Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Yogyakarta yang Mampu Pikat Hati Para Wisatawan

Reporter : Nasa
Senin, 14 September 2020 08:35
Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 6 Tingkat di Yogyakarta yang Mampu Pikat Hati Para Wisatawan
Pesona air terjun ini makin lengkap dengan latar belakang pemandangan Gunung Merbabu.

Yogyakarta memang patut dijadikan sebagai salah satu pusat destinasi wisata di Indonesia. Selain karena pesona warisan tradisi dan kebudayaan, Yogyakarta juga dikenal karena beragam keindahan lingkungan alamnya.

Salah satunya ada Grojogan Watu Purbo yang terletak di Padukuhan Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Sebenarnya Grojogan Watu Purbo ini adalah proyek bangunan dam yang dibangun sejak 1980.

Menurut info dari laman Merdeka, Grojogan Watu Purbo ini ditetapkan menjadi obyek wisata pada 11 Januari 2020 sejak viral di instagram. Jadi sebelumnya, kawasan grojogan tersebut hanya digunakan sebagai tempat bermain masyarakat sekitar.

1 dari 4 halaman

Grojogan Watu Purbo Yogyakarta © Diadona

2 dari 4 halaman

Namun karena kawasan ini makin populer dengan keindahannya, maka pemerintah setempat putuskan memasukkannya ke dalam daftar obyek wisata menarik di Yogyakarta. Dulunya, di kawasan Grojogan Watu Purbo ini ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan liar.

" Dulu sempat ini ditumbuhi banyak tumbuhan liar, tapi setelah dibersihkan sekarang kondisinya sudah agak mendingan," kata Dukuh Bangunrejo, Sarjono yang dikutip dari kanal YouTube Jogja TV.

3 dari 4 halaman

Grojogan Watu Purbo Yogyakarta © Diadona

4 dari 4 halaman

Sementara itu, meski kawasan sekitar Grojogan Watu Purbo belum sepenuhnya direnovasi, namun hal itu tak menghalangi minat wisatawan untuk tetap berkunjung. Bahkan tiap ahir pekan setidaknya ribuan wisatawan selalu hadir ke kawasan ini.

Grojogan Watu Purbo sendiri terdiri dari 6 tingkat, dengan beragam ketinggian. Yakni mulai dari 3 meter sampai dengan 7 meter. Menariknya, untuk berkunjung ke sana kamu gak perlu membayar tiket masuk loh. Cukup bayar parkir saja.

Tak hanya itu, selain bisa nikmati indahnya pemandangan Grojogan Watu Purbo dan main-main air di sana, kamu juga bisa sekaligus nikmati indahnya pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi jika beruntung.

Tapi meski kawasan wisata gratis, kamu harus tetep jaga kebersihan lingkungan sekitar ya kalau berkunjung ke sana. Juga jangan sampai lupa terapkan protokol kesehatan juga.

Beri Komentar