Yuk Jalan-Jalan ke Lyon, Kota Mural Terindah di Prancis

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 25 September 2020 17:20
Yuk Jalan-Jalan ke Lyon, Kota Mural Terindah di Prancis
Lukisan mural terlihat sangat realistis sehingga sangat memperindah kota Lyon.

Mural memang dikenal sebagai seni menggambar di media dinding. Biasanya, Mural identik dengan coretan-coretan yang bisa bikin kotor tembok-tembok di perkotaan. Namun, hal ini nggak akan kamu temukan di Lyon.

Meskipun kota ini dijuluki kota Mural, namun, tempat ini justru menawarkan sebuah seni indah dari menggambar tembok. Seperti apa sih keindahan kota Lyon ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Lyon

Lyon © Diadona

Lyon memang dikenal sebagai kota pariwisata. Selain itu, Lyon adalah kota perdagangan, hiburan, dan perindustrian yang besar. Nah, yang menjadi perhatian khusus adalah, kota Lyon juga disebut kota Mural.

Pasalnya, gedung-gedung tua di Lyon ini kini lebih menarik karena berhias mural-mural cantik. Tentu saja ini dibuat secara profesional dan nggak dibuat sembarangan. Ada lebih dari 150 mural yang mewarnai sudut-sudut kota. Mural-mural di Lyon menampilkan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan kota tersebut maupun pemandangan kehidupan sehari-hari.

Lyon © Diadona

Melansir dari Amusing Planet, Lyon dan mural ini sudah berkaitan dan dimulai sejak tahun 1970-an. Ternyata, mural ini digas oleh para pelajar yang ingin agar seni bisa dinikmati rakyat biasa. Sehingga mereka nggak harus masuk ke dalam museum untuk bisa menikmati seni. Selain itu, mereka juga ingin mengubah kota Lyon yang suram menjadi lebih ceria. Lahirlah CiteCreation, sebuah gerakan untuk mempercantik Lyon dengan mural di tahun 1978.

2 dari 2 halaman

Lyon © Diadona

Beberapa hasil karya CiteCreation yang terkenal adalaha Mur des Canuts, mural di tembok seluas 3.900 meter persegi di distrik Croix-Rousse yang berbukit. Kemudian La Fresque des Lyonnais, sebuah mural yang menggambarkan 30 tokoh terkenal Lyon. Di sini kamu bisa melihat gambar kaisar Romawi Claudius, penemu alat tenun Jacquard Joseph-Marie Jacquard, dan penulis terkenal Antoine de Saint-Exupery.

Melihat seacara langsung kota ini akan membuat kamu terdiam karena keindahan mural-mural tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi kota Lyon?

Beri Komentar