selain itu, kamu juga akan menemukan acar lezat yang berlimpah saat bulan Ramadan.

Banyak pula anting-anting, cincin emas, dan perak murni di Qaysariya atau pasar emas yang ada di sudut pasar Zawiya.

Dilansir dari Arab News, peneliti situs Arekeologi, Saleem Almubaid mengatakan bahwa toko-toko ini dibangun dari batu kuning kuno.

Pasar ini bisa dibilang adalah Pasar Ramadan dari Gaza. Banyak orang yang datang ke pasar al-Zawiya satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa. Ternyata mirip banget ya sama pasar Ramadan yang ada di Indonesia.

Beri Komentar