Gunung Suci Ini Terlarang Untuk Wanita, Kenapa ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 14 Mei 2020 08:20
Gunung Suci Ini Terlarang Untuk Wanita, Kenapa ya?
Bahkan, hewan betina juga dilarang masuk.

Sebuah tempat suci memang bisa dikatakan sakral. Bahkan beberapa tempat yang dianggap suci juga memiliki pantangan tertentu yang harus ditaati. Salah satunya adalah Gunung Athos di Yunani ini.

Selain terkenal karena keindahannya, Gunung Athos yang berada di Semenanjung Makedonia, ini mempunyai keunikan lain. Ya, Gunung ini terlarang bagi para wanita. Kok bisa sih?

1 dari 2 halaman

Gunung Athos

Gunung Athos © Diadona

Gunung Athos ini memiliki luas 390 kilometer persegi. Tempat ini ternyata adalah rumah bagi para 20 biara ortodoks timur dan ditinggali oleh 2000 biarawan. Bahkan para biarawan ini menjalani kehidupan yang terisolasi dari kehidupan luar.

Keunikan yang ada di tempat ini adalah larangan bagi para wanita untuk menginjakkan kaki di tempat ini. Bahkan, hewan betina pun juga dilarang hidup di kawasan Gunung Athos. Terkecuali burung dan serangga.

Gunung Athos © Diadona

Larangan ini ternyata dibuat karena mereka meyakini bahwa kaum wanita akan menghambat para biarawan yang ingin mencari pencerahan di sana.

2 dari 2 halaman

Aturan-aturan

Gunung Athos © Diadona

Aturan tentang larangan perempuan menginjakkan kaki di sana memang sudah berlangsung selama berabad-abad. Meskipun berada di bawah kedaulatan Yunani, ternyata mereka adalah negara otonom yang memiliki aturan tersendiri, mengenai pelarangan pergerakan bebas dan barang di wilayahnya.

Untuk bisa memasuki wilayah tersebut juga tidaklah mudah. Hanya laki-laki yang memiliki sikap tenanga yang bisa menginjakkan kaki di Gunung Athos.

Gunung Athos © Diadona

Meskipun memiliki aturan yang cukup ketat, Gunung Athos tetap menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Setiap harinya, hanya 100 orang pengunjung yang beragama ortodoks dan 10 non-ortodoks saja yang diperbolehkan masuk.

Di sana, kamu akan menemukan para biarawan dengan jubah hitam. Mereka percaya bahwa warna hitam adalah tanda kematian mereka dari dunia luar. Mereka menghabiskan hari dengan berdoa dan merenungkan diri dalam diam.

Untuk bisa menikmati pemandangannya, kamu bisa kok menikmati wisata virtual dengan mengunjunginya di situs https://mountathos360.com/en/ Baca Juga: Banyak Spesies Unik dan Aneh, Seperti Ini Keindahan Pulau Alien yang di Luar Nalar

Indah Tapi Mengerikan, Ini Lho 5 Perairan Terbahaya di Dunia, Mau Coba ke Sana? Melihat Keunikan Phugtal Gompa, Wihara yang Dibangun di Tebing Curam Yuk Kunjungi Masjid Huaisheng, Tempat Ibadah Umat Muslim yang Jadi Saksi Masuknya Islam di Cina Cegah Penyebaran Corona, Restoran Unik Ini Pakai Konsep Bilik Kaca Berusia 1.350 Tahun, Masjid Agung Kairouan Jadi Saksi Sejarah Masuknya Islam di Afrika Aneh, Kamu Bakal Kena Denda Ketika Bernapas di Negara Ini!

Beri Komentar