Jalur Kereta Paling Utara ini Akan Membawamu ke Ujung Dunia!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 29 September 2020 15:20
Jalur Kereta Paling Utara ini Akan Membawamu ke Ujung Dunia!
Jalur Obskaya - Karskaya adalah jalur kereta api paling utara di dunia.

Dunia pernah digemparkan dengan isu bahwa bumi adalah datar. Berbagai macam teori memang menganggap jika bumi itu sebenarnya adalah datar.

Memang, jauh sebelum adanya Aristoteles dan Galileo Galilei, seluruh masyarakat di dunia memang percaya jika bumi itu datar. Bahkan, ada yang sampai membuktikan jika ujung dunia itu ada.

Namun, dengan seiring berkembangnya teknologi yang sudah membuktikan jika bumi itu bulat, Ujung Dunia kini hanya sebuah kiasan.

Kiasan ini dipakai oleh Jalur Kereta yang paling utara. Yakni Jalur Kereta Obskaya - Karskaya. Apakah kereta ini memang akan membawamu ke Ujung Dunia?

1 dari 2 halaman

Jalur Kereta Obskaya - Karskaya

Jalur Kereta di Ujung Dunia © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, Jalur kereta di ujung dunia ini memang menggambarkan jika poosisi geografis Stasiun Karskaya yang terletak di Arctic Circle. Tak heran jika Stasiun Karskaya dinobatkan sebagai stasiun kereta paling utara di dunia.

Wilayah ini memang masuk wilayah kekuasaan Rusia dalam aturan teritorial. Stasiun ini merupakan bagian dari Gazprom Yamal Mega Project.

Sebelumnya, jalur kereta ini hanya mengubungkan Obskaya ke Bovanenkovo. Namun karena hal tertentu, operator melakukan ekstensi hingga ke Karskaya. Bovanenko diketahui sebagai ladang gas tebesar di semenanjung Yamal, Siberia.

2 dari 2 halaman

Stasiun Karskaya memang seperti Stasiun pada umumnya. Jalur Kereta Obskaya - Karskaya sendiri membentang sejauh 572 kilometer, 47 kilometer lebih jauh daripada Obskaya - Bovanenkovo.

Yang membuatnya menjadi unik adalah, kereta yang melintasi di sepanjang jalur Obskaya - Karskaya ini akan berhadapan dengan dinginnya es khas Kutub Utara. Di sini kamu hanya akan melihat salju sejauh mata memandang.

Beri Komentar