Yuk Kunjungi Masjid Huaisheng, Tempat Ibadah Umat Muslim yang Jadi Saksi Masuknya Islam di Cina

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 12 Mei 2020 14:20
Yuk Kunjungi Masjid Huaisheng, Tempat Ibadah Umat Muslim yang Jadi Saksi Masuknya Islam di Cina
Gabungan gaya Arsitektur Cina dan Arab membuatnya menjadi Masjid yang berbeda dari Masjid lainnya.

Jejak penyebaran Islam memang sudah banyak ditemukan di banyak negara. Salah satu tempat penyebaran agama islam yang cukup pesat adalah di Cina. Hal ini terlihat dari banyaknya masjid-masjid di Cina yang diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Salah satu masjid tertua di Cina adalah Masjid Huaisheng. Dilansir dari Chinahighlights, Masjid yang terletak di Guangzhou, Cina ini, sudah dibangun sejak masa Dinasti Tang sekitar tahun 619 - 907 Masehi. Tepatnya ketika para pedagang Muslim singgah ke Cina. Seperti apa ya keindahan masjid ini? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Sejarah Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng © Diadona

Masjid Huaisheng bisa dibilang adalah saksi sejarah menyebarnya agama Islam di Cina. Masjid Huaisheng juga menjadi salah satu masjid tertua di Cina dan tertua di dunia. Bahkan masjid ini masih bertahan hingga saat ini.

Bertahannya Masjid ini tak lepas dari renovasi ulang yang sudah dilakukan beberapa kali. Masjid ini telah dibangun ulang pada tahun 1350 dan 1695.

Selain itu, Masjid Huaisheng juga merupakan kontak awal Islam dengan Cina di daerah Guangzhou. Setelah itu, Islam menyebar ke wilayah lain. Dengan begitu, Guangzhou dengan Masjid Huaishengnya bisa dikatakan sebagai tempat lahirnya Islam di Cina.

2 dari 3 halaman

Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng © Diadona

Masjid Huaisheng ini memiliki luas 3.600 meter persegi. Bangunan ini dari batu bata merah dengan menara minaret yang menghiasi masjid ini di sisi sebelahnya.

Masjid ini punya gaya arsitektur campuran tradisional Arab dan Cina. Banyak juga lukisan kaligrafi yang akan kamu temukan di tembok dan pilar masjid. Kaligrafi nggak hanya bertuliskan Arab, tetapi juga ada tulisan yang berbahasa Cina.

Masjid Huaisheng © Diadona

Menara minaret putih yang menjulang setinggi 36 meter ini ternyata punya banyak fungsi. Selain untuk mengumandangkan azan, menara ini juga berfungsi sebagai mercusuar untuk membantu navigasi perahu yang melintasi sungai Zhujiang.

Masjid ini mampu menampung hingga 2.000 jemaah.

3 dari 3 halaman

Jadi Tempat Wisata Religi

Masjid Huaisheng © Diadona

Terdapat tempat untuk komunitas Muslim di sini. Asosiasi Islam Guangzhou menjadi komunitas Islam yang ada di Guangzhou.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Cina. Kamu bisa menikmati keindahan Masjid ini yang seakan membuatmu kembali ke zaman dahulu.

Di sekitar masjid terdapat kuliner-kuliner yang tentu saja halal. Salah satu restoran halal yang terkenal adalah Restoran Nur Bostan.

Pengunjungnya pun bukan dari kalangan umat muslim saja. Melainkan dari umat agama lain yang hendak menyaksikan nilai-nilai sejarah dari Masjid Huaisheng ini.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Masjid Huaisheng ini?

Beri Komentar