Nggak Cuma di Arab, Padang Pasir Indah Juga Ada di Indonesia lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 11 September 2020 18:20
Nggak Cuma di Arab, Padang Pasir Indah Juga Ada di Indonesia lho!
Tempat ini menjadi satu-satunya tempat sandboarding di Asia Tenggara. Ingin ke sana? Yuk simak rute perjalanannya!

Menjadi negara kepulauan, Indonesia memang punya banyak surga tersembunyi. Bahkan beberapa tempat di Indonesia juga nggak kalah cantiknya dengan yang ada di luar negeri.

Biasanya, padang pasir memang identik dengan negara timur tengah atau arab. Namun, kamu nggak perlu jauh-jauh kok, untuk bisa menikmati nuansa padang pasir. Pasalnya, padang pasir indah juga ada di Indonesia, lho. Tepatnya di Yogyakarta.

Seperti apa tempat ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 4 halaman

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo © Diadona

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah salah satu wisata unik yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10 Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan.

2 dari 4 halaman

Satu-satunya lokasi Sandboarding

Gumuk Pasir Parangkusumo © Diadona

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki tipe pasir barchan. Sama seperti yang berada di Filipina dan Vietnam. Namun, yang membuat tempat ini istimewa adalah meskipun tipenya barchan, namun berada di iklim tropika basah. Hal inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sangat langka.

Selain itu, Tempat ini menjadi satu-satunya lokasi sandboarding yang ada di Asia Tenggara. Nah, terus bagaimana sih akses jalan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo?

3 dari 4 halaman

Rute, Harga, Tiket dan Tips Menuju Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo © Diadona

Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10 Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo ini buka setiap pukul 07.00 hingga 18.00 dan tanpa biaya tiket masuk.

Hanya saja, jika kamu ingin menikmati sensasi sandboarding, kamu perlu menyewa papan seharga Rp 70 ribu. Dengan Rp 70 ribu, kamu bisa menggunakan papan seluncur sepuasnya.

Nah, untuk bisa ke lokasi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan bisa dimulai dari Yogyakarta melaju menuju jalan Parangtritis ke arah selatan. Jika sudah melewati Jalan Parangtritis, tinggal mengikuti jalan yang ada sampai menemui jembatan panjang.

Kemudian sebelum masuk pos retribusi, belok ke kanan dan kamu akan menemukan papan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Perjalanan dari Yogyakarta ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Untuk yang nggak punya kendaraan umum juga nggak perlu khawatir. Kamu bisa naik bus jurusan Parangtritis dari Terminal Giwangan. Bus akan menurunkan di Terminal Parangtritis atau bisa minta diturunkan langsung di dekat Gumuk Pasir Parangkusumo. Kamu cukup membayar Rp 20 ribu saja.

Beri Komentar