Melihat Keunikan Phugtal Gompa, Wihara yang Dibangun di Tebing Curam

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 12 Mei 2020 16:20
Melihat Keunikan Phugtal Gompa, Wihara yang Dibangun di Tebing Curam
Wihara ini juga kerap disebut sarang lebah karena bentuknya yang mirip.

Sebuah tempat ibadah unik dibangun di sebuah tebing yang terpencil. Ya, Wihara Phugtal atau Phugtal Gompa menjadi wihara paling unik di dunia. Hal ini karena letaknya yang menempel dan terpencil di sebuah tebing di wilayah Zanskar tenggara di distrik Ladakh, Jammu dan Kashmir, Kota Padum, India Utara.

Letak Wihara Phugtal ini sangat mencolok karena berada di atas tebing yang berhadapan langsung dengan sungai Lungnak. Seperti apa sih Wihara ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Phugtal Gompa

Phugtal Gompa © Diadona

Karena letaknya yang menempel pada tebing, Wihara ini tampak terlihat seperti sarang lebah raksasa. Dilansir dari berbagai sumber, Phugtal Gompa ini didirikan pada abad ke 12 oleh Gengsem Sherap Sampo yang merupakan murid dari pendiri aliran Gelug dan guru Buddhisme Tibet, Je Tsongkhapa.

Wihara Phugtal ini memiliki banyak ruangan yang punya fungsi berbeda-beda. Ada ruangan untuk berdoa, perpustakaan, ruang mengajar, dapur, ruang tamu, dan area tempat tinggal untuk para biksu yang tinggal di tempat tersebut.

2 dari 2 halaman

Akses Jalan

Phugtal Gompa © Diadona

Karena tempatnya yang sangat ekstrem, akses yang dilalui hanya bisa dengan cara jalan kaki di Ladakh. Namun, jika kamu enggan untuk jalan kaki, kamu bisa menggunakan kuda atau keledai.

Medannya yang cukup sulit membuat butuh waktu ekstra untuk menuju lokasi tersebut. Butuh waktu sekitar dua hari untuk bisa menuju Phugtal Gompa.

Namun, sesampainya di Wihara, semua akan terbayar ketika melihat pemandangan yang indah dari atas tebing. Kamu akan melihat ada dua desa bernama Cha dan Anmu. Kedua desa ini memiliki hamparan dataran hijau, yang sangat kontras dengan letak wihara yang berada di tebing bebatuan yang kering.

Letaknya yang sangat ekstrem tidak menyurutkan para traveler untuk mengunjunginya. Bahkan Wihara Phugtal ini menjadi salah satu destinasi wisata di India.

Beri Komentar