Seoul Central Mosque, Masjid Tertua dan Saksi Sejarah Berkembangnya Islam di Korea Selatan

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 14 Mei 2020 17:20
Seoul Central Mosque, Masjid Tertua dan Saksi Sejarah Berkembangnya Islam di Korea Selatan
Masjid ini juga menjadi destinasi wisata karena keindahannya.

Perkembangan agama Islam memang semakin pesat di berbagai negara. Salah satunya adalah di Korea Selatan. Terdapat masjid tertua di Negeri Ginseng ini. Ya, Masjid ini bernama Seoul Central Mosque.

Selain menjadi masjid tertua di Korea Selatan, Masjid ini bisa juga dikatakan sebagai saksi sejarah melesatnya perkembangan Agama Islam di Korea Selatan. Seperti apa sih masjid ini? Dilansir dari berbagai sumber, yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Seoul Central Mosque

Seoul Central Mosque © Diadona

Seoul Central Mosqua berlokasi di Hannam-dong, Distrik Yongsan. Masjid ini telah dibuka untuk umum antara tahun 1974 hingga 1976. Saat ini, Seoul Central Mosque bisa menampung hingga ribuan jamaah.

Rupanya, Masjid yang dikelola oleh Korean Muslim Federation ini merupakan hasil perpaduan donasi pemerintah Korea di lahan seluas 5.000 meter persegi ini. Selain itu, pembangunan Seoul Central Mosque juga merupakan patungan dari negara-negara Islam.

Setelah dibangun, Seoul Central Mosque telah menjadi pusat syiar Islam di Korea. Bahkan saat ini telah dibangun pusat edukasi Islam dengan gedung di samping Masjid.

2 dari 3 halaman

Arsitektur Bangunan

Seoul Central Mosque © Diadona

Selain terkenal karena menjadi Masjid tertua di Korea Selatan, ternyata Seoul Central Mosque ini juga terkenal karena desainnya yang menarik. Memiliki arsitektur bergaya khas Islam, menara-menara besar di gedung dan kaligrafi Arab terukir di dekat pintu masuk.

Seoul Central Mosque terdiri dari tiga lantai. Lantai yang pertama dikhususkan untuk kantor administrasi, lantai dua untuk ibadah pria, sedangkan lantai tiga untuk ibadah wanita.

3 dari 3 halaman

Destinasi Wisata Religi

Seoul Central Mosque © Diadona

Masjid ini juga menawarkan sebuah pemandangan yang sangat indah. Karena letaknya yang berada di antara Sungai Hangang dan Gunung Namsan, Seoul Central Mosque menawarkan pemandangan indah Kota Seoul.

Karena memiliki pemandangan yang indah, pengunjung Masjid nggak hanya dari umat Muslim aja lho. Tetapi juga warga Korea yang ingin melihat keindahan masjid dan pemandangan indah di tepi sungai Hangang.

Eits, nggak cuma pemandangan aja. Bicara soal destinasi wisata nggak akan lepas dari pusat kulinernya. Di dekat Masjid ini juga terdapat pusat makanan halal. Di Usadan 10-gil, kamu akan menemukan sederet makanan halal di sepanjang jalan menuju masjid.

Seoul Central Mosque © Diadona

Salah satu restoran yang favorit adalah Muree Muslim Food. Selain enak harganya juga terjangkau dan dijamin halal. Kisaran harga untuk makan di sini adalah 8.000 won hingga 15.000 won. Ini setera dengan Rp 80 ribu hingga Rp 180 ribu.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Masjid tertua di Korea Selatan ini?

Beri Komentar