Bastani Sonnati, Takjil Es Krim Asal Iran dengan Perpaduan Rasa Mawar dan Safron!

Reporter : Nasa
Minggu, 17 Mei 2020 15:35
Bastani Sonnati, Takjil Es Krim Asal Iran dengan Perpaduan Rasa Mawar dan Safron!
Hmmmm kebayang rasa manisnya bunga mawar nih!

Bastani Sonnati menjadi takjil spesial asal Iran yang sangat digemari di bulan ramadan. Takjil yang satu ini merupakan es krim yang memiliki perpaduan rasa spesial antara mawar, safron, dan juga pistachio atau kenari hijau.

Melansir dari laman Tastelas, Bastani Sonnati ini mulanya dibuat oleh seorang bernama Akbar Mashti di awal abad ke 20/ Akbar Mashti sendiri juga dikenal sebagai orang pertama yang menjual es krim di Teheran yang kini jadi Ibu Kota Iran.

2 dari 6 halaman

Bastani Sonnati sendiri merupakan es krim yang terbuat dari campuran susu, krim, bubuk puding beku, dan juga potongan kenari hijau. Es krim tersebut kemudian dicampur dengan air mawar dan juga safron.

Es krim spesial yang menjadi takjil favorit di Iran ini juga menggunakan bahan campuran yang mirip dengan es krim asal Turki loh. Yakni penggunaan 'salep' atau akar tanaman anggrek liar.

3 dari 6 halaman

Bastani Sonnati Iran © Diadona

4 dari 6 halaman

Penggunaan salep pada es krim bisa membuatnya memiliki tekstur lebih padat dan tidak mudah meleleh seperti es krim pada umumnya. Nggak heran ya kalau bastani sonnati ini menjadi takjil favorit di sana.

Cara penyajian bastani sonnati ini terdiri dari dua cara. Petama adalah langsung disajikan di mangkok dan ditaburi dengan potongan kenari hijau. Sedang cara kedua adalah diletakkan pada dua potong wafer.

5 dari 6 halaman

Bastani Sonnati Iran © Diadona

6 dari 6 halaman

Bastani Sonnati yang dimakan menggunakan wafer ini juga disebut dengan es krim sandwich bastani nooni. Wahh jadi pengen nyobain es krim yang satu unik yang satu ini nih.

Kamu udah pernah nyobain belom? Jangan segan bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar